sign up SIGN UP

LIFE

Segudang Manfaat Makanan Pedas Untuk Tubuh

Fahira mahza | Minggu, 18 Oct 2020 12:00 WIB
Segudang Manfaat Makanan Pedas Untuk Tubuh
cabai/pinterest.com/health.com/manfaat cabai
Jakarta -

Makanan pedas memiliki banyak penggemar karena cita rasa dan aromanya yang kuat. Berbagai jenis makanan pedas sangat mudah ditemui di Indonesia karena banyak makanan tradisional yang menggunakan cabai sebagai bahan utama maupun pelengkap. Sebagai bahan utama masakan pedas, cabai memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa aja sih manfaat cabai ? Simak di bawah ini!

Melancarkan Pencernaan

Pencernaan lancar
Pencernaan lancar

Pandangan masyarakat tentang cabai yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan tidak 100% benar loh. Nyatanya cabai mampu mengatasi beberapa gangguan pencernaan seperti nyeri ulu hati, rasa tidak nyaman pada lambung, mual dan perut kembung. Cabai mengandung senyawa capsaicin yang akan menimbulkan sensasi pedas dan panas. Hal ini membantu meningkatkan sirkulasi darah di bagian perut serta lapisan mukus. Senyawa capsaicin tersebut juga akan mempercepat stimulasi pencernaan dalam usus. Selain itu bakteri H.pylori yang dapat menyebabkan luka di dinding lambat dapat dihambat oleh senyawa dalam cabai.


Mencegah Resiko Kanker

Virus
Virus/pinterest.com

Cabai mengandung senyawa karotenoid yang disebut capsanthin. Senyawa tersebut mampu melawan sel kanker dengan cara memperlambat pertumbuhan sel tersebut. Pada beberapa kasus senyawa ini dapat mematikan sel-sel kanker tanpa membuat sel sehat di sekitarnya rusak. Namun, tetap perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Mengurangi Berat Badan

Berat badan ideal
Berat ideal/pinterest.com

Kabar baik bagi pecinta makanan pedas yang ingin atau sedang melakukan program diet karena cabai dapat membantu mengurangi berat badan. Capsaicin dalam cabai dapat meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh. Konsumsi cabai akan meningkatkan temperatur tubuh sehingga meningkatkan pembakaran lemak yang dikeluarkan melalui keringat.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Jantung sehat
Jantung sehat/pinterest.com

Selain senyawa capsaicin, cabai mengandung berbagai mineral seperti kalium serta mengandung elektrolit yang berpotensi mengurangi resiko penyakit jantung dan atersklerosis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan cabai dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan dan penyumbatan pembuluh darah akibat kolestrol yang menjadi cikal bakal penyakit jantung.  Capsaicin juga dikenal efektif melawan inflamasi yang berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Meredakan Flu dan Hidung Tersumbat 

Flu dan hidung tersumbat
Flu/pinterest.com

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia. Pancaroba serta suhu udara yang naik turun menyebabkan kondisi badan tidak fit dan akan mudah terjangkit flu. Saat flu, hidung akan sering tersumbat karena lendir sehingga akan menyebabkan kesulitan benapas. Namun, dengan konsumsi cabai dapat membantu mengatasi flu dan hidung tersumbat. Seperti yang telah dijelaskan bahwa cabai menimbulkan sensasi pedas dan panas sehingga akan menyebabkan temperatur tubuh naik dan mudah berkeringat. Hal ini akan membuat lendir tidak lagi menyumbat hidung dan melegakan pernapasan. Keringat yang dikeluarkan tubuh mengandung racun sehingga setelah konsumsi cabai biasanya badan akan terasa lebih segar.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Mata sehat
Matasehat/pinterest.com

Kandungan dalam cabai sangat beragam. Salah satunya yaitu betakaroten, yang merupakan jenis karotenoid atau zat pigmen yang terdapat pada sayur dan buah berwarna kuning, oranye atau merah. Betakaroten sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan mata karena ketika masuk tubuh akan diubah menjadi vitamin A. 

Meningkatkan Imunitas 

Tubuh sehat
Tubuh sehat/pixabay.com

Cabai merah juga mengandung vitamin C. Keberadaan vitamin C ini dapat membantu meningkatkan imunitas dan pemulihan tubuh. Tiap orang, baik tua ataupun muda sangat membutuhkan vitamin C. Selain itu, vitamin C juga memiliki manfaat menjaga kecantikan kulit karena dapat berperan dalam pembentukan kolagen yang akan membantu penyembuhan luka, menjaga keremajaan kulit, mencegah penuaan dan mencerahkan kulit. 

Itu dia beberapa manfaat cabai yang biasa kita temui dalam berbagai makan pedas. Jadi, jangan takut untuk menikmati makanan pedas ya, tapi ingat jangan berlebihan dan secukupnya supaya manfaatnya bisa dirasakan dengan baik. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id