sign up SIGN UP

LIFE

Diet Gak Perlu Sengsara, Ini 5 Buah yang Efektif Turunkan Berat Badan

Dian Aprilia | Rabu, 13 Jan 2021 12:00 WIB
Diet Gak Perlu Sengsara, Ini 5 Buah yang Efektif Turunkan Berat Badan
caption
Jakarta -

Saat memutuskan untuk diet, maka kita dituntut untuk menjaga asupan nutrisi ke tubuh. Selain dianjurkan untuk menghindari konsumsi lemak dan karbohidrat, kamu juga dianjurkan untuk banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan saat sedang diet. Hal ini dikarenakan, buah memiliki kandungan serat yang tinggi yang bikin kenyang bertahan lebih lama.

Selain mendukung diet, sayur dan buah-buahan juga kaya akan manfaat lainnya. Mulai dari menurunkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga kanker. Berikut beautynesia.id telah merangkum buah-buahan yang cocok dikonsumsi saat sedang diet:

Apel

Apel
Apple/pexels.com

Buah apel termasuk buah dengan rendah kalori dan tinggi serat, sehingga sangat mengenyangkan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi apel secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan. Satu buah apel besar seberat 223 gram hanya memiliki kandungan 116 kalori dan 5,4 gram serat.

Oleh sebab itu, apel sangat cocok jadi menu sarapan harian saat sedang diet. Selain efektif membantu menurunkan berat badan, apel juga mengandung flavonol yang disebut quercetin. Kandungan tersebut disebut sebagai bahan antikanker.

Stroberi

Stroberi
Stroberi/pexels.com

Stroberi adalah buah yang kaya dengan vitamin C sehingga cocok untuk jadi menu program diet sehat. Diketahui setiap 152 gram stroberi memiliki kandungan 50 kalori dan mampu memenuhi 150 persen kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, stroberi dipercaya memiliki manfaat sebagai antibakteri yang efektif digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan.

Konsumsi stroberi bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan juga menurunkan inflamasi. Kamu bisa menikmati stroberi secara utuh atau bisa juga dijadikan jus dan smoothies.

Pisang

Pisang
Pisang/pexels.com

Buah pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi. Vitamin ini dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Diketahui, serotonin berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat tubuh lebih relaks. Berbeda dengan buah lain, pisang mengandung banyak karbohidrat, dan efektif untuk membuat kenyang tahan lama.

Karena kandungan indeks glikemik yang rendah membuat pisang efektif membantu mengendalikan kadar insulin dan mengatur berat badan. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk utuh, smoothies atau jadi topping oatmeal.

Melon

Melon
Melon/pexels.com

Melon dikenal sebagai buah yang dengan kandungan air yang tinggi dan rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi saat sedang diet. Dalam 150-160 gram melon, diketahui hanya terdapat 46-61 kalori. Kandungan air yang tinggi pada melon bisa menjaga kita tetap terhidrasi. Selain itu, melon juga kaya kandungan serat, kalium, dan antioksidan.

Buah melon juga dikenal sebagai buah antikanker karena mengandung lycopene. Kamu bisa mengonsumsi melon secara utuh atau mencampurnya jadi bahan salad dengan berbagai komponen buah dan sayur lainnya.

Jeruk

Jeruk
Jeruk/pexels.com

Jeruk sangat bagus dikonsumsi saat sedang diet, pasalnya buah ini termasuk golongan yang rendah kalori. Selain rendah kalori, jeruk juga kaya dengan kandungan serat dan vitamin C. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara diperas ataupun dimakan secara utuh.

Itulah 5 jenis buah yang cocok dikonsumsi saat sedang diet. Kamu bisa mengubah menu buah harianmu agar tidak bosan atau mengkreasinya dalam berbagai bentuk makanan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id