sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ingin Berbisnis Bersama Sahabat? Coba Lakukan Tips Ini, Yuk!

Penny Fatikasari | Minggu, 12 Jul 2020 21:00 WIB
Ingin Berbisnis Bersama Sahabat? Coba Lakukan Tips Ini, Yuk!
caption
Jakarta -

Dalam berbisnis tak jarang seseorang ingin bekerjasama dengan partner bisnisĀ  yang tepat, tak jarang pula banyak yang mengajak sahabatnya untuk menekuni bisnis bersama. Selain dikarenakan sudah akrab bahkan memiliki ikatan batin yang kuat serta ide-ide cemerlang didalamnya seseorang yakin untuk mengembangkan bisnis bersama para sahabatnya. Akan tetapi ada pula yang merasa kurang yakin bahkan khawatir hanya karena usaha yang akan dibangun ditakutkan tidak berjalan sesuai rencana ditambah lagi dengan adanya pemikiran yang tidak sepaham antar yang satu dan yang lainnya.

Tak hanya itu ada pula yang merasa takut karena sahabat yang di ajak untuk berbisnis nantinya tidak bisa bertindak profesioanl ketika bisnis itu berjalan. Wah, ada banyak sekali hal-hal yang bisa membuat rencana yang hendak dibangun bersama-sama justru akan berubah menjadi buruk nantinya. Eits, kamu enggak perlu berpikiran negatif dulu, jika kamu ingin berbisnis bersama sahabatmu, coba lakukan tips ini, yuk!


Satukan Visi dan Misi

Satukan visi dan misi
Satukan visi dan Misi/Unsplash.com

Dalam memulai suatu bisnis atau usaha kamu harus menyatukan visi dan misi dengan sahabatmu, hal ini bertujuan agar usahamu akan semakin lancar dan sesuai dengan apa yang kalian berdua inginkan. Tentunya kalian akan dipertemukan dengan banyak ide dan pemikiran yang berbeda, namun jika kalian berdua sudah saling yakin dan bisa menyatukan visi dan misi kalian pun enggak perlu lagi cek-cok bahkan mengubah-ubah konsep ingin digunakan.

Buat Perjanjian dengan Sahabat

Buat perjanjian dengan sahabat
Buat Perjanjian dengan Sahabat/Unsplash.com

Jangan sungkan untuk berkomunikasi dengan sahabatmu dalam memulai bisnis dan pastikan kalian membuat perjanjian didalamnya. Walaupun itu sahabatmu sendiri kalian pun harus membuat perjanjian usaha dengan profesional agar tidak ada yang dirugikan antara yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, kalian harus membuat perjanjian kerja dan usaha yang jelas, baik itu dalam pembagian kerja, bonus atau keuntungan supaya enggak adanya kesalah pahaman dan kalian pun enjoy dalam menekuni usaha yang akan dijalankan bersama-sama.

Hindari Ego Masing-masing

Hindari ego masing-masing
Hindari Ego Masing-masing/Unsplash.com

Yup! Dalam merintis sebuah usaha kerap kali ada pertukaran pemikiran didalamnya, tak hanya itu kesalahpahaman dan sering menyalahkan pun kerap terjadi. Dalam merintis usaha bersama bukan lagi memikirkan kepentingan pribadi. Jika salah satu diantara kalian goyah maka bisa saja usaha yang akan dibangun akan tidak seimbang. Selalu komunikasikan jika kalian mengalami masalah agar dicari jalan keluarnya secara bersama-sama, begitu pun jika kamu memiliki ide dan inovasi baru, jangan langsung digunakan seenak hatimu saja, alangkah lebih baik komunikasikan hal itu kepada sahabatmu agar kalian pun bisa memutuskannya secara bersama-sama pula.

Bangun Rasa Kepercayaan dan Kejujuran

Bangun rasa kepercayaan dan kejujuran
Bangun Rasa Kepercayaan dan Kejujuran/Unsplash.com

Salah satu hal yang menjadi kunci menuju kesuksesan tentunya adalah kepercayaan dan kejujuran. Karena dengan adanya dua hal tersebut kalian pun akan lancar dalam menekuni bisnis yang sedang berjalan, tentunya kalian pun akan salin semangat dan memotivasi antar satu sama lain. Maka dari itu upayakan kalian sudah memiliki kedua hal tersebut ketika ingin membangun usaha secara bersama-sama ya! Semoga bermanfaat!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id