sign up SIGN UP

5 Fakta Menarik dari Sejarah New York Fashion Week, Sudah Ada Sejak Perang Dunia Ke-2!

Dimitrie Hardjo | Kamis, 09 Sep 2021 11:30 WIB
5 Fakta Menarik dari Sejarah New York Fashion Week, Sudah Ada Sejak Perang Dunia Ke-2!
caption

Kalender fashion bulan September dipadati jadwal peragaan busana para desainer ternama Amerika Serikat. Bagaimana tidak? New York Fashion Week (NYFW) tahun ini akan dilaksanakan mulai Rabu (8/9) sampai Minggu (12/9) mendatang. Fashion influencer, fashion editor, jajaran model-model top dunia, selebritis, serta jurnalis dan fotografer dengan kamera ponsel atau DSLR segera memadati venue di tengah sibuknya kota New York. 

New York Fashion Week atau pekan mode New York merupakan salah satu dari 4 fashion week terbesar dunia selain Paris, Milan, dan London. Hingga saat ini, NYFW berhasil melahirkan desainer-desainer muda berbakat, baik dari Amerika Serikat maupun negara lain. Tapi bukan cuma itu fakta unik dari NYFW lho! Fashion week yang berlangsung tahunan pada bulan September itu ternyata mempunyai sejarah yang tidak kalah menarik dan patut di simak. Yuk baca selengkapnya berikut ini!

 

Fakta Menarik New York Fashion Week Masa Lalu hingga Kini

Memiliki sejarah panjang sejak masa perang dunia, tentu pekan mode New York memiliki beragam cerita menarik. Nah, inilah beberapa diantaranya.


1. Sudah Ada Sejak Perang Dunia Ke-II dengan Nama 'Press Week'

Eleanor Lambert pencetus New York Fashion Week/
Eleanor Lambert pencetus New York Fashion Week/ Foto: pinterest.com/TIME

Berawal dari zaman perang dunia ke-II, okupansi Jerman di Prancis menggagalkan rencana terbang para jurnalis Amerika ke pekan mode di negara tersebut. Jurnalis Eleanor Lambert pun mencetuskan pagelaran Press Week dengan tujuan memberikan publikasi bagi para desainer Amerika Serikat demi mendapatkan atensi nasional dan internasional. Jurnalis dari seluruh penjuru Amerika Serikat pun diundang pada Press Week yang diselenggarakan di The Plaza Hotel tahun 1943. Eleanor Lambert yang memperkenalkan Press Week inilah yang menjadi cikal bakal New York Fashion Week. 

2. Diawali dengan Satu Venue yang Digunakan Rumah Mode Secara Bergantian

Peragaan busana yang terpusat/
Peragaan busana dengan lokasi terpusat/ Foto: pinterest.com/Guest of a Guest

Konsep New York Fashion Week berkembang seiring perubahan dan tantangan yang dihadapi. Pada awalnya, Press Week tersebut masih tersentralisasi di The Plaza Hotel. Namun, bertambahnya desainer Amerika yang mengikuti pekan mode mengharuskan acara ini dipecah ke beberapa venue yang dipilih sesuai kebutuhan rumah mode. Kalender fashion pun turut dikembangkan oleh Ruth Findley tahun 1945 untuk mengatur jadwal fashion show tiap rumah mode agar tidak terbentur.

3. Tidak Ada Calon Pembeli, Undangan Pekan Mode Khusus untuk Jurnalis

Acara pekan mode dengan tamu undangan jurnalis/
Acara pekan mode dengan tamu undangan jurnalis/ Foto: pinterest.com/Bryce Gruber

Hal menarik lainnya dari New York Fashion Week di masa lalu adalah tamu undangan yang khusus pers. Karena memiliki tujuan publikasi, maka hanya jurnalis saja yang berhak mendapatkan kursi di acara fashion show. Sedangkan para buyer atau calon pembeli hanya bisa melihat koleksi yang ditampilkan setelah membuat janji untuk melihat showroom setelah pagelaran selesai. Tidak seperti saat ini yang serba mudah berkat adanya kamera, jurnalis yang hadir membawa alat tulis dan catatan untuk meliput acara. 

4. Perubahan Venue Outdoor karena Musibah 

Venue dipindahkan ke Bryant Park/
Venue NYFW dipindahkan ke Bryant Park/ Foto: pinterest.com/Bryant Park

Setelah diselenggarakan di beberapa venue, seperti nightclub, apartemen, restoran, dan galeri yang ditentukan rumah mode, permasalahan masih kerap terjadi. Pada awal 1990an, kegiatan fashion week semakin kisruh karena mengharuskan tamu undangan berpindah tempat. Bahkan, pada fashion show Michael Kors tahun 1991, sebagian langit-langit di venue runtuh dan membahayakan para jurnalis yang datang. Kejadian itu pun menjadi titik balik pemilihan venue yang kemudian dipindahkan ke tenda di Bryant Park, New York. Pada tahun 2010, venue dipindahkan ke Lincoln Center karena tidak dapat menampung jumlah hadirin yang mencapai 232.000 orang.

5. Pertama Kali Ditiadakan Saat Terjadinya 9/11 Tahun 2001

Ditiadakan karena 9/11 /
Ditiadakan karena kejadian 9/11 / Foto: pinterest.com/Elle Magazine (US)

Kejadian mengenaskan serangan teroris 9/11 menjadi sejarah yang tidak akan terlupakan. Memakan banyak korban jiwa, pekan mode New York pun ikut terimbas karenanya. Untuk pertama kali sejak New York Fashion Week diselenggarakan tahun 1943, tahun 2001 merupakan tahun dimana NYFW ditiadakan.

Cerita dibalik salah satu pekan mode terbesar dunia menarik bukan? Dilansir dari berbagai sumber, mana fakta yang paling membuatmu tercengang, Beauties?

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id