sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Cepat Langsing Meski Tengah Menyusui dengan 10 Cara Sehat Ini

Friska NR | Senin, 14 Dec 2020 20:45 WIB
Cepat Langsing Meski Tengah Menyusui dengan 10 Cara Sehat Ini
caption

Setelah melahirkan, banyak ibu yang dilema ingin menurunkan berat badan agar kembali langsing namun takut mengganggu proses menyusui. Sebab, melakukan diet dengan membatasi asupan makanan atau mengonsumsi obat pelangsing dikhawatirkan dapat menghambat produksi ASI hingga membahayakan sang buah hati.

Namun sebenarnya, ibu menyusui boleh melakukan diet asal bukan diet ketat apalagi sampai mengonsumsi obat pelangsing, Ladies. Dikutip dari Detik Health, ini 10 hal yang perlu diperhatikan saat ingin menurunkan berat badan bagi ibu menyusui!

1. Asupan Makanan

tips diet ibu menyusui.
Foto: freepik.com

Ibu menyusui sebenarnya dapat menurunkan berat badan secara alami dengan membatasi asupan makanan. Sebab pada dasarnya, ASI diproduksi menggunakan lemak dari makanan yang dikonsumsi ibu.

Dengan memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, berat badan bisa menyusut secara alami karena lemak di tubuh ibu dipakai untuk memproduksi ASI.

2. Jenis Makanan

tips diet untuk ibu menyusui.
Foto: freepik.com

Saat ingin menurunkan berat badan bagi ibu menyusui, yang terpenting bukanlah melakukan diet secara ketat namun cobalah untuk lebih memilih jenis-jenis makanan yang baik untuk ibu sekaligus ASI-nya. Selain sehat, porsi makan juga harus lengkap dengan sumber karbohidrat kompleks, sayur, buah-buahan dan protein.

3. Jadwal Makan

https://health.detik.com/diet/d-5259209/10-cara-sehat-untuk-cepat-langsing-meski-sedang-menyusui
Foto: freepik.com

Jadwal makan yang teratur dan terkontrol juga dapat mempengaruhi berat badan. Jadwal makan yang sehat terdiri dari 3 kali makan besar dengan 500 kalori setiap makan, dan maksimal 3 kali cemilan dengan jumlah kalori 150.

Nah, jika ingin menurunkan berat badan, ibu menyusui dapat mengurangi porsi cemilan agar berat badan lebih terkontrol.

4. Jenis Cemilan

tips diet ibu menyusui.
Foto: freepik.com

Agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi cemilan, ibu menyusui sebaiknya memilih cemilan yang tinggi akan serat seperti buah-buahan dan sayur rebus sehingga dapat merasa kenyang lebih lama. Selain itu, sebaiknya hindari processed food dan makanan tinggi lemak seperti gorengan.

5. Makanan yang Dihindari

tips diet ibu menyusui.
Foto: freepik.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, saat ingin menurunkan berat badan ibu menyusui sebaiknya menghindari processed food dan makanan tinggi lemak. Hindari pula mengonsumsi alkohol, kafein dan cemilan-cemilan tinggi gula dan garam yang secara kalori tinggi, namun tidak memiliki kandungan nutrisi.

6. Perbanyak Konsumsi Air Putih

tips diet ibu menyusui.
Foto: freepik.com

Asupan air putih rata-rata bagi ibu menyusui adalah 2,1 – 2,5 liter sehari. Selain dapat mencegah dehidrasi, air putih juga berfungsi sebagai pelarut zat-zat nutrisi makanan agar dapat dialirkan ke seluruh tubuh.

7. Olahraga

tips diet ibu menyusui.
Foto: freepik.com

Melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit dalam 3 kali seminggu dapat membantu menurunkan berat badan bagi ibu menyusui. Namun jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga dengan intensitas sedang atau moderate dengan hitungan rata-rata 1000 – 2000 kalori per minggu.

8. Istirahat Cukup

tips diet ibu menyusui.
Foto: freepik.com

Tak bisa dipungkiri, mencari waktu untuk tidur dan beristirahat mungkin sulit dilakukan oleh ibu menyusui. Meski begitu, kualitas tidur dan istirahat yang cukup dapat berpengaruh pada penurunan berat badan, lho.

9. Konsumsi Multivitamin

tips diet ibu menyusui.
Foto: freepik.com

Bila perlu, konsumsi multivitamin saat menyusui agar asupan nutrisi dalam tubuh tetap terjaga. Namun multivitamin tidak dapat dijadikan pengganti sayur dan buah secara keseluruhan. Ibu menyusui tetap perlu mengonsumsi sayur dan buah ke dalam porsi makan setiap hari.

10. Konsultasi ke Ahli Gizi

tips diet ibu menyusui.
Foto: freepik.com

Menurunkan berat badan saat sedang menyusui tidak boleh dilakukan dengan diet sembarangan. Sebab hal ini dapat membahayakan bagi bayi yang disusui seperti meningkatkan resiko malnutrisi dan bayi mudah sakit. Oleh karena itu, sebelum melakukan program diet, ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan profesional.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id