sign up SIGN UP

Tak Perlu Bleaching, Ini 6 Tips Warnai Rambut Sendiri

Hijria Khatimi | Sabtu, 12 Jun 2021 08:30 WIB
Tak Perlu Bleaching, Ini 6 Tips Warnai Rambut Sendiri
caption

Mewarnai rambut menjadi salah satu pilihan saat ingin mengubah penampilan. Ada yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mewarnai rambut di salon langganan, tak sedikit pula yang memilih melakukannya sendiri di rumah.

Demi mendapatkan warna rambut yang diharapkan, proses bleaching biasanya dijadikan andalan. Tapi, bukan rahasia lagi kalau bleaching sebenarnya berpotensi merusak rambut dan kulit kepala. 

Meski tanpa bleaching, kamu tetap bisa kok mendapatkan warna rambut yang kamu inginkan. Berikut ini 6 tips yang bisa kamu perhatikan untuk mewarnai rambut tanpa bleaching.

1. Tentukan Warna yang Diinginkan

Pilihan Warna Rambu
Pilihan Warna Rambut/shopee.co.id/garnierindonesia


Langkah pertama dalam mewarnai rambut sendiri adalah memutuskan warna apa yang akan kamu pilih. Dalam menentukan warna rambut, cara paling mudah adalah mencocokannya dengan warna kulit kamu.

Jika kamu berkulit putih atau kuning langsat, maka pemilihan warna akan lebih mudah karena hampir semua warna akan cocok untukmu. Tapi jika kamu berkulit sawo matang, hindari warna yang terlalu terang dan mencolok karena akan membuat wajahmu terlihat kusam. 

2. Hindari Keramas Sesaat Sebelum Mewarnai Rambut

Mencuci Rambut
Mencuci Rambut/unsplash.com/Erick Larregui

Salah satu cara mewarnai rambut tanpa bleaching adalah menghindari keramas sebelum mulai mewarnai rambut. Hal ini karena memakai shampoo dengan waktu yang berdekatan dengan saat kamu mewarnai rambut, justru akan membuat warna yang diaplikasikan susah menyerap. Sebaiknya keramas 2-3 hari sebelum kamu mewarnai rambut agar rambut tetap bersih namun tidak membuat warna sulit menyerap.

3. Gunakan Cat Rambut Berkualitas 

Pilihan Cat Rambut
Pilihan Cat Rambut/unsplash.com/Charisse Kenion

Karena kamu tak akan melakukan proses bleaching, maka penting untuk memilih cat rambut yang berkualitas. Hal ini karena cat rambut yang berkualitas akan lebih mudah meresap dan memberikan hasil akhir yang baik.

Meskipun cat rambut yang berkualitas harganya memang akan lebih mahal, tapi sebanding dengan hasil yang akan kamu dapatkan. Agar lebih puas dengan hasil akhirnya, pastikan cat rambut tersebut memiliki warna yang pekat ya! 

4. Lakukan Tes Alergi

Tes Alergi di Belakang Telinga
Tes Alergi di Belakang Telinga/freepik.com

Langkah ini penting terutama jika kamu baru pertama kali mewarnai rambut, atau jika kamu menggunakan cat rambut selain dari yang biasa kamu gunakan. Tes alergi dilakukan untuk mengetahui apakah cat rambut tersebut akan menyebabkan kulitmu bereaksi negatif atau tidak.

Cara melakukannya adalah dengan mengoleskan sedikit produk di bagian belakang telinga. Diamkan maksimal 24 jam untuk memastikan tak ada reaksi negatif yang muncul.

[Gambas:Instagram]

5. Pisahkan Rambut dalam Beberapa Bagian

Memisahkan Rambut
Memisahkan Rambut/freepik.com

Sebelum mengoleskan cat rambut, pisahkan rambut ke dalam beberapa bagian kemudian jepit agar rambut tak berpindah-pindah. Langkah ini merupakan salah satu cara mewarnai rambut sendiri agar lebih rata.

Kemudian, oleskan cat rambut pada bagian-bagian yang telah dipisahkan. Pastikan untuk mengoleskan mulai dari ujung rambut kemudian naik hingga ke bagian akar rambut. Setelahnya, diamkan selama 20-30 menit.

6. Setelah Diwarnai, Hindari Langsung Keramas

Rambut Berwarna
Rambut Berwarna/unsplash.com/Element5 Digital

Setelah 30 menit, cuci rambut dengan air. Hindari penggunaan shampoo hingga 48 jam setelah mewarnai rambut. Hal ini dimaksudkan agar warna rambutmu terjaga dan jangan sampai luntur. Jika sudah mendapatkan warna rambut yang diinginkan, gunakan shampoo yang dikhususkan untuk rambut berwarna.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id