sign up SIGN UP

Kesepian di Masa Pandemi? 5 Hal Ini Bisa Bantu Kamu Usir Rasa Bosan

Agesti | Minggu, 17 Jan 2021 21:30 WIB
Kesepian di Masa Pandemi? 5 Hal Ini Bisa Bantu Kamu Usir Rasa Bosan
caption

Akibat pandemi, masyarakat diminta untuk mengurangi intensitas berpergian dan bertemu orang lain. Yang lebih menyedihkan, pandemi yang tak kunjung usai menyebabkan dampak isolasi yang lebih nyata, misalnya terpisah dari keluarga dan sahabat yang membuat banyak orang rentan alami kesepian. 

Jika kamu adalah salah satu orang yang mulai merasa kesepian karena tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa selama pandemi, yuk, simak artikel ini! Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar rasa kesepianmu tidak semakin memburuk seperti dilansir dari Huffpost. Apa saja itu?

1. Temu Kangen Secara Virtual

Ilustrasi zoom meeting
Kamu tetap bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang kamu cintai via berbagai aplikasi. Sumber: Unsplash/Chris Montgomery

Berkat teknologi, sekarang jarak tidak lagi bisa memisahkan. Kamu tetap bisa berhubungan dengan orang yang dicinta seperti keluarga atau sahabat dekat melalui video call, telepon, chat hingga aplikasi meeting online. Pertemuan virtual merupakan alternatif sederhana tetapi efektif dan aman untuk dilakukan saat ini.

2. Terapkan Rutinitas Pagi

Ilustrasi Yoga
Kamu bisa membuat rutinitas pagi yang positif. Sumber: Unsplash/@Avrielle Suleiman

Agar pagiharimu lebih bersemangat, tak ada salahnya jika kamu memulai hari dengan menambah satu rutinitas menyenangkan misalnya berjemur, minum segelas kopi atau teh hangat hingga berolahraga. Tetapkan kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan setiap pagi sebagai rutinitas agar kamu tak bosan di rum

3. Menghabiskan Waktu dengan Hewan Peliharaan

Ilustrasi bermain dengan kucing
Kamu bisa menghabiskan waktu dengan bermain dengan kucing kesayangan. Sumber: Unsplash/Velizar Ivanov

Bermain dengan hewan peliharaan bisa mengurangi rasa kesepian, lho! Kamu bisa mengajak kucingmu bermain atau mengajak anjingmu jalan jalan di sekitar rumah. Eits! Tetap terapkan protokol kesehatan ketat ya saat hendak keluar rumah meski hanya sekadar jalan-jalan. Atau kamu bisa mengoleksi berbagai ikan hias dan menata aquarium yang cantik di rumahmu. 

4. Memulai Hobi Baru

Ilustrasi menanam.
Kamu bisa memulai hobi baru, misalnya bercocok tanam di rumah. Sumber: Unsplash/@PriscillaDuPreez

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di dalam rumah seperti memasak, belajar bahasa atau melakukan berbagai hal yang kamu suka lainnya. Mulailah untuk menemukan satu hobi baru yang bisa kamu kerjakan dari rumah.

Kegiatan baru juga bisa menghubungkan kita dengan orang lain yang memiliki hobi yang sama. Selain itu, hobi baru bisa mengontrol kesehatan mental kita.


5. Ciptakan Tradisi Sendiri

Ilustrasi dekorasi kamar.
Kamu bisa mendekorasi ulang rumahmu. Sumber: Unsplash/@neonbrand

Jika kamu bosan menghabiskan waktu di rumah, tidak ada salahnya jika kamu mulai menciptakan tradisi sendiri. Misalnya di saat weekend, siapkan daftar marathon film yang bisa kamu nikmati dan semangkuk popcorn. Jika sudah mendekati hari ulang tahunmu tetapi tahun ini tidak bisa membuat perayaan langsung bersama orang terkasih, maka buat dekorasi pesta sederhanamu sendiri dan siapkan makanan khusus untukmu. 

Itu dia beberapa hal yang bisa kita lakukan ketika menghadapi kesepian selama masa pandemi. Semoga pandemi COVID-19 ini bisa segera berakhir ya, Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id