sign up SIGN UP

LIFE

5 Manfaat yang Akan Kamu Dapat Jika Rutin Minum Susu

Henny Alifah | Rabu, 14 Oct 2020 23:00 WIB
5 Manfaat yang Akan Kamu Dapat Jika Rutin Minum Susu
caption

Kita semua diperkenalkan dengan makanan empat sehat lima sempurna sejak kecil. Apa yang dimaksud dengan 'lima sempurna' itu tak lain dan tak bukan adalah susu, minuman yang akan menyempurnakan asupan nutrisi tubuh. Selama ribuan tahun, susu memang dinikmati orang-orang dari berbagai penjuru dunia sebagai minuman kaya nutrisi.

Namun, konsumsi susu telah menjadi topik perdebatan yang hangat di dunia nutrisi. Jadi, kamu mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat minum susu? Apakah susu benar menyehatkan? Atau justru berbahaya? Jawabannya, tergantung.

Nah, simak dulu 5 manfaat susu, sebagaimana yang dilansir dari Healthline berikut ini.


1. Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh 

salah satu manfaat minum susu yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh
Manfaat Minum Susu/ Foto: Pexels.com/Tophee Marquez

Kandungan nutrisi dalam susu hewani sangat mengesankan. Saking lengkapnya, susu dapat dikatakan sebagai makanan utuh karena dalam segelas susu mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk di antaranya adalah potasium, B12, kalsium, vitamin D, protein, dan asam lemak yang baik. Bagaimanapun, susu hewani memang dirancang untuk memberi makan hewan yang baru lahir.

Namun, kandungan nutrisi susu sangat bergantung pada makanan dan perawatan sapi asalnya. Sapi yang diberi makan rumput akan menghasilkan susu yang mengandung asam lemak omega-3 dan linoleat terkonjugasi dalam jumlah yang jauh lebih tinggi, bersama dengan vitamin E, dan beta-karoten yang membantu memerangi peradangan.

2. Mencukupi kebutuhan protein

salah satu manfaat minum susu yaitu mencukupi kebutuhan protein bagi tubuh
Manfaat Minum Susu/ Foto: Pexels.com/Burst

Lebih lanjut tentang protein, protein dalam susu dikenal luas dapat membantu atlet dalam pemulihan otot. Susu adalah sumber protein berkualitas yang mengandung kesembilan asam amino esensial. Itulah mengapa di antara manfaat minum susu adalah membantu mengurangi kehilangan otot terkait usia dan meningkatkan perbaikan otot setelah berolahraga.

3. Baik untuk kesehatan tulang

salah satu manfaat minum susu yaitu menjaga kesehatan tulang, seperti mencegah osteoporosis dan mengurangi risiko patah tulang
Manfaat Minum Susu/ Foto: Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Sudah sejak lama susu dikaitkan dengan tulang yang sehat. Itu karena kombinasi nutrisinya yang kuat, seperti kalsium, kalsium, vitamin D, fosfor dan magnesium dapat menjaga kesehatan tulang. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi susu dan produk susu dapat mencegah osteoporosis dan mengurangi risiko patah tulang.

4. Mencegah kelebihan berat badan

salah satu manfaat minum susu yaitu mencegah kelebihan berat badan
Manfaat Minum Susu/ Foto: Pexels.com/Alexas Fotos

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat minum susu yaitu dapat membantu melawan obesitas. Namun, jangan terburu-buru menyerbu semua susu di rak toko grosir, karena manfaat ini tampaknya hanya berlaku untuk susu murni. Kemungkinan itu karena susu murni lebih banyak mengandung kalsium dan asam linoleat terkonjugasi sehingga meningkatkan penurunan berat badan.

5. Bahan makanan serbaguna

salah satu manfaat susu yaitu bisa jadi bahan makanan serbaguna
Manfaat Minum Susu/ Foto: Pexels.com/Ketut Subiyanto

Susu merupakan bahan serbaguna yang dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam makanan. Selain diminum, susu juga dapat ditambahkan ke dalam smoothie, oatmeal, kopi, hingga sup. Buat yang bukan penggemar susu, ada produk susu lain yang memiliki nutrisi serupa. Misalnya, yogurt tanpa pemanis mengandung jumlah protein, kalsium, dan fosfor yang sama dengan susu.

Kemungkinan efek negatif dari minum susu setiap hari

Nah, meskipun sebagian banyak orang memperoleh kelima manfaat susu ini, sebagian yang lain tidak dapat mencernanya atau memilih untuk tidak mengkonsumsinya. Banyak orang tidak dapat mentolerir susu karena mereka tidak dapat mencerna laktosa, gula yang terdapat dalam susu dan produk susu.

Ini kemudian membawa kita ke berbagai macam alternatif susu nondairy atau susu nabati seperti susu kedelai, susu almond, susu mete, susu beras, susu oat (gandum), hingga susu kelapa.

Pada akhirnya, siapapun bebas memilih cara untuk memenuhi nutrisi tubuh. Bagi yang toleran terhadap susu, manfaat susu dan produk olahan susu terbukti menyehatkan. Bagi yang tidak toleran terhadap susu atau yang tidak minum susu karena alasan pribadi, ada alternatif pengganti yaitu susu nabati.

Jika memilih susu nabati, perlu diingat bahwa banyak dari produk ini mengandung bahan tambahan seperti pemanis, perasa buatan, pengawet, dan pengental. Jika memungkinkan, pilih produk yang tanpa pemanis untuk membatasi jumlah gula dalam makanan.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id