sign up SIGN UP

LIFE

5 Kesalahan yang Bikin Tabungan Gak Bertambah

Novianty Aulia | Jumat, 11 Jun 2021 17:00 WIB
5 Kesalahan yang Bikin Tabungan Gak Bertambah
Foto: Ilustrasi Menabung/.Freepik.com

Pernahkah kamu merasa saldo tabungan tidak berubah meski sudah rutin menyisihkan uang?

Masalah ini pasti sering dikeluhkan oleh banyak orang, termasuk kamu. Alhasil kamu bertanya-tanya mengapa dana tabungannya tak juga bertambah padahal sudah menabung dalam waktu yang cukup lama.

Kekeliruan dalam menabung biasanya menjadi akar masalah mengapa dana tak juga bertambah. Segala kekeliruan tersebut sering dianggap sebagai hal biasa bahkan dilakukan secara terus menerus. Akibat dibiarkan terlalu lama, dana yang seharusnya bisa disimpan malah habis dengan tidak jelas.

Agar lebih jelasnya, berikut Beautynesia sudah merangkum 5 kesalahan fatal yang kerap kamu lakukan saat menabung. Simak artikel berikut ini!

1. Tidak Membuat Catatan Keuangan

Malas membuat catatan keuangan? Segala dana milikmu bisa habis dan tak teralokasi dengan baik.
Catatan keuangan menjadi faktor penting dalam menabung/Freepik.com


Dalam menabung, catatan keuangan dianggap penting karena menjadi pedoman saat mengatur laju keuangan. Seberapa banyaknya pengeluaran akan terlihat jelas sehingga lebih mudah dalam menyimpan dana yang tersisa.

Sayangnya, kerap kali kamu mengabaikan hal ini dan cenderung malas untuk membuat catatan. Segala dana kamu biarkan terpakai tanpa dialokasikan secara jelas. Dana yang seharusnya disimpan malah habis untuk menutupi kekurangan saat jauh dari tanggal gajian.

Jika kebiasaan ini kamu abaikan, keuangan akan berantakan karena tidak adanya perencanaan dengan baik. Tak cuma itu, roda keuangan kamu menjadi tidak seimbang dan berujung dengan kerugian besar akibat pengeluaran yang terlalu banyak.

2. Mudah Tergoda Sesuatu yang Tidak Penting

Godaan untuk berbelanja memang sulit ditahan. Akibatnya kamu menjadi pribadi yang konsumtif sehingga tabungan tak mudah terkumpul.
Sikap konsumtif membuat dana tabungan sulit bertambah/Freepik.com


Menahan diri untuk berbelanja tidaklah mudah. Keinginan semakin meningkat dengan dana yang cukup ditambah tren gaya hidup. Hal ini yang menjadikan kamu konsumtif.

Perilaku konsumtif merupakan pangkal masalah dalam menabung. Dorongan berbelanja terus menerus membuat kamu rela mengeluarkan banyak dana untuk sesuatu yang tidak penting. Menabung bukan lagi jadi hal yang penting untuk kamu pikirkan. Hati-hati lho, kalau begini terus kamu bisa terlilit hutang karena hanya mencukupi keinginan semata.

3. Self Reward Boleh, Tetapi Jangan Berlebihan!

Jangan jadikan self reward sebagai alasan untuk bersifat boros.
Self reward berlebihan membuat keuangan kamu cepat menipis/Freepik


Secara tidak sadar, sebenarnya self reward menjadi ancaman terbesar dalam kegiatan menabung lho.

Self reward dijadikan sebagai ajang mengapresiasi diri sendiri atas kerja keras yang dituangkan dalam bentuk barang dan lainnya. Hal ini tentunya wajar, mengingat setiap orang pastinya ingin menikmati hasil jerih payah dengan membahagiakan diri sendiri.

Semula memang tak salah, tetapi akan jadi tak benar jika kamu lost control terhadap reward itu sendiri. Keinginan untuk membeli segala hal tidak bisa ditahan sehingga pengeluaran menjadi tidak terencana. Kondisi inilah yang membuat kamu kesulitan untuk menabung karena terlalu banyaknya list reward yang ingin diwujudkan.

4. Hanya Menggunakan Satu Rekening

Menggambungkan segala dana membuat alokasi keuangan menjadi tidak jelas dan beresiko dana simpanan dapat terpakai.
Menabung tak cukup dengan satu rekening/Freepik.com


Sebagian dari kamu menganggap bahwa dua rekening cukup merepotkan, belum lagi biaya yang ditanggung per bulan. Pemikiran inilah yang membuat kamu hanya mengandalkan satu rekening dan mencampur semua keuangan.

Digabungnya dana biasa dengan dana tabungan pastinya akan menyulitkan kamu untuk fokus terhadap salah satunya. Selama saldo dana masih tersedia, kamu akan terus menggunakannya tanpa memilah mana yang harus disimpan. Tidak menutup kemungkinan, saldo tabungan kamu malah ikut habis bersama dengan dana sehari-hari.

5. Banyak Digunakan Tapi Tidak Diganti

Jangan heran jika dana tabungan tak juga terkumpul bila kamu hanya memakai tanpa diganti.
Dana tabungan terpakai namun lupa untuk diganti/Freepik.com


Beberapa kebutuhan tak teprediksi terkadang datang ketika dana sehari-hari sudah mulai tiris. Tentunya kamu dituntut memutar segala cara untuk memenuhi kebutuhan urgent tersebut. Memakai uang simpanan pastinya menjadi jalan terakhir yang kamu lakukan guna menutup semua kebutuhan.

Benar, tidak ada yang salah dalam memakai uang tabungan. Tetapi coba diingat, sudahkah kamu mengembalikan uang tersebut? Nah, inilah yang menjadi kebiasaan buruk lain yaitu tidak menutupi kekurangan yang dipakai. Tidak heran, dana tabunganmu sulit terkumpul jika hal seperti ini kamu biasakan dan diabaikan dalam jangka lama. Yuk coba hitung kembali berapa dana yang sudah terpakai ya!

Jadi Ladies, kesalahan mana yang kamu lakukan?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id