sign up SIGN UP

LIFE

Awas! Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Perut Kosong

Intan Dwi | Rabu, 24 Jun 2020 18:07 WIB
Awas! Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Perut Kosong
caption
Jakarta -

Saat perut kita sedang dalam kondisi yang kosong, maka kita tentu akan merasa sangat lapar. Menurut pakar kesehatan, kondisi ini bisa menyebabkan kita mengkonsumsi makanan apa saja tanpa memperhitungkan porsinya atau apakah makanan tersebut sehat atau tidak. Padahal ada cukup banyak makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut sedang kosong karena bisa membahayakan kondisi kesehatan saluran pencernaan. Apa saja kah makanan-makanan tersebut?

Jeruk

Jeruk dapat mengiritasi kerongkongan kita, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong.
Jeruk/freepik.com

Mungkin kita berpikiran kalau mengkonsumsi jeruk di pagi hari atau saat perut kosong dapat menyehatkan. Ternyata anggapan itu salah, mengkonsumsi jeruk dan anggur sebelum perut terisi ternyata akan menimbulkan masalah. Hal ini terjadi karena jeruk dapat mengiritasi kerongkongan kita, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong.


Pisang

Mengkonsumsi pisang saat perut dalam keadaan kosong itu akan menyebabkan peningkatan jumlah magnesium dalam aliran darah kita.
Pisang/freepik.com

Mungkin ini akan mengejutkan bagi banyak orang, karena tak jarang orang lebih suka mengkonsumsi pisang saat akan beraktivitas. Tapi, ternyata kalau mengkonsumsi pisang saat perut dalam keadaan kosong itu akan menyebabkan peningkatan jumlah magnesium dalam aliran darah kita. Peningkatan jumlah aliran darah yang tajam ini akan berpotesi membahayakan fungsi hati kita.

Yoghurt

Bakteri asam laktat yang terkandung di yoghurt akan terbunuh oleh asam hidroklorat di dalam perut jika dikonsumsi saat belum makan.
yoghurt/freepik.com

Beberapa orang memasukkan yogurt untuk menu sarapan mereka. Namun ternyata ini bukan ide yang bagus lho. Bakteri asam laktat yang terkandung di yoghurt harusnya baik untuk tubuh kita ternyata akan terbunuh oleh asam hidroklorat di dalam perut jika dikonsumsi saat belum makan.

Tomat

Tomat ini memiliki kandungan asam tannic yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar asam di perut kita.
Tomat/freepik.com

Untuk kalian yang memiliki riwayat asam lambung jangan pernah deh makan tomat saat perut kamu kosong. Ternyata buah tomat ini juga sangat tidak dianjurkan untuk dimakan saat kondisi perut kamu kosong. Tomat ini memiliki kandungan asam tannic yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar asam di perut kita.

Permen

Rasa manis dari permen nantinya dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.
Permen/freepik.com

Siapa yang masih suka makan permen saat pagi hari dan perut dalam keadaan kosong? Kalau masih ada yang mengonsumsinya saat perut kosong, lebih baik hentikan kebiasaan tersebut. Karena dengan makan permen yang memiliki rasa manis itu dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Nantinya dapat meningkatkan beban pankreas dan mengakibatkan ancaman penyakit diabetes.

Nah, sudah tahu kan bahayanya mengonsumsi makanan di atas saat perut kosong? Agar tidak mengganggu aktivitas, lebih baik pilih makanan selain yang disebutkan di atas untuk mengisi perut yang kosong.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id