sign up SIGN UP

LIFE

Siap-siap, Ini 5 Tips Atur THR Agar Tidak Langsung Habis!

Dian Aprilia | Minggu, 02 May 2021 19:00 WIB
Siap-siap, Ini 5 Tips Atur THR Agar Tidak Langsung Habis!
caption

‘Uang THR kok udah habis aja ya?’ Sebelum mendapat THR, kita pasti sudah memikirkan alokasi-alokasi apa saja yang akan dipenuhi. Mulai dari untuk beli baju lebaran, bagi-bagi ke saudara dan kerabat, bayar cicilan, kebutuhan hari raya, dan banyak lagi lainnya.

Tidak sedikit yang menggunakan THR untuk hal-hal konsumtif saja, tanpa menyisihkan untuk tabungan dan investasi. Alhasil setelah dapat THR, uang mengalir dan seketika langsung habis. Baru deh menyesal di kemudian hari karena tak menyisakan sedikitpun untuk dana produktif. Nah berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips atur THR dengan bijak agar tidak langsung habis dan produktif:

Prioritaskan Zakat dan Sedekah

zakat dan sedekah
Zakat dan sedekah/pexels.com

Setiap umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat untuk mensucikan harta yang dimiliki. Jadi bagi kamu yang sudah memenuhi syarat dan nisab, wajib untuk mengeluarkan sebagian hartanya sebagaimana ketentuan yang berlaku. Pengeluaran ini harus didahulukan dibandingkan dengan yang lain.

Sementara itu, sedekah bernilai sunnah, sehingga kamu dianjurkan untuk menunaikannya. Namun apabila tidak mengamalkannya tidak akan mendapat dosa. Meski begitu, harta orang yang bersedekah tidak akan berkurang karena akan diganti Allah sampai berlipat ganda.

Sisihkan untuk Tabungan dan Investasi

Tabungan
Tabungan/pezxels.com

Setelah perintah agama ditunaikan, maka selanjutnya kamu bisa menyisihkan sebagian dana THR untuk tabungan dan investasi. Nilai nominal yang bisa kamu sisihkan ialah 20-30% sesuai dengan target keuangan dan juga pertimbangkan dengan kebutuhan lainnya.

Kamu bisa menyimpannya untuk dana darurat atau tujuan keuangan lainnya, seperti beli rumah, tabungan menikah, dana pensiun dan lain sebagainya. Alokasi ini akan membuat THRmu tidak habis hanya untuk konsumtif saja, melainkan juga dana produktif yang bisa berkembang di masa depan.

Bayar Hutang

Hutang
Hutang/pexels.com

Kewajiban yang tak boleh kamu lalaikan adalah membayar hutang. Bagi kamu yang punya cicilan rumah, cicilan mobil, atau berbagai macam lainnya, usahakan untuk membayarnya dengan sebagian dana THR. Sehingga tidak menyebabkan denda di masa depan karena telat membayarnya.

Upayakan untuk segera melunasinya jika ada dana berlebih. Tanpa hutang, hidup jadi lebih tenang dan tentram karena tidak ada tanggungan. Jadi kamu bisa fokus untuk memenuhi berbagai kebutuhan penting lainnya.

Penuhi Kebutuhan Lebaran

Lebaran
Lebaran/pexels.com

Selanjutnya, kamu bisa memenuhi berbagai kebutuhan lebaran seperti uang untuk orang tua, bingkisan lebaran untuk kerabat, uang THR untuk keponakan, baju lebaran, kue lebaran dan berbagai macam lainnya.

Batasi Belanja Online

Belanja online
Belanja online/pexels.com

Terakhir, godaan terbesar saat memiliki THR adalah belanja online. Sebab saat menjelang lebaran, pasti banyak promo-promo yang diberikan di berbagai e-commerce. Untuk itu penting untuk menahan diri agar tidak kebablasan dalam belanja online. Kamu bisa memberi batas maksimal dana yang dikeluarkan untuk belanja online agar tidak berlebihan.

Itulah 5 tips untuk mengatur THR agar tidak langsung habis dan jadi dana yang produktif. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id