sign up SIGN UP

LIFE

5 Penyebab Perut Buncit Tidak Hilang Meski Sedang Diet

utty tuti | Kamis, 15 Oct 2020 08:00 WIB
5 Penyebab Perut Buncit Tidak Hilang Meski Sedang Diet
caption

Perut buncit tak kunjung hilang pasti bikin kesal ya? Apalagi untuk kamu yang sedang menjalani program diet dengan mengurangi porsi makan. Tak heran banyak dari kamu yang masih mencari bagaimana cara menghilangkan masalah satu ini.

Dilansir dari Health.detik, perut buncit terjadi karena adanya penumpukan lemak di area perut atau disebut kondisi obesitas sentral. Tapi sebenarnya apa sih penyebab perut buncit? Apakah diet tidak bisa menghilangkan perut buncit? Simak di bawah ini ya!

1. Kurang Olahraga

rajin olahraga agar perut tidak buncit
Olahraga/Freepik.com

Ladies, coba perhatikan lagi apakah selama ini kamu kurang olahraga? Ya, perut buncit bisa disebabkan karena kurangnya aktivitas olahraga. Karena dengan rutin olahraga, membantu tubuh untuk mempercepat metabolisme dan membakar kalori secara maksimal.


Sehingga jika kamu sudah diet namun masih kurang berolahraga, maka lemak akan dengan mudah tertimbun di beberapa bagian tubuh salah-satunya perut. Tuh, coba olahraga yang rajin ya!

2. Stress

Menyimpan amarah pada mantanMenyimpan amarah pada mantan/ Foto: Unsplash

Diet tapi bikin stress? Duh, bisa jadi ini masalah perut buncit kamu. Stres yang dialami bisa membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang berdampak pada metabolisme. Jumlah kartisol yang terlalu banyak berkaitan dengan menimbun lemak di perut.

Selain itu, stres juga memicu naiknya nafsu makan terutama untuk makanan tinggi kalori dan manis. Nafsu makan yang tidak terkendali dapat menyebabkan penimbunan lemak di area perut.

3. Kurang Tidur

kurang tidur bisa menyebabkan perut buncit
Susah Tidur/Freepik.com

Kurang tidur dipercaya bisa memiliki risiko mengalami penimbunan lemak di perut. Hal ini juga diungkapkan oleh Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa ada kaitan antara penambahan berat badan dengan durasi tidur.

Hal ini bukan tak beralasan, karena kurang tidur akan membuat perilaku makan yang tidak sehat. Cobalah untuk tidur dengan cukup seperti yang dianjurkan 7-8 jam per hari.

4. Postur Tubuh

Siapa yang sering kali membungkuk? Hal ini bisa menyebabkan postur tubuh yang buruk. Lalu, apa hubungannya dengan perut buncit?

Perut buncit juga dapat dipengaruhi oleh postur tubuh buruk. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan peregangan tulang dan sendiri sesering mungkin.

5. Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol

cara mencegah keguguran saat hamil muda, hindari rokok dan alkoholcara mencegah keguguran saat hamil muda, hindari rokok dan alkohol/ Foto:Freepik.com

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa perokok memiliki lebih banyak lemak di perut dibandingkan mereka yang tidak merokok.  Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan menyebabkan perut jadi buncit.

Alkohol bisa mempengaruhi aktivitas neuron otak yang dapat menimbulkan rasa lapar. Selain membuat perut buncit, mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti liver dan peradangan. Jadi, hati-hati ya Ladies!

Nah, itu dia kelima penyebab perut buncit meskipun kamu sedang diet. Mulai sekarang, hilangkan kebiasaan di atas ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id