sign up SIGN UP

LIFE

5 Kuliner Indonesia Ini Jadi Menu Wajib Dicicipi Turis Asing

tjitradewi | Senin, 22 Mar 2021 07:00 WIB
5 Kuliner Indonesia Ini Jadi Menu Wajib Dicicipi Turis Asing
caption

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang berlimpah. Hal ini didasari oleh beragamnya budaya dan hasil bumi di masing-masing daerah. Meski demikian, tak semua makanan khas Indonesia dikenal dunia karena terbatasnya informasi dan kurang paparan ke media Internasional.

Bagi dunia, ada beberapa makanan Indonesia yang cukup populer dan dikenal baik. Biasanya, makanan ini yang dicari para Warga Negara Asing saat sedang berkunjung ke Indonesia, baik dalam kunjungan wisata maupun bisnis. Dirangkum oleh Beautynesia, berikut 5 makanan Indonesia terpopuler yang menjadi menu yang wajib cicipi turis asing!

1. Nasi Goreng

Nasi Goreng
Nasi Goreng (Freepik)

Nasi Goreng menjadi menu yang paling banyak disebut jika Warga Negara Asing yang pernah berkunjung ke Indonesia ditanya mengenai apa menu yang disukainya selama berada di sini. Hal ini sangat wajar karena makanan ini sangat mudah didapatkan. Bahkan hotel mulai dari yang sederhana hingga bintang lima selalu memasukkan Nasi Goreng dalam menu hariannya.

2. Mie Goreng

Mie Goreng
Mie Goreng (Freepik)

Layaknya Nasi Goreng, Mie Goreng juga menjadi salah satu makanan yang paling banyak disantap WNA yang berkunjung ke Indonesia, dengan alasan yang sama dengan Nasi Goreng. Untuk lidah orang luar negeri, kedua makanan ini relatif mudah diterima dibanding makanan Indonesia lain yang memiliki bumbu kompleks.

3. Sate Ayam

Sate Ayam
Sate Ayam (Freepik)

Menu lain yang menjadi makanan paling sering dicicipi oleh WNA yang ke Indonesia adalah sate ayam. Biasanya, mereka yang mencicipi makanan ini datang berkunjung ke restoran yang menyajikan makanan populer Indonesia, di mana sate ayam menjadi salah satu menu wajib di sana. Dalam sebuah pidato Barack Obama saat berkunjung ke Indonesia, sate ayam menjadi salah satu makanan yang ia kenang selama tinggal di sini.

4. Rendang

Rendang
Rendang (instagram.com/rendang.nizah)

Makanan asal Sumatera Barat ini telah beberapa tahun menempati urutan pertama sebagai makanan terenak di dunia versi CNN. Tak mengherankan jika predikat itu disematkan, mengingat rendang membutuhkan bahan dan proses memasak yang tergolong rumit dan lama. Karena kepopuleran ini lah, banyak warga asing yang tertarik untuk mencicipi kenikmatan rendang.


5. Gado-Gado

Gado-Gado
Gado-Gado (instagram.com/gadogado.ss)

Bagi WNA yang memiliki diet tak mengonsumsi protein hewani, gado-gado menjadi menu favorit bagi mereka. Tak jarang banyak yang menyebut bahwa menu ini adalah salad-nya orang Indonesia, di mana kalau dialihbahasakan menjadi Bahasa Inggris menjadi mixed vegetables with peanut sauce.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id