sign up SIGN UP

Cegah Diabetes Sejak Dini dengan 1 Cangkir Teh Rooibos Setiap Hari

Nubira Maisty | Jumat, 13 Aug 2021 13:08 WIB
Cegah Diabetes Sejak Dini dengan 1 Cangkir Teh Rooibos Setiap Hari
caption

Dilansir dari IDF (International Diabetes Federation), 1 dari 9 orang wanita di dunia saat ini mengalami diabetes. Hal ini disebabkan karena wanita mengalami resistensi insulin yaitu dimana sel-sel tubuh tidak mampu menggunakan gula darah dengan baik sehingga berujung pada diabetes. Lalu bagaimana bisa secangkir teh rooibos mampu mencegah penyakit yang mengancam jiwa ini?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 9 orang wanita terkena penyakit diabetes.
Penyakit diabetes di dominasi oleh perempuan/Sumber: Unsplash.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum teh rooibos secara rutin mampu menurunkan risiko terkena penyakit diabetes sebesar 60%. Diabetes terbagi menjadi dua tipe. Diabetes tipe 1 adalah di mana tubuh seseorang tidak mampu menghasilkan cukup insulin untuk mengatur kadar gula darah secara memadai. Sedangkan, diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh seseorang menjadi resisten terhadap insulin. Dan diabeter tipe 2 inilah yang di dominasi oleh wanita.

Penelitian yang dilakukan oleh SA Medical Research Council menunjukkan bahwa Rooibos memiliki potensi untuk menunda dan mencegah timbulnya dan perkembangan diabetes. Senyawa aspalathin yang dikenal sebagai senyawa unik yang hanya ditemukan di tanaman Rooibos (Aspalathus linearis), dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah pada manusia.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa aspalathin terbukti mengurangi lemak, meningkatkan metabolisme lemak, dan memblokir pembentukan sel lemak. Ketiga faktor tersebut menjadi alasan kuat mengapa teh rooibos dapat membantu kamu dalam mencegah diabetes dan mempertahankan berat badan yang sehat karena diabetes sangat identik dengan kadar lemak dalam tubuh.

Mengonsumsi teh rooibos secara rutin dapat menekan kemungkinan terkena diabetes.
Teh Rooibos/Sumber: Unsplash.com

Berikut beberapa manfaat yang didapat apabila mengonsumsi teh rooibos secara rutin demi mencegah penyakit diabetes:

  • Peningkatan sensitivitas insulin
  • Mengurangi risiko pertumbuhan diabetes pada tubuh
  • Mengurangi risiko pengembangan penyakit kardiovaskular terkait diabetes

Selain mengonsumsi teh rooibos dalam rangka pencegahan penyakit diabetes, solusi ini juga bisa diterapkan untuk mereka yang memang sedang mengalami diabetes baik itu tipe 1 maupun tipe 2. Teh rooibos yang bebas gula dan memiliki rasa manis alami dapat menjadi pilihan minuman sekaligus pelengkap pengobatan diabetes mu agar lebih maksimal.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga pola makan sehat dan olahraga yang teratur agar kamu tetap fit dan sehat. Jika kamu merasa kesulitan untuk menemukan teh rooibos kualitas terbaik, kamu dapat klik link ini ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id