sign up SIGN UP

FASHION

Tips Aman Merawat Rambut Berwarna, Gak Cepat Rusak!

Diyah Wulandini | Selasa, 30 Mar 2021 15:00 WIB
Tips Aman Merawat Rambut Berwarna, Gak Cepat Rusak!
caption

Beda dari perawatan biasa, kamu harus ekstra hati-hati ketika memiliki rambut berwarna. Mengecat rambut memang selalu berhasil menjadi godaan kaum perempuan. Tapi, pahami dulu bagaimana cara perawatannya dengan tepat.

Kandungan dalam cat bisa berpotensi merusak rambut kamu lho, Ladies. enggak heran kalau dibutuhkan perawatan ekstra yang mampu menjamin rambut tetap sehat meski sudah berubah warnanya.

Rambut yang sehat bakalan membuat kamu lebih cantik sekaligus percaya diri. Yuk, jangan di-skip tips perawatan berikut. Tidak perlu takut lagi rambut cepat kering yang mampu memicu kusam dan kerusakan.

Minyak Zaitun

Perawatan rambut menggunakan minyak zaitun mampu mengantisipasi potensi kerusakan.
Minyak Zaitun/foto: freepik.com

Minyak zaitun ini memang sudah enggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sering dianggap sebagai pelembab alami, ternyata enggak cuma bagus buat kulit. Kamu bisa memakainya langsung sebagai perawatan rambut, Ladies.

Rambut yang sudah terkontaminasi dengan pewarna campuran bisa memiliki gangguan secara tiba-tiba. Kalau udah mulai merasakan tanda-tanda khusus, seperti kering, kasar, atau kusam sudah bukan waktunya menunda perawatan dengan minyak zaitun.

Shampoo Khusus

Menggunakan shampo khusus rambut berwarna merupakan pilihan paling tepat agar rambut tidak cepat rusak.
Memakai Shampo/foto: freepik.com

Memang enggak masalah memakai shampoo yang biasa kamu pakai ketika warna rambutmu masih alami. Tapi, bakalan jauh lebih baik ketika memilih shampoo khusus rambut berwarna. Karena warna rambut yang berubah tentu perawatannya harus ekstra, ya.

Shampoo khusus ini enggak cuma menghindarkan kamu dari risiko kerusakan rambut, tapi juga warnanya. Secara maksimal warna bakalan bertahan lebih awet. Kalau rambut kamu ombre, shampoo khusus ini enggak bakalan meninggalkan efek samping. Jadi, tenang saja, ya.

Masker Rambut

Memaskeri rambut secara rutin dengan tenaga profesional atau dilakukan di rumah sangat penting untuk tidak ditinggalkan.
Perawatan di Salon/foto: freepik.com

Sekali-sekali manjakan rambut dengan melakukan perawatan di salon. Hanya dengan duduk manis kamu bisa dilayani dengan nyaman. Masker enggak cuma penting buat wajah. Rambut juga perlu nutrisi lebih agar berhasil terhindari dari risiko kurang menyenangkan.

Kalau kamu sibuk, melakukannya sendiri di rumah juga bukan masalah, lho. Kamu bisa membeli masker yang tersedia bebas. Sudah bukan mitos lagi kalau merawat rambut berwarna memang sangat mudah.

Hindari Hairdryer

Rambut basah yang terlalu sering dikeringkan dengan hairdyer akan cepat kering dan rusak.
Penggunaan Hairdyer/foto: freepik.com

Yuk, sayangi rambut kamu dengan mengurangi penggunaan hairdryer. Sekali dua kali memang enggak bakalan jadi masalah. Tapi, ketika kondisi rambutmu kurang sehat sudah saatnya menghindarinya agar enggak semakin kering.

Karena rambut berwarna cenderung lebih mudah mengalami gangguan, kamu bisa menggantikan peran hairdryer dengan handuk. Meski waktu yang dibutuhkan lebih lama, handuk lebih aman buat kesehatan rambut kamu.

Penggantian Cat

Penting sekali memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk mengganti warna cat agar tidak merusak kesehatan rambut.
Mengecat Rambut/foto: freepik.com

Enggak perlu buru-buru mengganti warna rambut ya, Ladies. Perasaan enggak pernah puas ini hanya akan memicu kerusakan pada rambut. Bukannya cantik, kamu bisa saja dihadapkan dengan sejumlah masalah baru.

Sebaiknya kamu mengganti warna rambut yang baru dengan jarak 4 sampai 5 minggu. Waktu yang kurang dari satu bulan bisa menurunkan kesehatan rambut. Perawatan kamu bisa berlangsung sia-sia, lho.

Kamu tentu bisa mengganti warna rambut sesuai keinginan atau menambahkan warna baru. Tapi, enggak boleh melewatkan tips di atas, ya. Rambut yang sehat tentu lebih penting dijaga. Warna yang diaplikasikan juga bisa jauh lebih cantik, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id