sign up SIGN UP

5 Kiat Mudah Menjaga Kesehatan Mental di Tengah PPKM Darurat

Friska NR | Selasa, 13 Jul 2021 18:15 WIB
5 Kiat Mudah Menjaga Kesehatan Mental di Tengah PPKM Darurat
caption

Menghabiskan waktu di rumah saja selama PPKM Darurat dapat menyebabkan munculnya rasa jenuh, cemas hingga stres. Ditambah dengan beban pekerjaan dan paparan berita-berita negatif yang selalu muncul, kesehatan mental pun bisa terdampak hingga mengakibatkan imunitas tubuh menurun.

Nah agar terhindar dari cemas dan stres berlebih saat PPKM Darurat, ini 5 kiat yang bisa kamu lakukan untuk bantu menjaga kesehatan mental!

1. Lakukan Kegiatan Positif

menanam indoor
Menanam tanaman untuk jaga kesehatan mental/Foto: freepik.com/Renivpetro

Menghabiskan waktu di rumah saja lama kelamaan bisa menimbulkan perasaan jenuh dan stres. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan meluangkan waktu pada kegiatan-kegiatan yang positif di sela kesibukan.

Kamu bisa melakukan hal-hal yang disukai seperti menjalani hobi, menonton film komedi, atau melakukan video call dengan sahabat, hingga mencoba hal baru yang selama ini ingin dilakukan. 

2. Jaga Asupan Makan Tetap Sehat

makanan sehat
Makanan sehat dapat mempengaruhi kesehatan mental/Foto: Freepik/Valeria Aksakova

Menjaga asupan makan tetap sehat tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, namun juga mempengaruhi kesehatan mental, Beauties. Seperti dikutip dari Healthline, beberapa studi menunjukkan bahwa jenis makanan yang kita konsumsi ternyata dapat mempengaruhi kondisi mood. 

Pilihan makanan yang kaya nutrisi dan tinggi serat, seperti buah dan sayur dapat membuat sistem pencernaan lebih sehat, yang mana dapat berpengaruh pada peningkatan mood. Sebaliknya, makanan tidak sehat seperti processed food dapat memberikan efek negatif pada fungsi otak dan kesehatan mental dengan meningkatkan resiko depresi serta stres.

3. Rutin Berolahraga

workout
Olahraga dapat bantu menjaga kesehatan mental/Foto: freepik/Interstid

Tidak boleh terlewat, olahraga juga bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental sekaligus. Dalam penelitian yang diterbitkan Jurnal JAMA Psychiatry pada tahun 2018, jenis olahraga resistance training ternyata terbukti dapat menurunkan gejala-gejala depresi secara signifikan pada orang dewasa. 

Selain itu, olahraga dengan intensitas yang lebih ringan seperti yoga, berjalan kaki dan bersepeda juga dapat meningkatkan sirkulasi darah menuju otak dan menjadikan tubuh lebih rileks.

4. Tetap Terhubung dengan Dunia Luar

video call dengan teman
Tetap terhubung dengan teman meski di rumah saja selama PPKM Darurat/Foto: Freepik/Tirachardz

Perkembangan teknologi membuat kita bisa tetap terhubung dengan teman dan keluarga meskipun tidak bisa bertemu secara langsung. Dengan memanfaatkan fitur seperti video call, kamu bisa tetap berinteraksi dengan banyak orang secara virtual, untuk menghindari jenuh dan kesepian yang dapat menghantui selama masa PPKM.

5. Memilah Berita Negatif

membaca berita
Menghindari berita negatif untuk menjaga kesehatan mental/Foto: Freepik/Tirachardz

Mengikuti berita dan perkembangan informasi memang perlu. Namun untuk sementara waktu, kamu sebaiknya membatasi diri sejenak dari berita-berita negatif di media, terlebih jika datang dari sumber yang tidak jelas, Beauties. Sebab, membaca berita buruk secara terus menerus dapat meningkatkan resiko kecemasan dan stres.

Itulah 5 kiat menjaga kesehatan mental yang bisa kamu ikuti selama PPKM Darurat di rumah. Dengan menjaga kondisi mental, imunitas tubuh pun dapat ikut terjaga sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Stay safe, stay healthy, Beauties!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id