sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Meratakan Gelambir di Punggung Agar Kencang Kembali

Dian Aprilia | Kamis, 10 Jun 2021 09:30 WIB
5 Tips Meratakan Gelambir di Punggung Agar Kencang Kembali
Punggung/ foto: freepik.com

Gelambir atau daging yang bergelambir di bagian punggung memang sering bikin wanita tidak percaya diri. Utamanya saat memakai pakaian yang ketat, pakai baju renang, atau baju dengan bagian punggung yang terbuka. Selain tidak indah dipandang, bagian gelambir di punggung juga bikin gerak jadi terbatas dan tidak fleksibel.

Namun, kamu tak perlu khawatir sebab gelambir di bagian punggung bisa dihilangkan dengan berolahraga. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips meratakan gelambir di punggung agar kencang dan rata kembali:

Elbow Plank

Elbow plank
Elbow plank/pexels.com

Olahraga yang ampuh untuk meratakan gelambir di punggung adalah elbow plank. Elbow plank adalah gerakan plank yang memposisikan tubuh tetap datar, tidak melengkung ke atas atau bawah. Sehingga berat badan bertumpu pada lengan bagian bawah. Posisi ini membuat bagian punggung lurus dan terasa kencang. Kamu bisa melakukannya selama 30-60 detik dan mengulangi hingga 3 kali.

Latihan Kardio Interval

Lompat tali
Lompat tali/pexels.com

Olahraga selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah kardio interval. Olahraga ini sangat penting untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh, termasuk di bagian punggung. Kamu bisa melakukan olahraga ini dengan berlari, lompat jacks, bersepeda, dan juga lompat tali. Usahakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar meminimalisir cedera otot.

Cobra Stretch

Cobra stretch
Cobra stretch/pexels.com

Pernahkah kamu mencoba pose cobra stretch? Cobra stretch biasanya ditemukan dalam gerakan yoga. Gerakan ini memang mirip dengan lekukan ular Cobra saat dalam posisi waspada. Cobra stretch sangat mudah dilakukan membuat punggung terasa lebih nyaman. Gerakan ini bisa mengencangkan tubuh bagian atas seperti bisep, trisep, deltoideus, perut dan punggung.

Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat

Pakaian ketat
Pakaian ketat/pexels.com

Selain berolahraga, kamu juga perlu menghindari pakaian yang menekan di bagian pinggang dan punggung. Misalnya ikat pinggang ketat, BH ketat, jeans ketat, tanktop terlalu ketat dan lainnya. Sebab atasan yang terlalu ketat bisa membuat bagian lemak atau daging di punggung menonjol keluar. Pilihlah atasan yang longgar dan nyaman sehingga tidak membuat punggung tertekan kuat. 

Biasakan Pola Makan Sehat

Pola makan sehat
Pola makan sehat/pexels.com

Terakhir, imbangi 4 upaya di atas dengan pola makan yang sehat. Kurangi asupan kalori harian yang masuk ke tubuh. Kamu bisa mengurangi 500 kalori dari keseluruhan kalori harian. Selain itu, konsumsi makanan yang sehat dan gizi seimbang. Sehingga bisa mencukupi kebutuhanmu dan tidak menyiksa tubuh. Hal yang tak kalah pentingnya adalah konsumsi buah-buahan dan sayuran. Selain mengenyangkan, buah dan sayur cenderung rendah kalori dan mencegahmu makan terlalu banyak.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat gelambir di punggung rata dan kencang kembali. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id