sign up SIGN UP

LIFE

5 Manfaat Konsumsi Matcha, Enak dan Menyehatkan!

ira syafira | Senin, 07 Jun 2021 15:15 WIB
5 Manfaat Konsumsi Matcha, Enak dan Menyehatkan!
Foto: Manfaat matcha/freepik.com
Jakarta -

Siapa sih yang tidak mengenal matcha? Warna hijaunya yang khas membuatnya tampak segar dan menjadi favorit banyak orang.

Matcha sendiri berasal dari tanaman camellia sinensis yang merupakan bahan teh hijau, tapi dengan cara penanaman yang berbeda. Umumnya, masyarakat Jepang mengonsumsi matcha saat upacara minum teh yang bernuansa spiritual. Selain itu, matcha juga digunakan sebagai bahan pewarna dan perasa alami dalam beberapa makanan tradisional khas Jepang. 

Terkenal dengan warna hijaunya, matcha menjadi minuman yang unik serta memiliki rasa menarik di lidah. Bahkan matcha menjadi minuman paling sehat di dunia. Disamping ketenarannya, ternyata matcha memang memiliki banyak manfaat sehat di dalamnya. Berikut beberapa manfaat yang kamu dapatkan jika rutin mengonsumsi mathca.

1. Kaya akan antioksidan

Foto: Kaya antioksidan/freepik.com
Foto: Kaya antioksidan/freepik.com

Bubuk matcha mengandung banyak catechin atau antioksidan alami yang ditemukan dari tanaman teh-nya. Catechin ini merupakan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas serta mencegah tubuh dari serangan penyakit kronis.

Kadar catechin pada bubuk matcha ada 137 kali lebih banyak dari jenis teh hijau lainnya. Sangat berguna untuk meningkatkan imunitas dan mencegah berbagai penyakit.

2. Meningkatkan fungsi otak

Foto: Membantu otak/unsplash.com
Foto: Membantu otak/unsplash.com

Beberapa komponen dalam matcha dapat membantu untuk meningkatkan fungsi otak. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi matcha menunjukkan peningkatan ingatan, reaksi yang cepat, dan fokus yang terjaga. 

Hal tersebut salah satunya di dapatkan karena kandungan kafein yang ada pada matcha. Kafein ini lebih pekat daripada teh hijau biasa, yakni 35 ml per setengah sendok teh. Selain itu, terdapat asam amino L-theanine yang menambah level energi untuk mengurangi stres dan meningkatkan gelombang alpha di otak.

3. Melindungi jantung

Foto: Lindungi jantung/pexels.com
Foto: Lindungi jantung/pexels.com

Konsumsi matcha juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung, karena ia mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Matcha bisa menghambat oksidasi LDL dan menjaga tekanan darah serta melancarkan pembuluh darah.

Selain itu, matcha juga dapat menurunkan level trigliserida dan menurunkan resiko terserang stroke. Jadi kamu bisa biasakan konsumsi matcha disertai dengan pola hidup sehat, yha!

4. Mencegah kanker

Foto: Mencegah kanker/unspash.com
Foto: Mencegah kanker/unspash.com

Teh hijau sendiri memang memiliki kandungan senyawa epigallocatechinggallate (ECGC), dimana ini merupakan tipe polifenol. Senyawa ECGC akan menghambat pertumbuhan sel kanker, membunuh sel kanker, serta mencegah pembentukan suplai darah baru ke tumor.

Dalam bubuk matcha terdapat kadar ECGC tiga kali lebih banyak dari teh hijau biasa. Senyawa ECGC biasa ditemukan pada daunnya, dan ini menjadi kelebihan matcha karena daunnya juga dikonsumsi.

5. Membantu turunkan berat badan

Foto: Turunkan berat badan/unspash.com
Foto: Turunkan berat badan/unspash.com

Teh hijau dan matcha memiliki kemampuan untuk mempercepat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak hingga 17 persen pada orang semi aktif atau yang berolahraga ringan.

Selain itu, matcha memiliki hormon leptin yang bisa membantu mengurangi nafsu makan di malam hari. Tapi dalam hal ini, sebaiknya konsumsi matcha asli dan bukan yang berupa minuman atau makanan manis.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id