sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

7 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Drama Korea Record of Youth

Dian Purnamasari | Rabu, 14 Oct 2020 20:30 WIB
7 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Drama Korea Record of Youth
caption

Drama Korea Record of Youth yang saat ini sedang tayang di Neflix, memang mendapat banyak perhatian dari para penonton drama Korea. Ceritanya yang dekat dengan masalah kehidupan setiap orang dalam meraih mimpi, menjadi salah satu daya tariknya.

Drama ini dibintangi oleh Park Bo Gum (Sa Hye Jun), Park So Dam (Ahn Jung Ha), Byeon Woo Seok (Won Hae Hyo). Sa Hye Jun dan Won Hae Hyo adalah sahabat sejak SD, mereka berdua sama-sama seorang model yang sedang merintis kariernya menjadi seorang aktor. Sedangkan Ahn Jung Ha memiliki mimpi menjadi make up artist.

Dalam meraih mimpi, ketiganya dihadapkan pada berbagai macam masalah. Nah, melalui masalah yang mereka hadapi inilah, ternyata ada banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari drama Record of Youth, lho.


1. Bersinar dengan Cara Masing-masing

Potongan adegan episode 2 Record of Youth di Netflix
Record of Youth/Episode 2/Netflix

Setuju banget sama dialog dari Sa Hye Jun ini. Benar bahwa setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk bersinar.

Diceritakan bahwa Sa Hye Jun memiliki latar belakang keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Sedangkan Won Hae Hyo memiliki privilege, karena berasal dari keluarga berada dan bisa dengan mudah mendapatkan apa yang ia inginkan.

Sadar akan hal itu, maka sambil tetap fokus meraih mimpinya sebagai aktor, Sa Hye Jun juga bekerja part time untuk menghidupi kebutuhannya sehari-hari. Dari Sa Hye Jun kita belajar, orang-orang yang memiliki privilege memang ada, tapi bukan menjadi alasan untuk menyerah begitu saja.

Temukan cara yang tepat dalam meraih mimpimu dan lakukanlah. Tidak peduli kapan waktu bersinarmu akan datang, yang terpenting tetap berusaha dan percaya bahwa usaha tidak akan sia-sia.

2. Dukungan dari Orang Sekitar adalah Vitamin dalam Perjalanan Meraih Mimpi

Potongan adegan Park Bo Gum di drama Record of Youth
Record of Youth/Episode 2/Netflix

Dalam meraih mimpinya, Sa Hye Jun mendapat penolakan dari keluarganya, terutama ayah dan kakaknya. Mereka berdua menganggap, pekerjaan menjadi aktor bukanlah pilihan yang tepat untuk kesejahteraan hidup.

Dalam perjalanan meraih mimpi, tentunya ada masa kita berada di titik lelah, begitu juga yang dirasakan oleh Sa Hye Jun. Ia sempat memilih menyerah saat berkali-kali gagal casting. Tapi bukannya mendapat penghiburan, ayah dan kakanya justru mensyukuri hal ini.

Mereka menganggap itu sebagai tanda bahwa Sa Hye Jun harus berhenti mengejar mimpinya dan segera berangkat untuk wajib militer. Sontak Hye Jun marah pada ayah dan kakaknya, yang selalu mengatur masa depan serta merendahkan mimpinya menjadi aktor.

Ini bisa jadi pelajaran untuk kita, jika ada orang terdekat yang sedang berusaha mengejar mimpinya, maka dukunglah orang tersebut. Dukungan tidak selalu berupa materi, tapi bisa juga berupa moril. Dengan selalu berada di dekatnya, menghiburnya saat sedih serta percaya dengan langkah yang akan mereka ambil. Juga tak kalah penting, menerima ia dalam bentuk apa pun, baik saat gagal maupun berhasil.

3. Sama Seperti Vitamin, Dukungan Juga Harus Diberikan Sesuai Dosis yang Tepat

Potongan adegan drama Record of Youth
Record of Youth/Episode 11/Netflix

Berbeda dengan Sa Hye Jun, Won Hye Hyo justru mendapat dukungan penuh dari ibunya untuk menjadi seorang aktor. Tapi dukungan yang diberikan ibunya malah membuat Hye Hyo merasa tidak nyaman.

Ibunya selalu mengatur hidup Hye Hyo, seperti memilih film apa yang harus ia terima, memanipulasi jumlah followers Instagram Hye Hyo, bahkan ia melobi para produser untuk memilih Hye Hyo bermain dalam film yang diincarnya.

