sign up SIGN UP

LIFE

Biar Nafas Tetap Segar, Intip 5 Tips Merawat Kesehatan Mulut Selama Ramadan

Lifia Mawaddah Putri | Senin, 26 Apr 2021 08:30 WIB
Biar Nafas Tetap Segar, Intip 5 Tips Merawat Kesehatan Mulut Selama Ramadan
caption

Masalah yang sering dialami saat menjalani ibadah puasa adalah bau nafas yang tak sedap. Hal ini disebabkan karena berkurangnya produksi air liur yang membuat mulut jadi kering. Selain itu, bau mulut juga dapat disebabkan karena keadaan mulut yang kotor dan kurang sehat.

Nah, agar nafasmu segar sepanjang hari meski sedang berpuasa, Beautynesia.id punya 5 tips untukmu nih. Yuk langsung simak dan praktikkan tipsnya berikut ini!

Konsumsi Teh Hijau

Penyebab bau mulut saat menjalani puasa adalah karena tidak ada satupun makanan dan minuman yang masuk ke dalam organ pencernaan.
Teh/freepik.com

Penyebab bau mulut saat menjalani puasa adalah karena tidak ada satupun makanan dan minuman yang masuk ke dalam organ pencernaan. Nah, agar hal ini enggak terjadi, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi teh hijau.

Bukan hanya ampuh untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga bermanfaat untuk menyehatkan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol pada teh hijau yang mampu mengatasi peradangan pada gigi maupun gusi. Teh hijau juga memiliki sifat anti bacterial dan antivirus sehingga nafasmu akan tetap segar.

Konsumsi Buah dan Sayur

Memperbanyak buah dan sayur saat berpuasa juga sangat baik untuk menjaga nafas tetap segar. Hal ini dikarenakan buah dan sayur adalah makanan yang bernutrisi dan memiliki kandungan air yang dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut.

Selain itu, buah dan sayur juga dapat melembabkan mulut agar tetap aman dari bakteri. Sehingga, hal ini dapat membuat nafasmu tetap segar saat sedang berpuasa.

Perbanyak Minum Air Putih

Meskipun berpuasa, kamu harus tetap memastikan bahwa sudah mengonsumsi cukup air putih.
Air Mineral/freepik.com

Meskipun berpuasa, kamu harus tetap memastikan bahwa sudah mengonsumsi cukup air putih. Jadi, manfaatkanlah waktu sahur dan berbuka dengan lebih banyak minum air putih.

Meskipun rasa sirup dan minuman manis lainnya lebih menyegarkan, tapi jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Sebab, makanan dan minuman manis dapat menyebabkan risiko terjadinya gigi berlubang. Selain itu, minuman manis juga dapat menyebabkan erosi pada enamel gigi. Nah, kedua kondisi inilah yang akan membuat nafasmu menjadi tidak segar.

Hindari Makanan Berlemak

Selain makanan dan minuman manis, kamu juga harus menghindari makanan berlemak. Sebab, makanan berlemak dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Makanan berlemak dapat membuat mulut mudah kotor dengan sisa-sisa makanan yang tertinggal.

Jadi sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak seperti makanan cepat saji atau goreng-gorengan ya, Beautynesian.

Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Terakhir, hal yang wajib kamu lakukan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut.
Menggosok Gigi/freepik.com

Terakhir, hal yang wajib kamu lakukan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut. Saat sebelum tidur dan selesai sahur, bersihkanlah gigimu dengan menggosok gigi. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan lidahmu dan gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigimu. Jangan sampai melewatkan rutinitas ini jika ingin memiliki nafas yang segar selama bulan Ramadan ya, Beautynesian.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id