sign up SIGN UP

Nggak Sekadar Kompak, Punya 'Girl Squad' Ternyata Mampu Tingkatkan Hormon Bahagia! Cek Faktanya di Sini

Nisrina Salsabila | Minggu, 17 Oct 2021 18:30 WIB
Nggak Sekadar Kompak, Punya 'Girl Squad' Ternyata Mampu Tingkatkan Hormon Bahagia! Cek Faktanya di Sini
caption

Beauties, apa kamu punya girl squad atau geng perempuan? Kelompok pertemanan yang berisi kumpulan perempuan ini suka dicap cuma untuk gengsi, berteman dikala senang saja, dan banyak drama. Padahal, tak semua pernyataan itu benar, lho!

Melansir Healthline, menurut studi, perempuan lebih membutuhkan hubungan kelompok pertemanan daripada laki-laki. Pasalnya, hal itu mampu meningkatkan hormon kebahagiaan, yaitu oksitosin dan serotonin yang berguna untuk melepaskan stres.

Nah, lonjakan hormon oksitosin menstimulasi perempuan untuk berteman dan menjalin ikatan dengan teman-temannya. Mempertahankan ikatan pertemanan pun akan semakin penting seiring pertambahan usia. Kalau kamu belum percaya bahwa girl squad bisa bantu menaikkan hormon bahagia, cek informasi selengkapnya di sini yuk!

Apa Manfaat Punya Girl Suad?

girl squad
Punya girl squad ada manfaatnya/Foto: Pexels.com/Elina Fairytale

1. Punya Teman yang Selalu Ada

Meskipun kamu sadar tidak selamanya bisa terus bareng-bareng lantaran punya kesibukan masing-masing, tetapi kalian selalu meluangkan waktu untuk bersama. Bahkan, ketika kalian sudah lama tak bertemu, rasa ikatan pertemanan itu tetap tidak berubah. Saat kalian sedang senang maupun susah, sahabat yang baik akan selalu ada untuk kalian.

2. Membantumu Jadi Diri Sendiri

girl squad
Girl squad yang baik menerima kita apa adanya/Foto: Pexels.com/Mentatdgt

Kelompok pertemanan yang baik akan membantu kamu keluar menjadi diri sendiri sepenuhnya, tanpa penilaian dan tekanan apapun. Sehingga, kamu bakal merasa memiliki teman-teman yang benar-benar mengenalmu, mencintai, mendukung, juga tak segan menegurmu bila kamu kelewat batas.

Maka tak heran, banyak perempuan usia remaja dan dewasa muda menjadi lebih dekat dan percaya pada teman-teman perempuan daripada keluarganya.

3. Wadah Pemenuh Kebutuhan Sosial

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang yang diliputi kesendirian dan kesepian bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental.

Walaupun kini kamu dapat menjalin hubungan pertemanan melalui media sosial, namun mempertahankan persahabatan tatap muka di dunia nyata menjadi lebih penting demi mental yang sehat.

Nggak perlu banyak wacana, kamu bisa melakukan panggilan telepon atau video dengan para sahabat, merencanakan pergi nongkrong, makan bersama atau liburan bareng.

4. Sebagai Mood Booster

girl squad
Berkumpul bersama girl squad bikin kita bahagia/Foto: Pexels.com/Roberto Nickson

Kelompok pertemanan umumnya terbentuk dari sekumpulan orang yang memiliki satu frekuensi dan keresahan yang sama. Saat kamu lagi bad mood, tentu menghabiskan waktu bersama mereka bisa buat kamu jadi good mood.

Apakah Kita Semua Butuh Girl Squad?

Memang kembali lagi, bahwa tidak setiap perempuan membutuhkan atau menginginkan sebuah geng, serta tidak setiap persahabatan itu sama. Bagi sebagian perempuan, beberapa teman dekat saja sudah lebih dari cukup.

Namun, bagi kubu lainnya mereka akan sangat senang bila memiliki geng perempuan yang selalu sedia untuk diajak curhat, berlibur, dan merencanakan sesuatu.

Tips Membina Hubungan Pertemanan

girl squad
Dalam berteman, jadilah proaktif/Foto: Pexels.com/Sam Lion

Bagaimana jika kamu belum merasa puas dengan jumlah atau kualitas pertemanan dalam hidupmu saat ini?

Tips pertemanan yang bisa kamu tempuh adalah jadilah proaktif dan jadikan itu prioritas. Misalnya, saat kamu memiliki kenalan yang ingin kamu jadikan teman baik, lakukanlah pendekatan dengan mengajak dia makan siang bersama atau sekadar minum kopi.

Kemudian, tempatkan dirimu dalam situasi di mana kamu akan berinteraksi dengan orang-orang. Sarannya, carilah jaringan pertemanan baru dengan mengikuti skill class, acara kegiatan sosial atau bergabung ke suatu klub atau komunitas.

Untuk kasus sahabat lama, jangan biarkan perbedaan kecil menghalangimu untuk tetap menjalin hubungan baik dengan mereka. Kamu perlu berusaha untuk bersabar dan berempati dengan kondisi terkini dari teman-teman lamamu. Intinya, cobalah untuk tetap mendukung dan selalu ada.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id