sign up SIGN UP

Diet Bikin Ukuran Payudara Mengecil, Mitos atau Fakta?

Ayuliy Lestari | Sabtu, 10 Jul 2021 22:30 WIB
Diet Bikin Ukuran Payudara Mengecil, Mitos atau Fakta?
caption

Punya berat badan ideal memang dambaan setiap perempuan, tak heran jika banyak yang mencoba berbagai bentuk diet untuk mewujudkannya. Namun sebaiknya, kamu tidak boleh sembarangan memilih jenis diet, apalagi menerapkan sistem diet yang terlalu ketat, Beauties.

Kamu bisa mengatur porsi makan, menghitung kebutuhan kalori, atau yang populer menggunakan diet tinggi protein, diet mayo dan sebagainya. Namun terkadang, setelah berhasil menurunkan berat badan, banyak perempuan yang resah karena ukuran payudara juga ikut berubah.

Pertanyaannya, apakah diet bisa berpengaruh pada ukuran payudara atau bahkan membuatnya menyusut? Simak jawabannya di sini, yuk!

Ketahui Dulu Fakta-fakta Tantang Payudara

Diet dan ukuran payudara
Diet dan ukuran payudara/Foto: Freepik.com/User33965979

Sebelum membahas mengenai diet yang dapat berpengaruh pada ukuran payudara, ketahui terlebih dahulu fakta-fakta seputar payudara. Dikutip dari WebMD, payudara sendiri adalah gumpalan lemak yang disokong oleh otot dan kemudian dilapisi oleh kulit. Semakin banyak jumlah lemak pada payudara maka secara otomatis akan semakin besar pula ukurannya.

Fakta lainnya mengenai payudara, ternyata ukuran payudara memang selalu berubah-ubah. Mungkin kamu sendiri menyadarinya, Beauties. Payudara akan terasa semakin besar menjelang menstruasi dan selama kehamilan. Bahkan masih banyak faktor yang dapat mempengaruhi ukuran payudara, dan ternyata, diet salah satunya.

Alasan Mengapa Diet Bisa Membuat Payudara Menyusut

Diet dan ukuran payudara
Diet dan ukuran payudara/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Karena payudara merupakan sekumpulan lemak, tak heran jika ukurannya bisa dipengaruhi oleh naik turunnya berat badan. Ketika berat badanmu turun, tak hanya lemak di bagian tubuh lain yang menyusut, lemak di bagian dada juga sama. Tentu saja hal tersebut membuat payudara jadi terlihat mengecil. Apalagi payudara adalah bagian yang lebih mudah terlihat, sehingga kamu pun cepat sadar dan mulai mempermasalahkannya.

Tips Agar Payudara Tetap Ideal Setelah Diet

Diet dan ukuran payudara
Diet dan ukuran payudara/Foto: Freepik.com/Jcomp

Memang terkadang menjadi dilema tersendiri, banyak perempuan yang menginginkan tubuh ideal, terlihat lebih kurus namun juga ingin payudara tetap kencang dan indah. Dikutip dari Healthline, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan hal tersebut, seperti:

  1. Mengonsumsi makanan yang berpengaruh pada ukuran payudara seperti susu, kacang-kacangan, sayuran hijau dan biji-bijian yang mengandung hormon estrogen.
  2. Melakukan olahraga seperti yoga, latihan beban, push up dan lain-lain, karena saat kehilangan berat badan maka metabolisme tubuh akan menurun, sedangkan membentuk otot mampu mengembalikannya.
  3. Cobalah untuk memperbaiki postur tubuh yaitu berdiri tegak dengan bahu yang tegap, karena saat kamu tidak memperhatikan postur tubuh dan cenderung membungkuk maka membuat payudara juga terlihat kecil, Beauties.

Nah, itulah fakta-fakta yang perlu kamu tahu seputar ukuran payudara dan diet. Jadi mulai saat ini, kamu bisa melakukan diet sehat seperti biasanya dan jangan lupa berolahraga.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id