sign up SIGN UP

LIFE

Tips Mudah Mengolah Asparagus

diah zaenab | Rabu, 13 Jan 2016 17:00 WIB
Tips Mudah Mengolah Asparagus
caption
Asparagus adalah sayuran berwarna hijau yang kaya akan nutrisi. Potasium, zat besi, kalsium serta vitamin A, B6 dan C adalah beberapa zat yang terkandung di dalam asparagus. Sepertinya mulai sekarang kamu bisa menambahkan menu harianmu dengan sayuran yang satu ini. Rasanya pun akan lezat jika pengolahannya tepat.
Foto: https://www.laserre.ae/asparagus-a-spring-favourite/
Jika kamu ingin memasak asparagus, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti ketika mengolah sayuran yang satu ini.

Tips Mengolah Asparagus


1. Asparagus memiliki pucuk yang lunak dan semakin ke bawah batang asparagus semakin keras. Bagian batang yang keras dan berkayu atau sudah tua pada asparagus terasa tidak enak ketika sudah matang. Untuk mengetahui batang asparagus yang sudah tua yaitu bisa dengan menggunakan tangan. Caranya: pegang kedua ujung asparagus (pucuk dan ujung bawah asparagus) lalu bengkokan perlahan-lahan hingga asparagus patah. Buang bagian asparagus yang keras dan berwarna putih.
Foto: https://www.chefheidifink.com/blog/seasonal/how-to-trim-and-cut-asparagus/
Atau kamu bisa langsung memotongnya dengan mengikat asparagus terlebih dahulu lalu potong batang bagian bawah seperti ini:
Foto: https://greenlitebites.com/2011/04/quick-asparagus-soup/
2. Cuci asparagus di bawah air yang mengalir agar kotoran yang menempel di asparagus menghilang. Jika dengan cara ini dirasa masih kurang bersih, gunakanlah sebuah mangkuk berukuran besar berisi air dingin. Celupkan asparagus ke dalam air dingin tersebut sampai kotoran yang menempel hilang.
3. Ketika merebus asparagus, ikat terlebih dahulu agar setelah matang asparagus lebih mudah diangkat. Gunakan api sedang saat merebus asparagus dan jangan merebusnya dalam air yang sangat panas. Air rebusan yang sangat panas dapat merusak tekstur asparagus dan membuatnya menjadi lembek. Jangan lupa untuk memasukkan garam ke dalam air rebusan tadi. Masukkan asparagus dengan cara posisi berdiri hingga ujung batang bawahnya sampai terendam air. Masaklah kurang lebih 10 menit.
4. Setelah asparagus matang, angkat lalu segera bilas atau masukkan ke dalam air dingin agar warna asparagus tetap terlihat cerah.
5. Jika kamu ingin menumisnya, kamu bisa mengiris asparagus terlebih dahulu dengan irisan menyerong. Setelah itu panaskan minyak di dalam wajan, gunakan api sedang saja. Masukkan asparagus ke dalam wajan, lalu tumis hingga warnanya telihat hijau cerah dan beberapa bintik cokelat di permukaannya.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id