sign up SIGN UP

Bisa Turunkan Berat Badan hingga 15 Kg, Yuk Kenalan dengan Diet Intermittent Fasting!

Tim Redaksi HaiBunda | Jumat, 26 Nov 2021 16:30 WIB
Bisa Turunkan Berat Badan hingga 15 Kg, Yuk Kenalan dengan Diet Intermittent Fasting!
caption
Jakarta -

Saat ini ada begitu banyak metode diet yang bisa dicoba. Jika kamu baru ingin memulai melakukan program diet, kamu harus kenalan dengan metode diet satu ini yang bisa turunkan berat badan hingga 15 kilogram. Namanya diet intermittent fasting atau bisa disebut juga dengan diet puasa.

Tidak hanya dinilai efektif dalam menurunkan berat badan, diet intermittent fasting atau diet puasa juga dipercaya dapat menjaga kesehatan. Diet ini cukup digemari oleh banyak orang, termasuk dari kalangan selebritis Tanah Air, yakni Melaney Ricardo. Melalui diet intermittent fasting, ia berhasil menurunkan berat badan hingga 15 kilogram awal tahun 2020 lalu.

Tentu jenis diet yang cocok bagi tiap orang berbeda. Namun bagi Melaney yang sebelumnya pernah mencoba diet karbo, diet garam, dan diet keto, ia merasa diet intermittent fasting yang paling cocok baginya.

Lantas, seperti apa, sih, diet intermittent fasting ini yang bisa menurunkan berat badan Melaney Ricardo hingga 15 kilogram? Yuk, simak penjelasannya!

Apa Itu Diet Intermittent Fasting?

Diet Air PutihDiet Intermittent Fasting/Foto: Freepik.com/svetlanasokolova

Sesuai dengan namanya, diet intermittent fasting atau diet puasa adalah diet yang dilakukan dengan berpuasa selama 16 jam setiap harinya atau 24 jam dua kali seminggu. Konsep berpuasa yang dilakukan bukan seperti ibadah puasa di bulan Ramadan. Kamu tetap bisa minum air putih serta teh tanpa gula.

Melansir dari Healthline, dalam menjalani intermittent fasting tidak ada larangan tertentu dalam mengonsumsi makanan. Namun yang harus diperhatikan adalah jadwal makan yang dibuat secara teratur serta asupan yang dikonsumsi harus disesuaikan dan dijaga.

Manfaat Puasa Selama 16 Jam

diet defisit kalori yang diyakini lebih efektif dan sehatDiet intermittent fasting/Foto: Unsplash/I Yunmal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, diet intermittent fasting menerapkan puasa selama 16 jam setiap harinya. Menurut hasil penelitian, puasa selama 10 hingga 16 dinilai bermanfaat karena bisa mengubah simpanan lemak di tubuh menjadi energi.

Apabila kamu tertarik mencoba diet intermittent fasting, untuk pemula disarankan untuk puasa selama 12 jam terlebih dahulu agar tubuh tidak kaget. Cobalah untuk berpuasa dari pukul 7 malam hingga 7 pagi.

Kamu tetap bisa makan malam sebelum pukul 7 malam. Namun setelah waktu tersebut, disarankan hanya minum air putih saja ya, Beauties!

Selain puasa selama 16 jam setiap hari, intermittent fasting atau diet puasa juga bisa dilakukan 24 jam dua kali seminggu. Lantas, bagaimana caranya? Simak selengkapnya di sini, ya!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id