sign up SIGN UP

Saat Teman Curhat, 4 Hal Terkesan Sepele Ini Jangan Sampai Dilakukan! Buktikan Kamu Bukan Pendengar yang Baik

Ruhil Anadiah Sabrina | Selasa, 16 Nov 2021 22:30 WIB
Saat Teman Curhat, 4 Hal Terkesan Sepele Ini Jangan Sampai Dilakukan! Buktikan Kamu Bukan Pendengar yang Baik
Saat Teman Curhat, 4 Hal yang Terkesan Sepele Ini Jangan Sampai Kamu Lakukan/Foto: Pexels.com/Alexander Suhorucov

Setiap orang punya cara sendiri-sendiri dalam menyelesaikan suatu masalah. Ada tipe orang yang sukanya memendam, ada yang mengumbarnya di media sosial, dan apa pula yang curhat atau cerita pada teman.

Nah ngomongin tentang curhat, ada beberapa alasan kenapa kamu dipilih jadi teman curhat, salah satunya karena kepercayaan. Percaya kamu bisa menyimpan rahasianya, percaya kamu bisa kasih solusi, dan sebagainya.

Maka supaya teman tetap nyaman saat bercerita, hindari melakukan empat hal ini saat dirinya sedang curhat. Simak selengkapnya di sini yuk!

1. Terlalu Sering Memainkan Ponsel

Terlalu Sering Memainkan Ponsel
Terlalu Sering Memainkan Ponsel/pexels.com/@cottonbro

Hal pertama yang harus dihindari yaitu, sering memainkan ponsel. Hayo siapa nih kalau teman sedang curhat malah asyik main ponsel sendiri, scroll media sosial, dan terlalu sering buka tutup telepon.

Waduh kebiasaan satu ini harus dihindari deh, kalau teman sedang curhat hargailah dia, dengarkan dengan seksama, dan jika ia minta saran kasih solusi terbaik. Dengan demikian ia curhat pun jadi nyaman, dan nggak merasa diabaikan olehmu. 

2. Memotong Pembicaraan

Memotong Pembicaraan
Memotong Pembicaraan/pexels.com/@alexander suhorucov

Kebiasaan selanjutnya ini juga harus dihindari, ya benar sekali memotong pembicaraan. Saat teman fokus curhat, kamu potong pembicaraannya, menyela dengan pembahasan baru padahal curhatannya belum selesai. Apalagi kebiasaan langsung men-judge atau berprasangka buruk duluan.

Tahu nggak tindakanmu itu sangatlah tidak sopan, hal ini menunjukkan bahwa kamu nggak bisa menghargai lawan bicara. So, biarkan dia menyelesaikan ceritanya dulu, baru deh kamu yang berbicara. 

3. Kebiasaan Adu Nasib

Kebiasaan Adu Nasib
Kebiasaan Adu Nasib/pexels.com/@alexander suhorucov

Poin ketiga yaitu kebiasaan adu nasib atau masalah. Waduh kebiasaan adu nasib seperti "masih mending itu, lah aku..", "masalahmu itu nggak ada apa-apanya dibanding dengan masalah yang aku hadapi..", dan sebagainya. Ingat setiap orang itu punya batasan atau kemampuannya sendiri-sendiri dalam menghadapi suatu masalah.

Apa yang kamu kira itu sepele, bisa jadi itu masalah yang besar baginya. Kamu kira itu mudah diselesaikan, ternyata nggak semudah saat dijalani. Maka hilangkan kebiasaan satu ini, karena hanya akan membuat temanmu tambah sedih. Ia curhat supaya ada yang mendengarkan, eh malah adu masalah. 

4. Mudah Berprasangkan Buruk

Mudah Berprasangkan Buruk
Mudah Berprasangkan Buruk/pexels.com/@budgeron bach

Teman belum selesai curhat, eh kamu sudah menjustifikasi dengan cepat. Langsung berkomentar yang enggak-enggak, hingga memberi penilaian yang buruk. Ya memang sih orang curhat pasti mengharapkan sudut pandang yang baru dan ingin tahu saran yang kamu beri.

Namun bukan berarti kamu dengan mudah menjustifikasi hanya dari satu sudut pandang saja. Cobalah lebih berempati dengan berpikir sebelum berkomentar. 

Beauties itulah empat hal yang nggak boleh kamu lakukan saat teman sedang curhat. Meski terkesan sepele, kalau ada orang yang curhat ke kamu tolong dengerin ya. Siapa tahu kamu adalah satu-satunya sosok yang ia percayai. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id