sign up SIGN UP

Merendah untuk Meroket, Ini 5 Cara Jitu Hadapi Teman yang Suka Humble Bragging

Salsabila Rimawan | Kamis, 25 Nov 2021 23:30 WIB
Merendah untuk Meroket, Ini 5 Cara Jitu Hadapi Teman yang Suka Humble Bragging
Merendah untuk Meroket, Ini Cara Menghadapi Teman yang Suka Humble Bragging/Foto: Freepik

Beauties, apakah kamu pernah mendengar seorang teman yang sering mengeluh namun terselip kalimat seakan mereka sedang menyombongkan diri? Misalnya seperti, "tadi aku dipuji sama atasan padahal presentasinya biasa aja" atau "baju jadi banyak yang kebesaran gara-gara bisa kurus cepat.” Merendah untuk meroket, perilaku tersebut dikenal dengan istilah humble bragging.

Humble bragging adalah istilah untuk seseorang yang sebenarnya ingin menyombongkan diri dengan cara merendah. Humble bragging dapat diidentifikasi sebagai "keluhan" yang sebenarnya adalah kesombongan. Entah itu citra tubuh, uang, ketenaran, atau pengakuan.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology, menunjukkan bahwa orang memilih merendah untuk meroket sebagai upaya untuk mengesankan orang lain. Lalu bagaimana jika memiliki teman yang suka humble bragging? Yuk, simak cara menghadapinya!

Alihkan Topik

Merendah untuk Meroket, Ini Cara Menghadapi Teman yang Suka Humble Bragging
Alihkan Topik/Foto: pexels.com/Alexander Suhorucov

Mintalah untuk mengganti topik pembicaraan atau alihkan. Kamu juga bisa menunjukkan siapa dirimu kepada teman melalui topik pembicaraan.

Tunjukkan bahwa kamu bukan orang yang menilai seseorang atau mengaguminya karena uang, bentuk tubuh ataupun ketenaran. Sebaliknya, kamu dapat nyaman dan menilai seseorang dari kepribadiannya yang baik.

Berikan Empati

Merendah untuk Meroket, Ini Cara Menghadapi Teman yang Suka Humble Bragging
Empati/Foto: Pexels.com/Polina Zimmerman

Kamu bisa memahami keluhan yang temanmu ceritakan. Lalu, jika kamu mampu mengenali pemicu emosi, kamu dapat memisahkan diri dari perasaan negatif yang pasti akan muncul ketika teman sedang humble bragging. Dengan berempati dengan keluhan teman, kamu bisa melatih diri untuk lebih menghargai perjuangan yang dimiliki setiap manusia.

Berikan Solusi

Merendah untuk Meroket, Ini Cara Menghadapi Teman yang Suka Humble Bragging
Memberi Solusi/Foto: pexels.com/SHVETS production

Kamu bisa mencoba untuk memberikan solusi. Misal, ketika temanmu mengeluh ban mobilnya bocor sehingga harus naik angkutan umum yang membuatnya nggak nyaman, kamu bisa memberikan solusi dengan memberitahu bahwa ada pilihan transportasi umum lainnya yang lebih nyaman dan aman.

Atau di situasi lainnya, jika temanmu puas akan nilai mata kuliahnya yang dapat nilai A walaupun nggak belajar dengan baik, ajak dia belajar dengan giat sehingga bisa mempertahankan nilai A tersebut.

Tetap Percaya Diri

Merendah untuk Meroket, Ini Cara Menghadapi Teman yang Suka Humble Bragging
Percaya Diri/Foto: pexels.com/RODNAE Productions

Bisa jadi kamu akan merasa terintimidasi karena cara dan hal yang dibicarakan oleh teman yang sedang humble bragging. Akibatnya, kamu bisa merasa rendah diri atau berakhir dengan membandingkan dirimu dengan teman.

Percayalah bahwa kamu berharga dan ingat akan pencapaian yang telah digapai. Jangan biarkan rasa percaya dirimu hilang, ya!

Tinggalkan dan Pilih Teman yang Lain

Merendah untuk Meroket, Ini Cara Menghadapi Teman yang Suka Humble Bragging
Pilih Tmena yang Lain/ Foto: pexels.com/Liza Summer

Setiap orang membutuhkan belas kasih, tetapi tidak semua orang perlu menjadi teman. Tidak apa-apa untuk pergi dan memilih teman lainnta yang tidak suka humble bragging. Kamu nggak perlu harus bertahan dengan orang yang suka merendah untuk meroket kok.

Mengapresiasi atas pencapaian boleh-boleh saja, tetapi keluhan yang diselipkan dengan tujuan untuk menyombongkan diri bisa jadi membuat orang lain menjadi tidak respect. Selalu seimbangkan rasa percaya diri, pencapaian dan empati pada orang lain, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id