sign up SIGN UP

LIFE

Diet GM, Diet Satu Minggu yang Disebut Ampuh Turunkan Berat Badan

Sylvia Yuliasar | Sabtu, 21 Nov 2020 07:00 WIB
Diet GM, Diet Satu Minggu yang Disebut Ampuh Turunkan Berat Badan
Foto: Ilustrasi Diet GM / pexels.com (Jill W)

Apa kamu pernah dengar istilah diet GM? Diet General Motors atau yang biasa disebut diet GM awalnya merupakan pola diet yang dilakukan karyawan General Motors pada 1985 di Amerika Serikat, lalu menyebar ke masyarakat umum. Diet ini mengharuskan kamu untuk membatasi menu dan porsi makan dalam waktu satu minggu.

Diet ini mengharuskan kamu untuk menerapkan asupan makanan minim kalori namun kaya asupan gizi, karena selama pelaksanaannya kamu akan banyak melibatkan variasi menu buah-buahan dan sayuran.

Diet GM adalah diet yang mengatur pola makan buah dan sayur
Ilustrasi diet GM /pexels.com (cottonbro)

Ilustrasinya, misalnya hari pertama kamu hanya diperbolehkan memakan buah-buahan sebanyak mungkin, lalu di hari berikutnya, kamu hanya boleh makan sayur-sayuran. Di hari ketiga, kamu diperbolehkan untuk makan buah dan sayur.

Lalu di hari keempat, kamu hanya dibolehkan memakan pisang dan susu. Di hari kelima dan keenam, kamu hanya boleh memakan daging tanpa lemak dengan takaran tertentu. Dan di hari terakhir, kamu boleh makan nasi merah dan jenis sayuran atau buah-buahan.

Beberapa manfaat yang mungkin kamu dapat ketika mengaplikasikan pola diet ini adalah kamu bisa kehilangan 7 kilogram berat badan dalam kurun waktu 1 minggu. Selain itu, pola diet ini juga mengacu pada konsumsi makanan yang mengandung banyak air. Sebab, buah dan sayuran serta makanan lain yang mengandung banyak air dipercaya bisa meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Aturan lain dalam diet ini, kamu juga dianjurkan untuk meminum banyak air (sekitar 12-15 gelas dalam satu hari). Hal ini bertujuan untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita.

Buah dan sayur yang dikonsumsi pada diet GM harus diatur
Mengatur konsumsi buah dan sayur untuk Diet GM / pexels.com (Ella O)

Meskipun diet ini menganjurkan kamu untuk banyak mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran juga meminimalisir konsumsi kalori, diet ini ternyata masih punya banyak kekurangan di samping kelebihan-kelebihannya. Di samping itu, belum ada penelitian pasti yang dilakukan soal diet ini secara langsung terkait proses, kekurangan, juga kelebihannya tersebut.

Salah satu kekurangan dari diet ini adalah memungkinkan kamu untuk kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, misalnya protein, karena protein tidak ada di dalam buah dan sayuran. Meski asupan protein dapat meningkatkan nafsu makan dan berat badan dengan cepat, tapi kita tidak boleh serta-merta melupakan fungsi lainnya yang baik untuk perbaikan dan regenerasi sel rusak di dalam jaringan tubuh.

Fungsi lain yang tak kalah penting adalah sebagai sistem pengatur hormon dan imun tubuh, hingga perannya dalam menyuplai energi dan menambah masa otot. Efek lain lagi yang mungkin timbul adalah kekurangan zat tertentu dalam tubuh tidak akan menyebabkan penurunan berat tubuh yang lama. Hal ini malah bisa membuat kamu cepat pusing dan lapar, hingga timbul keinginan untuk makan lebih banyak.

Protein berpotensi hilang saat melakuakn diet GM
Daging merah sebagai sumper protein tidak bisa dikonsumi sembarangan saat Diet GM / pexels.com (Mali M)

Fakta lain yang tidak kalah penting adalah kekurangan nutrisi tubuh dapat menyebabkan kamu mengalami beberapa hal ini, diantaranya kerontokan rambut yang intens, kulit menjadi kering, mudah lelah, otot menjadi lemah, hingga defisiensi zat besi. Apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur, diet GM malah mungkin menjadikan metabolism tubuh lebih lambat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id