sign up SIGN UP

5 Level Kesejahteraan Finansial ala Tony Robbins, Sudahkah Kamu Mencapainya?

Dian Aprilia | Minggu, 18 Jul 2021 09:30 WIB
5 Level Kesejahteraan Finansial ala Tony Robbins, Sudahkah Kamu Mencapainya?
caption

Tony Robbins adalah sosok pengusaha sukses dan motivator yang terkenal. Ia juga termasuk dalam deretan orang kaya di dunia. Salah satu bukunya yang cukup terkenal adalah Money: Master the Game. Dalam buku tersebut, Tony Robbins membahas mengenal level kesejahteraan finansial yang perlu diketahui sebelum beranjak pada cara mengatur keuangan.

Pembagian level kesejahteraan itu bukan tanpa alasan, hal tersebut bisa menjadi acuan dalam menerapkan cara mengatur keuangan. Selain itu pemahaman terhadap level kesejahteraan bisa membuat kita lebih mudah melakukan cara mengatur keuangan dan meraih target finansial. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 level kesejahteraan finansial ala Tony Robbins, sudahkah kamu mencapainya?

Financial Security

Cara mengelola keuangan
Cara mengelola keuangan/pexels.com/Ono Kosuki

Cara mengelola keuangan terlihat jauh lebih sederhana dan realistis dicapai jika kita melangkah satu demi satu level kesejahteraan. Level kesejahteraan pertama yang perlu kamu capai terlebih dahulu adalah Financial Security.

Kondisi ini berhasil kamu capai jika penghasilan yang kamu dapatkan bisa memenuhi kebutuhan pokok paling dasar. Di antaranya adalah biaya makan, listrik, air, sewa rumah, perlengkapan sehari-hari, transportasi, kuota, cicilan bulanan dan lainnya.

Financial Vitality

Level kesejahteraan selanjutnya adalah Financial Vitality. Setelah kamu berhasil mencapai level financial security, selanjutnya kamu perlu menerapkan cara mengelola keuangan yang lebih ketat agar mencapai level ini.

Financial Vitality ditandai dengan saat penghasilan bisa menutupi kebutuhan pokok serta pengeluaran ekstra yang sifatnya untuk kesenangan. Pengeluaran tersebut di antaranya ialah makan di restoran, belanja, liburan, berlangganan di berbagai platform hiburan dan lainnya.  

Financial Independence

Cara mengelola keuangan
Cara mengelola keuangan/pexels.com/Dziana Hasanbekava

Level kesejahteraan berikutnya adalah Financial Independence. Untuk mencapai cara ini, kamu perlu menjadikan investasi sebagai salah satu cara mengelola keuangan yang diutamakan. Sebab level ini ditandai dengan penghasilan dari investasi yang kamu miliki bisa sama dengan penghasilan bulananmu atau bahkan lebih.

Jadi simpelnya, andai pun kamu tidak mendapatkan gaji bulanan atau tidak bekerja, kamu masih bisa mendapatkan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupmu. Baik kebutuhan pokok ataupun pengeluaran ekstra untuk memenuhi keinginan.

Financial Freedom

Level selanjutnya adalah yang cukup sering didengar di media sosial, diskusi dan lainnya, yakni Financial Freedom. Salah satu kesalahan fatal yang sering dialami adalah kita lebih dulu memahami financial freedom dibandingkan 3 level di atas. Alhasil financial freedom terkesan impian yang muluk-muluk dan sulit dicapai.

Padahal jika kita melangkah satu demi satu tahapan, financial freedom sangat mungkin dicapai. Financial freedom adalah penghasilan dari investasi yang bisa menutup seluruh pengeluaran termasuk yang sifatnya mewah tanpa harus bekerja sama sekali. Contohnya, kamu ingin membeli mobil terbaru, iphone terbaru, liburan ke luar negeri setiap minggu dan lainnya.

Absolute Financial Freedom

Cara mengelola keuangan
Cara mengelola keuangan/pexels.com/Andrea Piacquadio

Level kesejahteraan paling puncak adalah absolute financial freedom. Kondisi ini ditandai dengan penghasilan dari investasi bisa membuatmu melakukan apapun dan membeli apapun yang diinginkan untuk selamanya. Mulai dari membeli pesawat, helikopter, donasi kepada masyarakat luas, mendirikan sekolah gratis, dan lainnya.

Itulah 5 level kesejahteraan finansial ala Tony Robbins yang perlu kamu ketahui sebelum menerapkan cara mengelola keuangan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id