sign up SIGN UP

Hindari Mie Instan, Ini Anjuran Menu Sahur yang Sehat Saat Puasa Ramadhan

Dian Aprilia | Senin, 12 Apr 2021 12:30 WIB
Hindari Mie Instan, Ini Anjuran Menu Sahur yang Sehat Saat Puasa Ramadhan
caption

Mie instan seringkali menjadi menu andalan saat sahur. Selain cenderung praktis, mie instan juga memiliki rasa yang nikmat dan bikin nafsu makan meningkat. Meski begitu, mie instan sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur. Sebab kandungan nutrisinya rendah, bikin cepat lapar, dan bikin mudah haus saat puasa.

Oleh sebab itu, sebaiknya persiapkan menu makanan yang sehat dan nutrisi tinggi saat sahur, agar kamu bisa menjalani puasa dengan optimal dan kuat hingga waktu berbuka. Berikut beautynesia.id telah merangkum menu sahur yang sehat saat puasa ramadhan:

Pilih Menu Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks/pexels.com

Karbohidrat kompleks adalah pilihan yang bagus untuk jadi menu sahur. Pasalnya, karbohidrat kompleks bisa membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, kamu juga bisa punya banyak cadangan energi. Hal ini bisa tetap bikin kamu bertenaga dan kuat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Makanan yang tergolong karbohidrat kompleks diantaranya adalah nasi merah, nasi hitam, kentang, nasi jagung, oatmeal dan pasta gandum utuh. Kombinasikan menu karbohidrat kompleks dengan lauk pauk yang sehat dan rendah kalori agar tidak membuat berat badanmu naik.

Jangan Lupa Sumber Protein

Protein
Protein/pexels.com

Komponen makanan yang penting selanjutnya adalah protein. Usahakan untuk selalu menyediakan makanan yang kaya kandungan protein, saat sahur. Makanan berprotein tinggi memiliki peran penting untuk tubuh yakni menghasilkan energi. Jika dibandingkan dengan nutrisi lainnya seperti karbohidrat dan lemak, protein lebih efektif untuk menahan haus dan lapar selama berpuasa.

Ada banyak sekali sumber protein yang bisa kamu olah dan menjadikannya menu sahur. Seperti halnya telur, dada ayam, tuna, udang, tempe, tahu dan daging. Kamu bisa kreasi dan kombinasikan dengan berbagai bahan lainnya agar tidak membosankan.

Lengkapi dengan Serat

Serat
Serat/pexels.com

Makanan tinggi serat juga penting untuk jadi komponen menu sahur. Serat berperan untuk membuat seseorang tidak mudah lapar dan kenyang lebih tahan lama. Penuhi kebutuhan serat dengan konsumsi berbagai jenis sayur, kacang-kacangan dan buah-buahan saat sahur.

Seperti halnya apel, pir, jambu biji, alpukat, pisang, wortel, brokoli, sawi, kangkung, kacang tanah, almond, dan lainnya. Sebaiknya buah-buahan dikonsumsi sebelum makan berat agar kandungan nutrisinya bisa terserap dengan baik.

Air Putih

Minum air putih
Minum air putih/pexels.com

Jangan lupa untuk konsumsi air putih saat sahur, untuk memenuhi kebutuhan selama berpuasa. Sebaiknya konsumsi 2 gelas saat malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Dengan begitu kamu tidak akan mengalami dehidrasi dan lemas saat berpuasa. Sebaiknya hindari konsumsi teh atau kopi saat sahur, karena kedua minuman ini mengandung kafein dan meningkatkan rasa haus dan lapar. 

Kamu bisa meramu bahan makanan tersebut untuk jadi menu sahur yang enak dan juga sehat. Jika sesekali kamu ingin makan mie instan, sebaiknya lengkapi dengan kebutuhan protein, serat, air putih yang seimbang agar kamu tetap bertenaga selama menjalankan puasa. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id