sign up SIGN UP

LIFE

Resep Rujak Manis Kudapan Segar untuk Siang Hari!

Durrotul Ainia | Jumat, 20 Nov 2020 13:00 WIB
Resep Rujak Manis Kudapan Segar untuk Siang Hari!
caption

Menyantap kudapan segar saat siang hari yang cuacanya panas memang juara banget ya Ladies? Apalagi kudapan yang memiliki rasa manis, pedas dan asam jadi satu pasti sukses bikin ngiler tuh!

Rujak manis bisa menjadi kudapan yang cocok untuk dimakan pada siang hari yang terik, perpaduan buah-buahan tropis segar dan bumbu rujak yang lezat bakal bikin kamu nggak berhenti ngunyah! Beautynesia punya nih resep rujak manis yang siap menyegarkan siang hari kamu! Berikut resepnya.

Bahan :

Ilustrasi Rujak Manis
Foto: Ilustrasi Rujak Manis/Freepik.com
  1. Buah-buahan (nanas, bengkuang, jambu air, manga muda, kedondong dan lain-lain sesuai selera)
  2. Kacang tanah goreng 250 gram
  3. Gula jawa 150 gram
  4. Air asam jawa secukupnya
  5. Bawang putih 2 siung, iris tipis lalu goreng
  6. Garam secukupnya
  7. Cabai (sesuai selera)
  8. Air Putih

Cara membuat :

Ilustrasi memasak
Foto: Ilustrasi memasak/Unsplash.com
  • Pertama masukkan garam secukupnya, cabai sesuai selera dan bawang goreng ke dalam ulekan, lalu ulek sampai halus
  • Kedua tambahkan kacang tanah goreng, lalu ulek lagi sampai teksturnya agak kasar (jangan terlalu halus agar tekstur dan rasa kacangnya masih terasa saat disantap)
  • Selanjutnya tambahkan gula jawa yang telah iris kecil-kecil atau diserut ke dalam ulekan, lalu ulek sampai seluruh bumbu tercampur
  • Tambahkan air asam jawa dan air putih, sesuaikan kekentalan dengan selera masing-masing, apabila masih terlalu kental tambahkan lagi sedikit air putih sampai mendapatkan kekentalan yang diinginkan
  • Lalu koreksi rasa, apabila kurang asin, kurang pedas, atau kurang gurih boleh ditambahkan bahan bumbu rujak manis yang sesuai untuk menyempurnakan rasanya.
  • Setelah rasa dan kekentalan bumbu dirasa sudah pas, selanjutnya siapkan irisan buah-buahan sesuai selera. Kamu bisa mengirisnya agak tipis agar mudah untuk dikonsumsi.
  • Dan rujak manis siap untuk disantap bersama.
Ilustrasi makan bersama
Foto: Ilustrasi makan bersama/Freepik.com

Nah, itulah resep rujak manis yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah, kamu bisa ajak teman dan sanak saudara rujakan bersama yang pastinya akan menyenangkan! Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan resep rujak manis sebagai ide bisnis kamu, kamu bisa kreasikan rujak manis menjadi berbagai macam inovasi rujak manis kekinian.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id