sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Hal Sederhana yang Buat Orang Nyaman Berteman Sama Kamu

Jovita | Rabu, 24 Jun 2020 08:00 WIB
5 Hal Sederhana yang Buat Orang Nyaman Berteman Sama Kamu
caption

Orang akan nyaman berteman denganmu jika kamu menerapkan 5 hal ini. Apa itu? 

1. Mampu menjadi pendengar yang baik

Mendengarkan Cerita Teman yang Sedang Sedih/ Foto: Pixabay
Mendengarkan Cerita Teman yang Sedang Sedih/ Foto: Pixabay

Hal sederhana pertama yang bisa membuat orang nyaman berteman denganmu adalah mampu menjadi pendengar yang baik. Meskipun terdengar sederhana namun tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Menjadi pendengar yang baik berarti menyimak apa yang diceritakan atau diutarakan orang lain dengan seksama dan sepenuh hati. 

Dalam pertemanan sangat dibutuhkan seorang pendengar yang baik untuk mendukung satu sama lain, terutama dalam kondisi yang sulit. Selain itu, menjadi pendengar yang baik berarti tidak menghakimi cerita orang lain, mampu memahami perasaan orang yang bercerita, dan tidak memotong cerita sebelum dipersilahkan untuk berpendapat.


2.Tidak suka bergosip dan mencela orang lain

Membicarakan Orang Lain dari Belakang/ Foto: Pixabay.com
Membicarakan Orang Lain dari Belakang/ Foto: Pixabay.com

Kebiasaan yang paling tidak disukai orang pada umumnya adalah kebiasaan membicarakan orang lain. Oleh karena itu, jika ingin membuat orang nyaman berteman denganmu, berhentilah untuk bergosip atau membicarakan orang lain. Apalagi kalau bahan gosip tersebut selalu tentang keburukan seseorang dan celaan. 

Mungkin kamu tidak sadar tapi kebiasaan bergosip akan menjadikanmu sebagai teman yang sangat menyebalkan dan mengerikan. Hal ini akan membuat pertemanan menjadi tidak sehat. Selain itu, kebiasaan tersebut juga akan membuat teman menghindar karena takut akan menjadi bahan gosipmu suatu hari nanti.

3. Tidak bersifat egosentris

Perempuan yang Bersifat Egosentris/ Foto: pixabay.com
Perempuan yang Bersifat Egosentris/ Foto: pixabay.com

Hubungan pertemanan akan terasa menjengkelkan jika orang-orang di dalamnya masih bersikap egosentris. Egosentris adalah sikap yang menjadikan diri sendiri sebagai pusat dari segala hal, baik itu pusat pembicaraan, pemikiran, hingga perbuatan. Jadi, kalau ingin membuat orang nyaman berteman denganmu, buang jauh-jauh sikap egosentris itu.

Pada dasarnya, pertemanan adalah sebuah hubungan timbal balik, bukan hubungan satu arah yang hanya berpusat pada dirimu. Kamu juga pasti tidak akan nyaman jika ada orang yang terus membicarakan tentang dirinya, bukan?

4. Tulus

Teman yang Tulis/ Foto: Pixabay.com
Teman yang Tulis/ Foto: Pixabay.com

Ketulusan adalah salah satu hal yang paling penting dalam pertemanan. Sifat ini akan membuat orang nyaman berteman denganmu bahkan akan selalu membantumu. Meskipun terlihat sederhana, tapi ketulusan bukanlah hal yang mudah untuk diciptakan, lho Beautynesian. 

Ketulusan adalah suatu sifat positif yang dibentuk dalam waktu yang lama, bukan sesuatu yang instan. Kamu tidak bisa membohongi ketulusan, karena ini bukan muncul dari perkataan atau pengakuan seseorang, tetapi terpancar dari perbuatannya. Pada dasarnya semua orang memiliki benih ketulusan, namun tergantung bagaimana kamu bisa mengembangkannya. Jadilah orang yang tulus dalam hal apapun, maka kebaikan itu akan kembali padamu.

5. Penuh toleransi

Pertemanan yang Penuh Toleransi/ Foto: Pixabay.com
Pertemanan yang Penuh Toleransi/ Foto: Pixabay.com

Tidak ada manusia yang sempurna, termasuk dalam pertemanan. Kamu perlu memahami hal ini agar orang lain senang dan nyaman berteman denganmu. Mungkin, seorang teman pernah membuat kita marah, sedih, atau kecewa, tapi maafkanlah dia. Teman hanyalah manusia biasa yang juga bisa melakukan kesalahan.

Coba bicarakan dengan baik apabila ada hal yang mengganjal karena kamu juga tidak sempurna. Kamu mungkin tahu apakah perbuatanmu pernah menyakitinya atau tidak. Pertemanan yang dilandasi dengan kepercayaan, toleransi, dan saling menghargai pasti akan menjadi hubungan yang tidak tergoyahkan.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id