sign up SIGN UP

Kisah Lain di Balik Gaun "Balas Dendam" Putri Diana, dan Siapa Pemiliknya Sekarang?

Octaviani | Sabtu, 09 Oct 2021 12:00 WIB
Kisah Lain di Balik Gaun
caption

Ada banyak protokol yang harus dipatuhi oleh anggota Kerajaan Inggris, termasuk Putri Diana semasa hidupnya ketika masih menjadi istri dari Pangeran Charles. Namun, semua peraturan itu tak sepenuhnya ia ikuti. Putri Diana memang memiliki gaya fashion yang ikonis dan masih dikenang hingga sekarang.

Salah satu outfit yang paling diingat dari Putri Diana adalah gaun hitam yang memiliki gaya off-shoulder dan asimetris, dengan hiasan kain sifon hitam di bagian pinggang, yang diberi julukan "gaun balas dendam". Melansir laman People, gaun tersebut dikenakannya saat menghadiri acara di Serpentine Gallery pada tahun 1994. Gaun itu dianggap melanggar aturan kerajaan karena dianggap terlalu terbuka dan seksi.

Kisah dibalik gaun
Kisah dibalik gaun "balas dendam" Putri Diana/pinterest.com

Namun, ada alasan lain dibalik kehadiran Putri Diana dengan gaun tersebut. Diketahui, Putri Diana sengaja memakai gaun tersebut bersamaan dengan momen Pangeran Charles mengaku selingkuh di televisi. 

Dalam sebuah siaran dokumenter yang ditayangkan satu setengah tahun setelah perceraian keduanya, Pangeran Charles mengaku jika dia selalu setia dengan Putri Diana sebelum memutuskan selingkuh. Pangeran Charles saat itu diduga selingkuh dengan Camilla Parker-Bowles yang kini telah menjadi istri sahnya. 

Karena alasan inilah, muncul dugaan bahwa Putri Diana sengaja memilih gaun tersebut untuk tampil di depan publik. Putri Diana sebenarnya bisa saja tidak menghadiri acara tersebut, namun ia sengaja datang dengan mengenakan gaun tersebut. Awalnya, Putri Diana hendak menggunakan gaun buatan Valentino. Namun, setelah mendengar kabar pengakuan perselingkuhan Pangeran Charles pada publik saat itu, dirinya memilih untuk memakai gaun hitam buatan Christina Stambolian tersebut.

Kisah dibalik gaun
Kisah dibalik gaun "balas dendam" Putri Diana/pinterest.com

"Tentu saja Diana tahu dia akan menjadi pusat perhatian. Dia tidak perlu mengatakan apa-apa. Ini adalah respon lewat fesyen, gaun itu menjadi pesan yang jelas untuk Charles dan dunia," jelas Senior Style Editor Brittany Talarico dari People.

Kisah dibalik gaun
Kisah dibalik gaun "balas dendam" Putri Diana/pinterest.com

Gaun itu lantas terjual dengan harga USD 65.000 atau sekitar Rp 938 juta. Adalah pasangan suami istri asal Skotlandia Graeme dan Briege Mackenzie yang berhasil memenangkannya dalam lelang. Wow, harga yang fantastis ya! Sementara, hasil penjualannya disumbangkan untuk penderita kanker dan AIDS, dimana semasa hidupnya Putri Diana sangat peduli dan berjiwa sosial.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id