Sampai suatu ketika, saat popularitas Sa Hye Jun naik, ibunya mulai merasa gelisah. Ia mulai menyalahkan Hye Hyo yang tidak menganggap Sa Hye Jun adalah saingannya. Ditambah Hye Hyo kalah dari Sa Hye Jun karena tidak memenangkan penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik.

Sikap ibu Hye Hyo bisa jadi pengingat untuk kita, bahwa saat mendukung seseorang dalam meraih mimpi, kita harus memberikannya dosis yang tepat. Tanyakan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, bukan jadi mengatur hidupnya. Kita harus tahu batasan-batasan dalam mendukungnya. Jangan sampai yang tadinya berniat mendukung mimpinya, malah menjadi obsesi untuk kita.

4. Rasa Cinta Memang Harus Ditunjukkan dengan Cara yang Tepat

Potongan adegan Park Bo Gum di drama Record of Youth
Record of Youth/Episode 9/Netflix

Dukungan yang diberikan merupakan salah satu bentuk cinta kita pada seseorang. Untuk itu, harusnya rasa cinta itu ditunjukkan dengan cara yang tepat agar terasa. Bisa dengan perhatian, sikap yang baik, atau mengutarakan dukunganmu langsung.

Dalam scene ini, Sa Hye Jun protes, karena Kakanya berkata “Ada banyak cara untuk mendukung, menakut-nakuti seperti Ayah atau mendukung dari hati sepertiku”

Memang ada banyak cara untuk mendukung seseorang, tapi tentu harus ditunjukkan dengan cara yang tepat. Seringkali kita merasa gengsi menunjukkan rasa cinta kita, hingga akhirnya tidak tersampaikan dengan baik dan jadinya tidak terasa pada orang yang dituju.

5. Ambil Keputusan Besar untuk Meraih Mimpi Memang Kadang Dibutuhkan

Potongan adegan Park So Dam di drama Record of Youth
Record of Youth/Episode 8/Netflix

Dalam meraih mimpi, terkadang kamu dihadapkan pada keputusan besar yang harus diambil. Jika kamu merasa apa yang sedang kamu lakukan tidak mengarah pada mimpimu, maka berhentilah dan mulai mengambil jalan lain yang membawamu pada mimpimu.

Seperti yang dilakukan Ahn Jung Ha, ia melepaskan pekerjaannya di perusahaan, demi dapat bekerja di salon dan fokus mengembangkan kariernya sebagai make up artist.

Mengambil keputusan besar memang kadang dibutuhkan dalam perjalananmu meraih mimpi. Namun, perlu diingat, kesiapanmu juga harus sudah matang. Jika kamu memilih melepas pekerjaanmu yang sudah settle, demi memulai karier baru dari nol. Maka kamu juga harus sudah menyiapkan dana yang cukup untuk modal, kebutuhan hidup sehari-hari juga dana darurat jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

6. Jangan Membeda-bedakan Orang Lain

Potongan adegan di drama Record of Youth
Record of Youth/Episode 2/Netflix

Dalam drama ini, jelas terlihat bahwa masih banyak orang yang suka membeda-bedakan orang lain. Jangankan dengan orang lain, dengan keluarga pun masih sering terjadi.

Terkadang tanpa disadari, kita suka memberikan nilai pada seseorang berdasarkan apa yang kita lihat. Jika orang itu tidak ganteng atau cantik maka penilaian kita padanya jadi berkurang, cara memperlakukannya pun berbeda.

Jika orang itu kaya maka penilaian kita padanya jadi bertambah, dan kita jadi memberikan perhatian lebih padanya. Padahal bisa saja, orang yang kamu anggap kurang, ternyata jauh lebih baik dari yang kamu anggap lebih.

7. Usia Bukan Halangan untuk Tetap Produktif

Potongan adegan drama Record Of Youth di Netflix
Record of Youth/Episode 2/Netflix

Belajar dari Kakek Sa Hye Jun yang minta dicarikan kerja, meski usianya sudah lanjut. Ia tidak mau menjadi beban untuk keluarga. Ini membuat kita sadar bahwa usia bukan halangan untuk tetap produktif. Selama masih diberi kesehatan dan kesempatan, maka lakukan apa yang kamu suka dan menurutmu terbaik untuk hidupmu.

Pastinya masih banyak lagi pelajaran hidup lain yang bisa kamu ambil dari drama ini, apalagi drama ini baru berjalan sampai 11 episode. Yuk, tonton dramanya dan temukan pelajaran hidup lain di episode berikutnya.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id