sign up SIGN UP

Yakin Sudah Move On dari Mantan? Ini 5 Tanda Kamu Siap Jalin Hubungan Baru

Raudiya Nurfadilah H | Rabu, 08 Sep 2021 06:45 WIB
Yakin Sudah Move On dari Mantan? Ini 5 Tanda Kamu Siap Jalin Hubungan Baru
caption

Putus cinta memang bisa membuat kita menangis, sedih, susah move on, dan perasaan campur aduk lainnya. Terkadang putus cinta memberikan rasa trauma sehingga seseorang enggan untuk menjalin hubungan yang baru.

Untuk memulai hubungan yang baru pun pasti tidaklah mudah dan perlu waktu, karena kita harus melakukan perkenalan kembali dengan orang yang baru dan memahami orang tersebut. Apalagi mulai memasuki usia 20-an, menjalin hubungan dengan seseorang tidak bisa sembarangan, karena selain mencari pacar, kamu juga mencari pasangan hidup.

Lalu apa tanda-tandanya kalau seseorang sudah siap menjalin hubungan? Beauties, berikut ini ada beberapa tanda bagi seseorang yang siap kembali membina hubungan dengan orang baru.

1. Menikmati menjadi Single

menikmati status single yang kemana-mana hanya sendiri

menikmati status single yang kemana-mana hanya sendiri/ Foto: Freepik/ AthurRidden

Ketika kamu merasa baik-baik saja dan menikmati status single yang ke mana-mana hanya sendiri, itu artinya kamu sudah siap untuk menjalani hari-harimu tanpa bergantung pada orang lain dan tidak merasa adanya kekosongan.

Dikutip dari Insider, Match Rachel DeAlto, seorang pakar kencan mengatakan bahwa kamu dapat membedakan antara menghabiskan waktu sendiri dan merasa sendiri.

“Menjalin hubungan untuk alasan yang tepat, bukan untuk mengisi ruang kosong,” ujarnya.

Alasannya, sebuah hubungan yang tidak murni karena berdasarkan kesepian tidak akan sehat atau berlanjut lama.

2. Sudah Melupakan Mantan

tanda siap move on, sudah melupakan mantan
Tanda siap move on, sudah melupakan mantan/ Foto; Freepik/ Shurkin_Son

Salah satu alasan paling umum yang membuat orang tidak mau menjalin hubungan yang bahagia dan berkembang dengan orang yang baru, salah satunya karena masih terpaku dan tidak bisa melupakan mantan. DeAlto mengatakan jika kamu sepenuhnya telah melupakan mantan, maka secara emosional bisa dikatakan siap untuk menjalani hubungan baru.

3. Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri menjadi salah satu tanda siap menjalin hubungan
Mencintai diri sendiri menjadi salah satu tanda siap menjalin hubungan/ Foto: Freepik/ Wayhomestudio

Memilih untuk mencintai diri sendiri adalah langkah pertama untuk mempersiapkan dirimu untuk memulai hubungan yang baru. Meskipun hal tersebut masih dalam proses, tetapi kamu akan belajar banyak tentang dirimu sendiri sambil melakukan yang terbaik.

4. Berdamai dengan Masa Lalu

Berdamai dengan masa lalu
Berdamai dengan masa lalu/ Foto: Freepik/ ArthurHidden

Kamu sudah bisa menghadapi dan menerima masa lalu dengan baik, ketakutan saat bertemu dengan mantan telah hilang, kegelisahan dan kemarahan pun sudah tidak ada lagi.

Dikutip dari Brightside, kamu mulai berhubungan baik dengan masa lalu serta bersyukur, karena bagaimana pun masa lalu telah memberimu banyak hal baik. Kamu juga mulai fokus pada masa depan.

5. Siap Menerima dan Memberi Cinta

Siap memberi dan menerima cinta
Siap memberi dan menerima cinta/ Foto: Freepik/ Pressfoto

Meski kamu belum menjalin cinta dengan seseorang, tetapi kamu memiliki kesempatan untuk memberikan banyak kehangatan dan kelembutan kepada orang-orang yang berada di sekitarmu. Kamu pun mulai memahami bahwa bukan hanya menerima pelukan dan dukungan yang dibutuhkan, tetapi kamu siap untuk memeluk dan memberi dukungan pada orang lain. Hal tersebut bertanda dirimu siap untuk menjalin hubungan baru.

Itulah beberapa tanda yang dapat kamu rasakan mengenai seseorang yang siap menjalin cinta dengan orang yang baru. Apakah kamu sudah mengalami hal-hal yang telah disebutkan di atas?

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id