sign up SIGN UP

FASHION

8 Cara Keramas dengan Benar agar Rambut Bersih dan Anti Ketombe

Ratih Dewi | Sabtu, 29 May 2021 16:45 WIB
8 Cara Keramas dengan Benar agar Rambut Bersih dan Anti Ketombe
caption

Untuk menjaga rambut tetap bersih dan anti ketombe sudah pasti solusinya adalah dengan keramas, yang biasanya dilakukan 2 hari sekali untuk mencegah rambut menjadi kering dan mudah rontok jika dilakukan setiap hari. Ternyata, keramas pun tidak boleh asal dilakukan atau hanya sekedar membersihkan rambut dengan shampoo tapi ada juga aturannya. 

Ada beberapa cara atau tips yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah keramas agar setelah keramas rambut kamu langsung bersih, kepala kamu menjadi lebih segar, dan anti ketombe. Kalau kamu merasa sehabis keramas rambut menjadi kering, mudah rontok, kulit kepala gatal, dan malah ada ketombe, yuk ikuti cara keramas di bawah ini Ladies

1. Sisir Rambut Sebelum Keramas

Sisir Rambut Sebelum Keramas
Sisir Rambut Sebelum Keramas/Foto : freepik.com

Untuk memudahkan saat keramas nanti, sebaiknya sisir dulu rambut saat masih kering atau sebelum keramas, mencegah kusut dan mencegah rambut rontok juga ketika basah nanti. Terkadang kita lupa kapan sisiran yang membuat rambut menjadi kusut, ketika keramas nanti akan susah memijat dengan jari dan rambut yang rontok akan semakin banyak nantinya. 

Dengan menyisir rambut sebelum keramas, meminimalisir rambut rontok lebih banyak terutama yang memiliki rambut panjang dan lebat. 

2. Gunakan Sampo Sesuai Kondisi Rambut

Gunakan Sampo Sesuai Kondisi Rambut
Gunakan Sampo Sesuai Kondisi Rambut/Foto : freepik.com

Banyak jenis sampo yang beredar di pasaran disesuaikan dengan jenis rambut kita, pastikan kamu menggunakan produk sampo yang klaimnya sesuai dengan jenis rambut kamu. Jika rambut rontok, gunakan sampo yang memang khusus untuk rambut rontok, sampo untuk mengurangi ketombe, ataupun sampo yang membuat rambut menjadi halus. 

Menggunakan sampo sesuai dengan jenis atau kondisi rambut kamu akan membuat rambut kamu tidak rusak dan masalah rambut kamu teratasi. 

3. Aplikasikan Kondisioner dan Masker Rambut

Aplikasikan Kondisioner dan Masker Rambut
Aplikasikan Kondisioner dan Masker Rambut/Foto : freepik.com

Walaupun kamu memiliki jenis rambut yang lurus, lemas, dan mudah diatur, disarankan untuk tetap menggunakan kondisioner setelah menggunakan sampo. Penggunaan kondisioner melindungi batang sampai ujung rambut, memberikan nutrisi yang mencegah rambut bercabang, dan membuat rambut lebih mudah diatur. 

Untuk masker rambut sendiri juga bisa kamu gunakan seminggu 1 sampai 2 kali untuk membuat rambut kamu lebih sehat, lebih halus, dan lebih berkilau. Kondisioner dan masker rambut yang akan digunakan juga disesuaikan dengan jenis sampo kamu yaa Ladies

4. Jangan Terlalu Banyak Gunakan Sampo

Jangan Terlalu Banyak Gunakan Sampo
Jangan Terlalu Banyak Gunakan Sampo/Foto : freepik.com

Kalau kita sedang banyak aktivitas di luar, terpapar sinar matahari, berkeringat, kotor, biasanya kita menggunakan sampo lebih banyak dari biasanya saat keramas untuk membersihkan rambut karena aktivitas di luar ruangan. Nah ladies, perlu diperhatikan menggunakan sampo terlalu banyak justru bisa merusak rambut, membuat rambut rontok, dan memicu ketombe. 

Gunakan sampo secukupnya disesuaikan dengan panjangnya rambut, kamu bisa tambahkan sedikit air untuk membuat busa sampo menjadi lebih banyak, lalu aplikasikan ke seluruh rambut kamu. 

5. Pijat Kulit Kepala dengan Lembut

Pijat Kulit Kepala dengan Lembut
Pijat Kulit Kepala dengan Lembut/Foto : freepik.com

Jangan lupa untuk pijat sampai ke sela-sela rambut dan kulit kepala dengan jari kamu secara lembut, cara ini supaya kulit kepala kamu bersih dari sisa kotoran, keringat, ataupun ketombe. Pastikan kuku kamu juga dalam keadaan pendek ya ladies, jika kuku kamu panjang ditakutkan malah membuat kulit kepala kamu luka karena tergores ketika keramas. 

Kalau kamu malas menggunakan jari saat keramas, sudah ada sisir khusus untuk keramas yang berbahan silikon, jadi aman dan lembut untuk kulit kepala. Kamu bisa lebih cepat juga ketika keramas dan lebih bersih sampai ke kulit kepala. 

[Gambas:Instagram]

6. Bilas Sampai Kulit Kepala Bersih 

Bilas Sampai Kulit Kepala Bersih
Bilas Sampai Kulit Kepala Bersih/Foto : freepik.com

Pastikan kamu membilas rambut sampai bersih, terutama di kulit kepala. Salah satu pemicu munculnya ketombe di kepala adalah pada saat keramas kita tidak membilas sampai bersih dan masih tersisa di kulit kepala. Disarankan saat membilas rambut menggunakan air mengalir bukan menggunakan gayung. 

Selagi membilas jangan lupa juga menggunakan jari tangan atau sisir keramas untuk membantu membersihkan sisa sampo dan sisa kondisioner yang digunakan sebelumnya. 

7. Keringkan Rambut dengan Benar

Keringkan Rambut dengan Benar
Keringkan Rambut dengan Benar/Foto : freepik.com

Keringkan rambut dengan benar dan jangan biarkan lembap, kulit kepala yang lembap bisa memicu juga munculnya ketombe. Kamu bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut, tapi jangan dibiasakan karena panasnya hairdryer bisa merusak rambut. Jangan terlalu kasar juga jika mengeringkan dengan handuk. 

Jika terlalu kasar mengeringkan rambut dengan handuk, rambut kamu malah menjadi rusak dan memicu kerontokan. Jangan juga menyisir rambut saat keadaan rambut masih basah, kamu bisa sisir rambut kamu saat rambut setengah kering. 

8. Jangan Lewatkan Vitamin Rambut

Jangan Lewatkan Vitamin Rambut
Jangan Lewatkan Vitamin Rambut/Foto : freepik.com

Sehabis keramas, jangan lupa untuk aplikasikan vitamin rambut atau hair tonic untuk merawat, menutrisi, dan menjaga kesehatan rambut kamu. Sesuaikan juga jenis vitamin rambut dengan kondisi rambut kamu, aplikasikan secukupnya, dan baca instruksi pemakaian apakah boleh digunakan sampai akar rambut atau hanya batang sampai ujung rambut. 

Ada beberapa produk vitamin rambut yang tidak disarankan pemakaiannya sampai ke kulit kepala karena bisa memicu ketombe atau merusak minyak alami di kulit kepala kamu. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id