sign up SIGN UP

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat PMS, Terbukti Bisa Tingkatkan Mood!

Friska NR | Kamis, 14 Oct 2021 15:00 WIB
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat PMS, Terbukti Bisa Tingkatkan Mood!
Makanan untuk meningkatkan mood saat PMS/Foto: Freepik/Freepik

Moodswing alias perubahan suasana hati yang drastis menjadi salah satu gejala dari premenstrual syndrome (PMS). Mulai dari gejala yang ringan hingga berat, perubahan mood tidak menentu ini tentu bisa berdampak buruk pada hubungan sosial sebelum dan selama masa menstruasi. 

Sebaiknya jangan dibiarkan, Beauties! Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang dapat meningkatkan mood berikut ini. Melansir dari Healthline, ini dia daftarnya!

1. Dark Chocolate

makanan untuk mood
Coklat untuk meningkatkan mood PMS/Foto: Freepik/Freepik

Dark chocolate merupakan salah satu sumber flavonoid yang baik untuk kesehatan tubuh. Zat ini telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi inflamasi dan mempengaruhi kesehatan otak secara keseluruhan, termasuk membantu mengatur mood.

Selain itu, coklat juga memiliki tekstur, rasa dan aroma yang menyenangkan sehingga menjadikan suasana hati lebih baik. 

2. Yogurt

makanan untuk mood
Yogurt untuk meningkatkan mood PMS/Foto: Freepik/Jcomp

Selain baik untuk pencernaan, makanan fermentasi seperti yogurt ternyata juga bisa membantu meningkatkan mood. Hal ini karena kandungan probiotik di dalamnya dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dalam otak.

Serotonin sendiri berperan sebagai neurotransmitter yang mempengaruhi berbagai aspek perilaku manusia, seperti suasana hati, respons stres, nafsu makan, hingga dorongan seksual. 

3. Pisang

makanan untuk mood
Pisang untuk meningkatkan mood PMS/Foto: Freepik/Atlas Company

Buah pisang tinggi akan kandungan vitamin B6 yang dapat merangsang produksi hormon serotonin dan dopamine di dalam otak. Buah ini juga mengandung gula alami dan serat yang jika keduanya bertemu, dapat membuat kadar gula darah tetap stabil dan berpengaruh pada peningkatan suasana hati. 

4. Kopi

makanan untuk mood
Kopi untuk meningkatkan mood PMS/Foto: Freepik/Ecopim Studio

Kandungan kafein di dalam kopi dapat mencegah senyawa adenosine menempel pada reseptor otak yang menyebabkan meningkatnya rasa lelah dan stres. Kafein juga mampu meningkatkan produksi hormon dopamine dan norepinephrine untuk memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik.

5. Alpukat

makanan untuk mood
Alpukat untuk meningkatkan mood PMS/Foto: Freepik

Kamu juga bisa mengonsumsi alpukat untuk mengatasi rasa lelah dan moodswing. Sebab, superfood ini memiliki kandungan vitamin B yang dapat meningkatkan kadar serotonin. Alpukat juga mengandung asam folat yang berfungsi meningkatkan energi dan metabolisme sehingga tubuh akan terasa lebih segar.

Nah, itu dia daftar makanan yang secara ilmiah terbukti dapat memperbaiki mood. Selamat mencoba ya, Beauties!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id