sign up SIGN UP

LIFE

Apakah Benar Makan Malam Bisa Bikin Gendut?

Izzul Millati Umami | Selasa, 27 Apr 2021 20:00 WIB
Apakah Benar Makan Malam Bisa Bikin Gendut?
caption

Sering merasa berat badan bertambah dengan cepat hanya dengan makan malam? Sebenarnya benar nggak sih mitos yang mengatakan kalau makan malam bisa bikin berat badan tambah gemuk? Apakah hal tersebut cuma sekedar cuap cuap belaka? Well, beberapa hal berikut ini jadi bukti kenapa makan malam bisa bikin tubuh jadi gemuk, loh. 

Semua Itu Tergantung Aktivitas Setelah Makan

aktivitas setelah makan
aktivitas setelah makan/sumber:pexels.com

Banyak banget tips diet yang menyarankan untuk tidak makan menjelang malam hari. Well, faktanya, sebenarnya kamu bebas makan di jam berapapun. Mau kamu makan di malam hari, siang maupun sore, terserah kamu makan kapan aja!

Beberapa coach diet melarang makan malam karena menimbang aktivitas rata-rata manusia di jam tersebut. Umumnya, sebagian besar manusia akan tidur di jam 9. Nah, andaikan Ladies makan di jam 8 malam dan kemudian tidur di jam 9, maka pencernaan Ladies akan terhambat saat berbaring.

Sebaiknya, kalau tak ingin gemuk, Ladies bisa tidur 3-5 jam setelah makan. Bila kebiasaan tidur Ladies ada di jam 10 malam, sebaiknya Ladies terakhir makan jam 4 atau 5 sore. 

Rajin berolahraga setelah makan tidak akan bikin gemuk

olahraga di malam hari
olahraga di malam hari/sumber:pexels.com

Nah, beda ceritanya kalau Ladies malas berolahraga setelah makan, maka kemungkinan berat badan akan semakin cepat bertambah. Sebaliknya, bila Ladies rajin berolahraga setelah makan, maka pembakaran lemak yang terjadi dalam tubuh akan memperkecil berat badan Ladies. 

So, sebenarnya tidak mengapa makan malam, asal imbangi dengan olahraga rutin. Kegemukan yang selama ini terjadi, diakibatkan oleh proses pembakaran lemak yang tak maksimal di malam hari karena orang cenderung suka berbaring setelah makan. 

Terjaga di malam hari bisa menurunkan berat badan

Faktanya, “terjaga” di malam hari memerlukan energi. Kamu boleh saja makan malam supaya tidak lapar saat mengerjakan tugas kantor di malam hari, namun selalu ukur jumlah kalorinya.

Kegemukan yang biasanya terjadi pada orang yang doyan begadang, dipengaruhi oleh aktivitas nyemil berlebihan saat mengerjakan tugas. Kalau kamu pintar mengontrol nafsu makan dengan baik, maka begadang dan makan sedikit porsi nggak akan bikin kamu gemuk, kok.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id