sign up SIGN UP

Agar Tak Kambuh Lagi, Gaya Hidup Ini Cocok Buat Penderita Asam Lambung

Dian Aprilia | Minggu, 08 Aug 2021 18:00 WIB
Agar Tak Kambuh Lagi, Gaya Hidup Ini Cocok Buat Penderita Asam Lambung
caption

Asam lambung adalah cairan asam yang dihasilkan oleh dinding lambung. Sebenarnya asam lambung memiliki manfaat untuk tubuh yakni membunuh bakteri di makanan, memecah protein, mengaktifkan enzim untuk mencerna makanan, dan lainnya. Namun jika produksi asam lambung tidak seimbang maka bisa menyebabkan berbagai masalah asam lambung.

Cara mengatasi masalah lambung tidak hanya ketat memilih bahan makanan tertentu, melainkan juga menjaga pola makan. Berikut beautynesia.id telah merangkum pola makan sehat yang wajib kamu lakukan guna menjaga kesehatan lambung.

Makan Teratur Sesuai Jam

Kesehatan lambung
Kesehatan lambung/pexels.com/Daniela Constantini

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah makan teratur sesuai jam. Hal ini merupakan cara menjaga lambung yang cukup ampuh. Sebab telat makan menjadi salah satu penyebab paling utama yang memicu asam lambung berlebih. Untuk itu, usahakan makan secara teratur, mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam.

Contohnya adalah sarapan pada jam 07.00 – 08.00, makan siang pada jam 12.00 – 13.00, dan makan malam sebelum jam 19.00. Di sela-sela jam tersebut, kamu bisa mengombinasikan dengan makan buah-buahan atau camilan ringan.

Makan dalam Porsi Kecil

Kesehatan lambung
kesehatan lambung/pexels.com/Karolina Grabowska

Cara menjaga lambung yang kedua adalah makan dalam porsi kecil. Hal ini menghindari perut begah yang bisa memicu asam lambung naik. Jadi alih-alih memilih 1-2 kali makan dalam porsi besar, sebaiknya makan sebanyak 4-5 kali dalam sehari dengan porsi kecil. Sehingga kinerja lambung tidak berlebihan dan tetap maksimal dalam menyerap nutrisi makanan.

Pilih Makanan Sehat dan Aman untuk Lambung

Kesehatan lambung
Kesehatan lambung/pexels.com/Ella Olsson

Cara menjaga lambung yang ketiga adalah dengan memilih makanan sehat dan aman untuk lambung. Ada berbagai makanan yang harus dihindari penderita gangguan asam lambung guna menjaga kesehatan lambung. Di antaranya adalah makanan tinggi lemak, minuman soda, makanan pedas, makanan asam, dan lainnya.

Oleh sebab itu sebisa mungkin memilih bahan makanan yang aman untuk lambung seperti oatmeal, buah semangka, jahe, sayuran hijau, daging rendah lemak dan lainnya. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat tersebut dalam jumlah yang pas dan tidak berlebihan ya.

Hindari Kafein dan Alkohol

Kesehatan lambung
Kesehatan lambung/pexels.com/Maria Orlova

Cara menjaga lambung berikutnya adalah menghindari kafein dan alkohol. Sebab kafein bisa meningkatkan produksi asam dan mengiritasi lambung. Jadi sebisa mungkin untuk menghindari konsumsi kopi dan teh.

Selain itu konsumsi alkohol juga berdampak buruk untuk kesehatan lambung. Sama halnya dengan kafein, konsumsi alkohol bisa meningkatkan produksi asam lambung dan mengiritasi lapisan lambung. Jadi sebisa mungkin hindari alkohol dan ganti dengan minuman yang lebih sehat.

Jangan Tidur Setelah Makan

Kesehatan lambung/pexels.com
Kesehatan lambung/pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara menjaga lambung yang kerap disepelekan adalah tidur setelah makan. Sebaiknya 3-4 jam sebelum tidur, kamu tidak mengonsumsi makanan yang berat. Selain itu upayakan untuk meninggikan posisi kepala dan miring ke sisi kiri. Hal ini bisa membantu meredakan refluks lambung selama tidur.

Itulah 5 pola makan untuk penderita asam lambung agar terhindar dari berbagai gangguan asam lambung. Selamat mencoba beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id