sign up SIGN UP

Kaya Nutrisi, 3 Makanan Khas Jepang Ini Cocok untuk Perkuat Imunitas Tubuh

Neysa Alicia | Sabtu, 17 Jul 2021 07:30 WIB
Kaya Nutrisi, 3 Makanan Khas Jepang Ini Cocok untuk Perkuat Imunitas Tubuh
caption

Makanan khas Jepang menjadi salah satu kuliner manca negara yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kita bisa dengan mudah menemukan restoran sushi, ramen, udon, nasi katsu, dan sebagainya di mall-mall terdekat.

Namun ternyata, kuliner Jepang tidak itu-itu saja lho Beauties! Dilansir dari detikfood, ada berbagai jenis bahan makanan dan minuman Jepang lainnya yang dapat kamu olah sendiri menjadi masakan yang lezat. Selain enak, bahan-bahan ini juga bisa kamu temukan dengan mudah, dan bagus untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Penasaran? Simak selengkapnya di sini ya!

1. Matcha

Matcha / foto: freeimages.com/Phanasa Intarajinda
Matcha / foto: freeimages.com/Phanasa Intarajinda

Jepang terkenal sebagai negara yang memiliki tradisi minum teh. Salah satu jenis teh yang paling populer adalah matcha atau teh hijau. Dengan rasa khas yang ada sedikit sensasi pahit, jenis teh ini juga sering dijadikan sebagai varian rasa minuman atau makanan kekinian.

Selain banyak penggemar, matcha juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan dipercaya dapat menjadi obat alternatif untuk meredakan berbagai penyakit seperti flu, batuk, jantung, hingga mematikan sel-sel kanker. Tentu saja, matcha juga dapat meningkatkan metabolisme serta menjaga daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

2. Rumput Laut

Rumput laut / foto: freeimages.com/Amarita
Rumput laut / foto: freeimages.com/Amarita

Biasanya, makanan Jepang yang paling umum menggunakan rumput laut adalah sushi. Rumput laut yang digunakan sebagai pembungkus sushi merupakan jenis nori. Padahal, masih banyak jenis rumput laut lainnya, yang digunakan dalam berbagai masakan Jepang, seperti wakame, konbu, dan hijkri.

Rumput laut dikenal sebagai super food yang kaya akan kandungan Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, zat besi, protein, dan serat. Selain itu, rumput laut juga tinggi antioksidan sehingga dapat membersihkan racun dalam tubuh, dan dapat meningkatkan imunitas. Kamu bisa mengolah rumput laut menjadi sup yang ditambah dengan rempah-rempah, tahu, atau daging agar lebih bergizi, Beauties!

3. Nasi Zakkoku

Zakkoku Rice / foto: freeimages.com/Yasuhiroamano
Zakkoku Rice / foto: freeimages.com/Yasuhiroamano

Zakkoku rice atau nasi zakkoku merupakan jenis nasi yang dimasak bersamaan dengan berbagai jenis biji-bijian. Biasanya biji-bijian yang digunakan untuk membuat nasi ini adalah millet, barley, quinoa, oat, wijen, dan lain-lain. Dengan mencampur biji-bijian ini membuat nasi yang akan dikonsumsi jadi lebih sehat karena tinggi akan serat.

Selain itu, kombinasi biji-bijian tersebut juga dapat menurunkan kadar kolestrol, menstabilkan kadar gula darah, dan tentunya meningkatkan kekebalan tubuh. Oh iya, sekarang biji-bijian untuk membuat nasi zakkoku juga sudah banyak dijual di pasaran, sehingga kamu tidak perlu repot lagi membeli satu per satu jenisnya.

Itu dia bahan-bahan makanan dari Jepang yang tidak hanya enak, tapi juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh. Bagaimana, tertarik mencobanya Beauties?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id