sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

6 Tipe Toxic People dan Cara Menghadapinya Biar Gak Makan Hati

Dian Aprilia | Minggu, 06 Jun 2021 14:30 WIB
6 Tipe Toxic People dan Cara Menghadapinya Biar Gak Makan Hati
Toxic people/ foto: pexels.com

Sebagian besar orang pasti pernah menjumpai toxic people atau bahkan pernah menjadi toxic people, baik disengaja ataupun tidak. Toxic people adalah istilah yang sering dilekatkan pada seseorang yang beracun atau memberikan pengaruh negatif kepada lingkungannya. Entah itu dari perkataan, sikap atau perbuatan yang seringkali menyakiti orang lain.

Menghadapi toxic people memang bukan perkara mudah, sebab tak jarang bikin diri sendiri kelelahan dan stres. Berikut beautynesia.id merangkum 6 tipe toxic people dan cara sehat menghadapinya agar tidak makan hati:

Si Penguras Energi

Si penguras energi
Si penguras energi/pexels.com

Toxic people tipe ini akan membuatmu selalu merasa tegang dan kaku. Mereka sering menjatuhkan dirimu di hadapan orang lain tanpa alasan yang jelas dan logis. Si penguras energi juga susah bahagia melihat keberuntungan dan keberhasilan orang lain.

Sebaiknya batasi waktu bersama dengan si penguras energi ini, apalagi jika kamu sedang melakukan kegiatan yang penting. Sebab jika kamu terus-terusan berada di sampingnya, energimu bisa berkurang drastis dan kurang produktif.

Si Pemberi Pujian Palsu

Si pemberi pujian palsu
Si pemberi pujian palsu/pexels.com

Orang toxic juga bisa ditandai dengan sikap yang sering memberikan pujian palsu. Padahal pujian ini hanya dijadikan topeng semata untuk menutupi kecemburuannya pada kesuksesan orang lain. Ia juga memiliki empati yang rendah dan sering menempatkanmu pada posisi yang tidak nyaman.

Jika kamu menghadapi orang tipe ini sebaiknya balaslah dengan memberikan pujian yang tulus dan tidak berlebihan. Dengan begitu, mungkin mereka bisa menurunkan rasa cemburunya dan bersikap lebih baik.

Si Pesimis

Si pesimis
Si pesimis/pexels.com

Orang dengan tipe ini sering merasa rendah diri dan tidak memiliki kemampuan. Untuk itu mereka sering meminta bantuan orang lain dan seolah tak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Si pesimis juga sering mendorongmu untuk keluar dari mimpi yang hendak kamu capai. Ia ketakutan jika kamu berhasil mencapai impianmu dan menjadi sukses.

Cara menghadapinya adalah jangan bicarakan mimpi dan tujuan hidupmu kepada si pesimis. Sebab alih-alih mengapresiasi atau mendukung, mereka justru akan membuatmu minder dan kesulitan mencapai impianmu.

Si Pengkritik Ulung

Si pengkritik ulung
Si pengkritik ulung/pexels.com

Si pengkritik ulung ini sering tidak mendukung keputusan yang kamu buat. Ia seringkali mengkritik perkataan, sikap dan perbuatanmu. Orang dengan tipe ini juga mendorongmu merasa bahwa kamu tidak bisa berbuat apa-apa dengan benar.

Tips menghadapi toxic people ini ialah kamu boleh saja mendengar kritikannya, tapi jangan sampai menjadikan kritikan tersebut jadi identitasmu. Jangan langsung menerima kritikan tersebut secara mentah-mentah dan coba tanyakan pada orang yang lebih objektif dan jujur.

Si Manipulator

Si manipulator
Si manipulator/pexels.com

Selanjutnya, si manipulator selalu mencoba mengontrol semua yang terjadi. Mereka juga berpura-pura menyukaimu dan orang lain, padahal sebenarnya benci. Ia akan berusaha mati-matian untuk membuat setiap keputusan untuk dirinya dan orang lain.

Saat menghadapinya, berusahalah untuk tidak mudah dikendalikan dan menuruti seluruh keinginannya. Kamu juga perlu jadi berani untuk berkata tidak dan mengemukakan alasan yang tegas.

Si Merasa Jadi Korban

Si merasa jadi korban
Si merasa jadi korban/pexels.com

Meski terkadang terlihat begitu kasihan dan menderita, orang toxic tipe ini sangat mengganggu dan menyebalkan. Mereka selalu menyalahkan orang lain atas ketidakberuntungan yang dialaminya. Ia selalu membicarakan alasan eksternal atas kegagalan yang dialaminya.

Tips mudah menghadapi orang jenis ini adalah tidak memberikan empati yang terlalu besar dan menanyakan lebih detail mengenai ceritanya. Sebab hal itu justru akan menghabiskan waktu dan membuat mereka semakin menjadi-jadi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id