sign up SIGN UP

LIFE

Viral Menggoreng Makanan dengan Air Fryer, Apa sih Air Fryer?

Sylvia Yuliasar | Selasa, 12 Jan 2021 15:00 WIB
Viral Menggoreng Makanan dengan Air Fryer, Apa sih Air Fryer?
caption

Masyarakat Indonesia memang terkenal sebagai penggemar makanan bertekstur gurih dan renyah. Umumnya, makanan tersebut didapatkan dengan cara menggoreng. Namun, menggoreng makanan menggunakan minyak yang terlalu sering akan berdampak bagi kesehatan.

Nah, sekarang sudah tersedia salah satu alat masak yang berfungsi sama bernama air fryer. Kini, kamu dapat menggoreng makanan tanpa perlu menggunakan minyak. Makanan yang disajikan pun akan lebih sehat.

Air fryer memiliki kemampuan menggoreng tanpa minyak
Air Fryer / pinterest.com ( Air Fryer Reviewed)

Penggunaan air fryer mungkin terasa masih asing di dapur Indonesia. Walaupun demikian, sebenarnya sudah banyak tersedia air fryer dengan berbagai merk yang bisa kamu dapatkan di toko alat rumah tangga. Yuk, kita bahas segala yang perlu kamu tahu tentang air fryer.

3 Jenis Air Fryer

Basket air fryer menjadi salah satu jenis yang paling umum digunakan
Basket Air Fryer / pinterest.com (Dillard's)

Ada tiga jenis air fryer yang bisa kamu temukan di toko peralatan rumah tangga yaitu basket air fryer, paddle air fryer, dan oil-free turkey fryer. Dari ketiga jenis tersebut, basket air fryer merupakan jenis air fryer yang paling umum digunakan. Bentuknya hampir mirip seperti teko dengan permukaan lebih bundar dan terdapat banyak tombol. Uniknya, cara membuka-tutup alat ini dari samping.

Berbeda dari basket air fryerpaddle air fryer ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan magic com, sehingga cocok digunakan untuk menggoreng makanan beku atau frozen food. Sementara, oil-free turkey memiliki ukuran dan kapasitas yang paling besar. Bentuknya mirip seperti panci yang berkaki. Biasanya oil-free turkey air fryer digunakan untuk memanggang ayam dalam ukuran yang besar.

Cara Kerja Air Fryer

Air fryer bekerja dengan mengedarkan udara panas dengan kecepatan tinggi
Cara kerja air fryer / pinterest.com (hip2save)

Cara kerja air fryer pada makanan adalah mengedarkan udara panas dengan kecepatan tinggi yang bertujuan mengelilingi makanan. Udara panas dihasilkan dari kipas mekanik yang terdapat di dalam alat. Suhu panas yang tinggi tersebut membuat kandungan air dalam makanan menguap. Makanan akan matang sekaligus menghasilkan tekstur renyah.

Jenis Masakan yang Dapat Menggunakan Air Fryer

Banyak makanan yang bisa diproses dengan air fryer
Jenis makanan yang bisa menggunakan air fryer / pinterest.com (Skinny Southern Recipes)

Banyak jenis masakan yang dapat menggunakan air fryer ini. Kamu bisa menggoreng daging, frozen food, seafood, kentang, kerupuk, tahu atau tempe. Tak hanya menggoreng saja, kamu dapat menggunakan air fryer untuk membakar roti, memanggang steak dan cookies. Kamu dapat mencoba bereksperimen dengan jenis masakan lain.

Kekurangan dan Kelebihan Air Fryer

Penggunaan air fryer memiliki kekurangan juga kelebihan
Kekurangan dan kelebihan air fryer / pinterest.com (Project Meal Plan)

Air fryer memiliki kekurangan seperti harganya yang cukup mahal, tidak semua jenis masakan bisa diolah, dan kapasitasnya kecil. Selain itu, konsumsi listriknya juga terbilang cukup besar. Keterbatasan jenis makanan juga menjadi salah satu kekurangannya. Kamu hanya bisa menggoreng bahan makanan bertekstur padat dan kental. Jika kamu menggoreng dalam jumlah banyak, maka harus mengulangnya berkali-kali karena alat tidak cukup menampung untuk sekali proses saja.

Disamping kamu harus mengeluarkan biaya ekstra jika ingin memiliki air fryer, tentunya kelebihannya tetap menjadi daya tarik konsumen zaman sekarang. Gaya hidup sehat akan sangat didukung dengan penggunaan air fryer ini.

Makanan yang disajikan lebih sehat karena tidak menggunakan minyak sama sekali. Kamu juga akan hemat pengeluaran untuk membeli minyak goreng. Selain makanan lebih sehat, hasil gorengan lebih renyah, crispy dan tidak merubah rasa.

Air fryer juga bisa digunakan untuk memanggang makanan
Memanggang dengan air fryer / pinterest.com (foodlovinfamily)

Selain untuk menggoreng, air fryer juga bisa untuk memanggang dan membakar makanan sesuai bentuk wadah yang kamu miliki. Saat memasak, kamu bisa meninggalkannya sambil mengerjakan pekerjaan lain tanpa takut makanan gosong, karena waktu dan suhu memasak dapat diatur. Penggunaan air fryer dapat meminimalisir kecelakaan di dapur, jadi rasa khawatir akan lenyap saat menggunakannya.

Nah, itulah informasi seputar air fryer yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menabung mulai sekarang untuk membeli alat masak yang canggih dengan banyak kelebihan ini. Memiliki alat masak ini akan mendukung gaya hidup kamu yang lebih sehat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id