sign up SIGN UP

LIFE

Kurangi Konsumsinya, Ini Jenis-jenis Makanan yang Bisa Menimbulkan Jerawat!

Marly Azwar | Senin, 12 Oct 2020 10:00 WIB
Kurangi Konsumsinya, Ini Jenis-jenis Makanan yang Bisa Menimbulkan Jerawat!
caption
Jakarta -

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang dapat terjadi pada siapapun. Akan tetapi, sudah tahu belum sebenarnya jerawat itu apa sih? Jerawat adalah kondisi yang terjadi saat produksi minyak (sebum) berlebih pada kulit, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan mengakibatkan peradangan. 

Seseorang yang memiliki tipe kulit acne prone dan berminyak lebih rentan terhadap bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Namun, timbulnya jerawat tidak hanya berdasarkan tipe kulit, gangguan hormon dan faktor genetik saja. Jenis makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari juga berpengaruh lho!

Berikut merupakan jenis-jenis makanan dan minuman yang berpotensi menimbulkan jerawat.


 

Makanan dan Minuman dengan Kandungan Gula yang Tinggi

maknan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi
makanan dan minuman manis/ unsplash.com

Tingginya kandungan gula atau glukosa pada makanan dan minuman akan merangsang hormon insulin yang ada di dalam tubuh. Naiknya hormon insulin, dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Hal ini yang akhirnya akan menimbulkan jerawat.

Makanan Cepat Saji

makanan cepat saji yang mengandung lemak dan karbohidrat yang tinggi
makanan cepat saji/ unsplash.com

Pada umumnya, makanan cepat saji (fast food) memiliki kandungan yang sebagian besar adalah lemak dan karbohidrat yang telah diproses. Akibatnya, makanan ini kurang akan mineral dan vitamin yang biasa terdapat di whole food. Kalori yang terkandung pada fast food juga tergolong tinggi, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat di kulit. 


Produk Olahan Susu

Produk-produk olahan susu, seperti keju dan mentega
produk olahan susu/ freepik.com

Mengonsumsi produk olahan susu dapat menaikkan hormon insulin dan Insulin Growth Factor-1 (IGF-1). Tingginya kadar hormon insulin dan IGF-1 di dalam darah dapat meningkatkan kadar sebum di kulit yang memicu timbulnya jerawat. Produk olahan susu itu apa saja sih? Antara lain ada keju, yoghurt, mentega, dan es krim. 

Nah, terus apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi resiko timbulnya jerawat? 

Pada dasarnya, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuh. Sehingga, kamu dapat mengatur makanan dan minuman yang biasa kamu konsumsi sehari-hari. Merubah pola hidup menjadi lebih sehat, menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar menghindari resiko timbulnya jerawat. 

Cara ini dapat kamu lakukan secara bertahap agar badan kamu mampu beradaptasi terlebih dahulu. Jika badan kamu sudah terbiasa dengan pola hidup sehat, tubuh dengan sendirinya akan memberi sinyal yang kurang baik ketika kamu mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Walaupun jenis-jenis makanan dan minuman di atas tergolong enak, jangan lupa untuk ditakar porsinya ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id