sign up SIGN UP

FASHION

5 Model Transgender yang Sukses Berkarir di Industri Fashion Dunia

ira syafira | Senin, 03 May 2021 04:30 WIB
5 Model Transgender yang Sukses Berkarir di Industri Fashion Dunia
caption
Jakarta -

Industri fashion saat ini telah menjadi platform untuk semua orang dalam berkreasi maupun berbisnis. Seperti untuk bidang modelling, biasanya sosok model yang kita ketahui hanya perempuan atau laki-laki saja, namun bagaimana jika model tersebut merupakan seorang transgender.

Para model transgender kini mulai berani melawan stigma buruk serta cacian melalui prestasi di mana mereka mampu berjalan di show dan membintangi berbagai iklan label fashion ternama. Industri model maupun label fashion pun memberi berbagai kesempatan untuk mereka dan membuka wawasan mengenai konsep kecantikan yang dapat hadir dari keberagaman.

Berikut adalah beberapa model transgender yang sukses buktikan popularitasnya di industri fashion dunia. Yuk, kita lihat siapa saja mereka!

Valentina Sampaio

foto: Valentino Sampaio/instagram.com/@valentts
foto: Valentino Sampaio/instagram.com/@valentts

Tahun 2017 lalu, Valentina Sampaio menjadi sebuah headline dimana ia menjadi seorang model transgender pertama yang tampil di majalah Vogue Paris. Model kelahiran Brasil ini memulai karirnya sebagai seorang model di Sao Paulo Fashion Week pada tahun 2-16 dan berhasil menjadi salah satu model transgender terpopuler di dunia.

Tidak berhenti di situ, pada 2019 lalu, Valentina menjadi model transgender pertama untuk brand ternama Victoria Secret dan mendapat banyak perhatian media atas usahanya dalam berkarir  di aspek industri dunia fashion.

Andreja Pejic

foto: Andreja Pejic/instagram.com/@andrejapejic
foto: Andreja Pejic/instagram.com/@andrejapejic

Dikenal pertama kali dengan nama Andrej, Pejic mulai terkenal ketika dirinya menjadi model busana maskulin dan feminism dalam peragaan busana Paris tahun 2011 silam. Pada saat itu, Pejic menduduki peringkat nomor 18 pada daftar Top 50 Model.

Pada tahun 2014, model keturunan Bosnia-Australia ini mengumumkan bahwa dirinya telah melakukan operasi pergantian kelamin dan memilih untuk menjadi perempuan. Dengan tekadnya ini, Pejic tetap bekerja keras hingga dirinya menjadi model transgender pertama yang diprofilkan oleh Vogue pada 2015 lalu, dan menjadi wanita transgender pertama yang menandatangani kontrak kosmetik.

Hari Nef

foto: Hari Nef/instagram.com/@harinef
foto: Hari Nef/instagram.com/@harinef

Hari Nef merupakan model transgender pertama di agensi yang menaunginya, yaitu IMG Worldwide. Dirinya memutuskan untuk menandatangani kontrak tersebut tepat setelah kelulusannya dari Columbia University. Karir modelnya fimulai sejak Hari mempublikasikan mengenai proses transisi yang dia lakukan.

Setelah muncul di public, ia kemudian bekerja sebagai seorang model dan berjalan di atas runway untuk rumah mode Eckhaus Latta dan Adam Selman. Selain itu, Nef juga memperlebar sayapnya ke bidang akting dan turut berpartisipasi dalam “You” dan “Assasination Nation”.

Nathan Westling

foto: Nathan Westling/instagram.com/@nathanwestling
foto: Nathan Westling/instagram.com/@nathanwestling

Terkenal sebagai salah satu model yang masuk ke dalam daftar 500 tokoh paling penting di dunia fashion, Nathan ternyata sudah debut modeling sejak  tahun 2013 silam. Karirnya sebagai model bisa dianggap sukses, melihat dari perjalanan serta bukti dari hasil kerjasamanya dengan Marc Jacobs, Versace, Prada, Chanel, dan berbagai brand ternama lainnya.

Nah, kemudian di tahun 2019, Nathan telah mengumumkan kabar bahwa dirinya telah melakukan transisi gender. Dimana Nathan tetap terus mengembangkan karirnya sebagai seorang model untuk rumah modeMarc Jacobs dan Helmut Lang selama New York Fashion Week, serta tampil di berbagai majalah ternama seperti L’Uomo Vogue, i-D, dan Dazed.

Chella Man

foto: Chella Man/instagram.com/@chellaman
foto: Chella Man/instagram.com/@chellaman

Chella Man adalah salah seorang model yang berada di bawah naungan agensi IMG Models, ia menanda tangani kontrak seusai mengungkapkan transisi gendernya. Tidak hanya itu, Chella ternyata juga seorang tunarungu dan genderqueer, seperti yang ia ungkapkan melalui kanal You Tube pribadinya.

Model kelahiran Pennsylvania ini telah tampil di berbagai pemotretan untuk berbagai majalah ternama, serta menjadi model untuk merek-merek seperti Calvin Klein, American Eagle, dan GAP. Selain aktif di bidang modeling, ternyata Chella juga ikut berperan di serial TV DC yang berjudul “Titans” sebagai superhero yang mengidap tunarungu pada 2019 lalu.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id