sign up SIGN UP

FASHION

5 Tips Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

Lulu Lukyani | Jumat, 09 Apr 2021 20:30 WIB
5 Tips Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami
caption
Jakarta -

Ketombe tidak hanya menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. Ia pun membuatmu tidak percaya diri sehingga tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Ketombe bisa diatasi dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut khusus ketombe, seperti sampo, kondisioner, dan masker rambut. Selain itu, menghilangkan ketombe jug bisa dilakukan secara alami. Alicia Zalka, Profesor Klinis Dermatologi di Yale School of Medicine, mengatakan bahwa ia menemukan hubungan antara masalah ketombe dengan pola makan.

Oleh sebab itu, mengubah pola makan bisa menjadi cara alami untuk menghilangkan ketombe membandel. Dilansir dari WebMD, berikut adalah cara menghilangkan ketombe secara alami.

1. Batasi konsumsi gula

Gula.
Gula/Pixabay

Gula dan karbohidrat bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh sehingga masuk akal jika mengonsumsi makanan rendah gula dan tinggi antioksidan mampu mengurangi ketombe.

Makanan tinggi gula akan menyebabkan lonjakan insulin yang pada gilirannya meningkatkan hormon dan memicu produksi minyak berlebih.

2. Makan buah dan sayur

Buah-buahan.
Buah-buahan/Pixabay

Buah dan sayur merupakan makanan yang tinggi serat sehingga sangat baik dimasukkan dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi untuk mengatasi ketombe.  Mengonsumi makanan yang rendah serat akan mengakibatkan sistem pencernaan yang buruk hingga memicu banyak masalah, termasuk masalah rambut seperti ketombe.

3. Batasi ragi

Roti.
Roti/Pixabay

Konsumsi ragi yang berlebih diyakini mengakibatkan masalah, salah satunya adalah ketombe. Makanan-makanan yang mengandung ragi, seperti roti, bir, dan anggur mendorong pertumbuhan jamur. Sebaiknya, batasi konsumsi makanan yang mengandung ragi. Jika membeli makanan kemasan, pastikan tidak ada kandungan ragi di dalamnya.

4. Makan lemak sehat

Alpukat.
Alpukat/Pixabay

Asam lemak esensial, termasuk asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6, memang belum diteliti, apakah memiliki hubungan dengan perawatan rambut berketombe.

Namun, makanan berlemak sehat mampu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala secara umum sehingga baik untuk digunakan.

5. Makan biotin dan zinc

Lobster.
Lobster/Pixabay

Seng, mineral esensial, biotin, dan vitamin B juga bisa mengatasi masalah ketombe. Sebuah penelitian membuktikan, bayi yang lahir dengan biotin rendah lebih rentan terkena dermatitis seboroik. Adapun makanan yang mengandung biotin adalah wortel, tomat, dan telur. Makanan yang kayak seng adalah tiram, kepiting, dan biji labu. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id