sign up SIGN UP

Merasa Jauh dengan Sahabat Karena Pandemi? Coba 3 Tips Eratkan Persahabatan Ini

Nadya Quamila | Selasa, 02 Nov 2021 11:45 WIB
Merasa Jauh dengan Sahabat Karena Pandemi? Coba 3 Tips Eratkan Persahabatan Ini
Tips mempererat hubungan dengan sahabat di tengah pandemi/ Foto: Pexels
Jakarta -

Imbauan untuk menjaga jarak selama pandemi COVID-19 seharusnya hanya berlaku secara fisik. Namun tak jarang, hubungan kita dengan sahabat juga ikutan berjarak dan merenggang.

Sebenarnya, ini adalah hal yang cukup wajar, Beauties. Mengingat di kondisi penuh ketidakpastian ini, kita atau sahabat mungkin hanya fokus mengurus dan menjalani kehidupan masing-masing. Semua orang pasti membutuhkan waktu untuk menghadapi berbagai perubahan selama hampir dua tahun ini.

Namun, jangan biarkan pandemi COVID-19 membuat hubungan kamu dengan sahabat berakhir, ya! Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mempererat kembali hubungan persahabatan. Yuk, disimak!

Tanyakan Kabar dan Aktif Mendengarkan

Telepon temanTips mempererat hubungan persahabatan di tengah pandemi/ Foto: Freepik.com/katemangostar

Segelintir orang cenderung menarik diri dari hubungan pertemanan ketika pandemi berlangsung. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti kehilangan orang terdekat, merasa terbebani menjalani keseharian, dan kesulitan berkomunikasi karena terlalu lama berdiam diri di rumah.

Jika hal ini terjadi kepada sahabat, cobalah untuk 'meraih' mereka kembali dengan menanyakan beberapa pertanyaan. Coba tanyakan kabar, aktivitas, dan perasaannya. Jadilah pendengar yang aktif, tidak menggurui, atau memotong pembicaraan. Hal kecil ini bisa menunjukkan bahwa kamu benar-benar perhatian dengan sahabat, bukan hanya sekadar kepo dengan hidupnya.

Ulurkan Bantuan

Curhat kepada teman yang mengerti dirimuIlustrasi curhat/ Foto: Freepik/Shurkin_son

Ketika mengetahui sahabat sedang dalam masalah, cobalah untuk mengulurkan bantuan terlebih dahulu. Karena bisa saja mereka merasa sungkan atau malu untuk meminta bantuan. Tidak ada salahnya melakukan inisiatif, bukan?

Terlepas dari hal di atas, kamu juga bisa mengulurkan bantuan sederhana kepada sahabat. Seperti membelikannya makanan favorit saat sedang sedih, mengirimkan kata-kata motivasi, atau mengirim meme untuk mencerahkan harinya.

Berikan Perhatian

Sahabat yang cocok berdasarkan zodiak (foto: pexels.com/julia larson)Tips mempererat hubungan persahabatan di tengah pandemi/Foto: Pexels.com/Julia Larson

Rasanya sangat menyenangkan ketika ada yang mengingat kita. Setuju, Beauties?

Hal yang sama berlaku juga dengan sahabat. Beri tahu mereka bahwa kamu sedang atau bahkan sering memikirkan mereka di sela-sela keseharian. Hal ini membuat mereka merasa diperhatikan.

Kamu bisa mengirimkan pesan singkat namun bermakna. Contohnya seperti ketika kamu sedang mendengarkan lagu atau menonton film tertentu yang mengingatkan kamu pada mereka.

Sahabat akan merasa bahwa dirinya tidak sendirian, terlebih dalam situasi pandemi COVID-19 ini. Hal ini bisa membantu menghangatkan kembali hubungan kalian yang sempat merenggang.

Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id