sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Gak Perlu Bingung, Ini Cara Berbaikan dengan Sahabat Setelah Bertengkar

Ade Irma Suryani | Minggu, 10 Jan 2021 20:00 WIB
Gak Perlu Bingung, Ini Cara Berbaikan dengan Sahabat Setelah Bertengkar
caption
Jakarta -

Ada kalanya, persahabatan yang dibangun dengan harmonis juga kerap memunculkan perselisihan. Perselisihan yang timbul bisa jadi disebabkan karena adanya perbedaan-perbedaan tertentu atau lain hal. Tentu saja hal semacam ini adalah wajar dalam setiap hubungan apapun, termasuk persahabatan.

Namun, ketika harus bertengkar dengan sahabat yang selalu bersama dan menemani pasti rasanya sangat tidak menyenangkan. Ingin bisa berbaikan kembali tapi bingung caranya.

Nah, berikut ini terdapat beberapa tips untuk bisa berbaikan kembali dengan sahabat setelah bertengkar. Simak yuk!

 

1. Beri Waktu Bagi Diri Sendiri dan Sahabat untuk Menenangkan Diri

Setelah bertengkar, beri waktu bagi diri sendiri dan sahabat untuk menenangkan diri.
Woman/freepik.com

Setelah bertengkar, tentunya kamu dan sahabatmu memerlukan waktu bagi diri masing-masing untuk menenangkan diri. Gunakan waktu tersebut untuk meredamkan segala emosi yang ada. Sebaiknya, jangan coba mengingat lagi hal-hal yang akan memancing amarahmu. Lupakan sejenak tentang isi pertengkaran tersebut sampai kamu benar-benar tenang.

Setelah dirimu menjadi lebih tenang, cobalah untuk berpikir lebih jernih, agar kamu dapat melihat dengan jelas inti permasalahan yang membuat kalian bertengkar, sehingga bisa menemukan solusi yang tepat. 

 

2. Telah Siap untuk Meminta Maaf

Sebelum meminta maaf pada sahabat, pastikan diri telah siap untuk meminta maaf.
Woman/freepik.com

Sebelum memulai meminta maaf, terlebih dahulu kamu harus memastikan bahwa memang telah siap untuk meminta maaf. Jangan sampai kamu meminta maaf, namun di hati masih tersimpan kekesalan dan amarah.

Hal semacam ini akan terlihat jelas oleh sahabatmu. Sahabatmu bisa saja menilai bahwa kamu masih setengah hati dalam meminta maaf, sehingga ia pun menjadi agak enggan untuk berdamai denganmu kembali. Jadi, pastikan dirimu benar-benar telah siap untuk meminta maaf dari hati yang paling dalam ya!

 

3. Mencoba Meminta Maaf Terlebih Dahulu

Cobalah untuk meminta maaf terlebih dahulu.
Woman/freepik.com

Setelah bertengkar sekian lama, kamu pun timbul keinginan agar bisa berbaikan kembali dengan sahabat. Ada keinginan untuk meminta maaf, tapi kamu tidak ingin menjadi orang pertama yang memulainya. Sementara itu, sahabatmu pun bisa jadi menunggumu terlebih dahulu untuk meminta maaf. 

Daripada saling menunggu dan mempertahankan perasaan gengsi, akan lebih baik rasanya jika kamu berusaha untuk meminta maaf terlebih dulu. Meskipun penyebab pertengkaran bukan salahmu sepenuhnya, namun tidak ada salahnya jika kamu lebih mementingkan persahabatanmu ketimbang rasa ego. 

 

4. Memberi Hadiah

Memberi hadiah kepada sahabat sebagai tanda permintaan maaf.
Friendship/freepik.com

Yup! Meminta maaf sambil memberi hadiah bisa menjadi salah satu cara termanis yang bisa kamu lakukan dalam memperbaiki hubungan persahabatan. Kamu bisa memberikan barang-barang yang sudah lama diinginkannya atau bisa membawa makanan kesukaannya. 

Tidak harus secara langsung, kamu juga bisa mengirim hadiah lewat perantara beserta kartu ucapan permintaan maaf. Selain dapat membuat perasaan sahabatmu tersentuh, hal ini juga bisa merekatkan kembali hubungan persahabatan kalian.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id