sign up SIGN UP

LIFE

5 Manfaat Konsumsi Rebusan Air Pandan untuk Kesehatan

Esra Dopita | Rabu, 09 Sep 2020 08:00 WIB
5 Manfaat Konsumsi Rebusan Air Pandan untuk Kesehatan
caption

Daun pandan tidak hanya bermanfaat sebagai penambah cita rasa makanan, tapi juga berbagai kesehatan lantaran mengandung senyawa polifenol, flavonoid, saponin, dan alkaloid. Senyawa ini berkhasiat mengatasi berbagai macam penyakit. Nah, berikut ini manfaat daun pandan untuk kesehatan yang jarang diketahui orang.

Tingkatkan Nafsu Makan

Air rebusan daun pandan mampu mengembalikan dan meningkatkan nafsu makan, ditambah lagi aroma daun pandan yang lezat bisa menggugah selera makan.
Rebusan air pandan/Foto: https://food.detik.com/

Masalah nafsu dapat dialami segala usia dan terjadi kapan pun, terlebih ketika tubuh kurang fit. Air rebusan daun pandan mampu mengembalikan dan meningkatkan nafsu makan, ditambah lagi aroma daun pandan yang lezat bisa menggugah selera makan.

Caranya mudah, ambil beberapa lembar daun pandan dan tiga gelas air, lalu rebus hingga matang dan menghasilkan segelas air pandan. Konsumi segelas air pandan sehari sekali pada pagi atau malam hari. 

Menurunkan Kadar Gula Darah

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Magazine mengungkapkan ekstrak daun pandan dapat mengurangi gula darah postprandial dan mendorong produksi insulin di sel-sel pankreas.
Daun pandan/ Foto: https://oto.detik.com/

Penelitian yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Magazine mengungkapkan ekstrak daun pandan dapat mengurangi gula darah postprandial, yakni pemeriksaan gula darah tanpa puasa terlebih dahulu. Selain itu, ekstrak daun pandan dapat mendorong produksi insulin di sel-sel pankreas. Daun pandan juga bisa digunakan sebagai pengganti gula atau pemanis bagi penyintas diabetes. 

Menurunkan Hipertensi

Rebusan daun pandan dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Daun pandan/ Foto: https://food.detik.com/

Gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi meliputi sakit kepala atau pusing, kelelahan, dan tubuh pegal-pegal. Rebusan daun pandan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Minum rebusan air pandan dua kali sehari guna menormalkan tekanan darah tinggi. 

Anti Kanker

Mengonsumsi rebusan daun pandan atau teh pandan dua kali sehari dapat menangkal racun serta menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
Rebusan daun pandan/ Foto: https://food.detik.com/

Berdasarkan sebuah penelitian, ekstrak daun pandan memiliki senyawa antimiotik, sitotoksik, antiproliferatif, juga apoptosis. Senyawa ini dapat digunakan dalam terapi kanker. Mengonsumsi rebusan daun pandan atau teh pandan dua kali sehari dapat menangkal racun serta menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang baru.

Mengatasi Insomnia

Kandungan alkaloid dalam daun pandan diyakini dapat memberikan rasa rileks pada tubuh sehingga tidur lebih cepat dan mengatasi insomnia.
https://food.detik.com/

Insomnia menjadi permasalahan tidur yang banyak dialami orang, khususnya para pekerja. Salah satu cara mengatasinya minum rebusan daun pandan. Kandungan alkaloid dalam daun pandan diyakini dapat memberikan rasa rileks pada tubuh sehingga tidur lebih cepat. Konsumsi rebusan air pandan sebelum tidur. Kamu bisa menambahkan madu agar terasa manis serta membuat tidur semakin mudah. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id