sign up SIGN UP

LIFE

Deretan Buah Tinggi Kalori yang Bisa Bikin Gagal Diet!

Agesti | Jumat, 20 Nov 2020 09:00 WIB
Deretan Buah Tinggi Kalori yang Bisa Bikin Gagal Diet!
caption

Karena tingginya kandungan vitamin, mineral dan serat, buah seringkali dijadikan sebagai menu diet yang enak. Namun, benarkah semua jenis buah bisa membantu seseorang menurunkan berat badan?

Sayangnya, seperti dikutip dari Healthline, ada beberapa jenis buah yang justru harus dihindari ketika seseorang melakukan diet. Pasalnya beberapa jenis buah ini justru memiliki kandungan kalori tinggi! Nah, penasaran buah apa saja yang seharusnya dihindari ketika ingin diet? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Detik.com di bawah ini.

Pisang

Ilustrasi buah pisang
Ternyata buah pisang tinggi kalori. Sumber: Unsplash/Charles Deluvio

Pisang merupakan salah satu buah tropis favorit yang mudah dijumpai di Indonesia. Dinilai mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh, tetapi ternyata buah berwarna kuning ini memiliki kalori dan karbohidrat yang cukup besar. Menurut penelitian, tiap 100 gram pisang mengandung 100 kkal. 

Inilah mengapa buah pisang kurang cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalani diet rendah kalori atau ingin menurunkan berat badan. 

Alpukat

Ilustrasi buah alpukat
Alpukat mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk tubuh. Sumber: Unsplash/Alina Karpenko

Siapa yang suka sekali dengan alpukat? Buah berwarna hijau dengan rasa creamy ini dikenal memiliki banyak kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh. Seiring dengan hal tersebut, alpukat ternyata termasuk buah yang mengandung kalori tinggi. Setiap 100 gram alpukat mengandung 160.1 kkal.

Mengonsumsinya sebagai buah untuk diet berpotensi menaikkan berat badan. Namun, untuk sesekali memakan buah alpukat ini diperbolehkan kok, Ladies!

Mangga

Ilustrasi buah mangga
Buah mangga memang baik untuk pencernaan tetapi tidak jika kamu sedang diet. Sumber: Unsplash/Zui Hoang

Punya rasa manis, asam yang khas, mangga disukai banyak orang. Selain enak, buah mangga juga memiliki sederet nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Akan tetapi untuk kamu yang sedang menjalani diet rendah kalori, baiknya harus berpikir kembali ketika ingin mengonsumsi buah ini. Bukan tanpa sebab, kandungan buah mangga ternyata tinggi kalori. Setiap 100 gram mangga mengandung 70 kkal. Tak hanya tinggi kalori, mangga juga memiliki kandungan gula yang cukup besar.

Kelapa

Ilustrasi buah kelapa
Buah kelapa ternyata mengandung tinggi kalori. Sumber: Unsplash/Tijana Drndarski

Kelapa selain menyegarkan juga punya banyak manfaat luar biasa untuk tubuh. Mulai dari daging hingga airnya sangat baik sebagai penghilang dehidrasi. Namun sayangnya, kandungan kalori pada buah kelapa terbilang sangat tinggi. Setiap 100 gram daging kelapa mengandung 354 kkal.

Menurut pakar gizi, Toby Amidor, RD, kelapa termasuk sumber makanan tinggi kalori dengan banyak kandungan lemak jenuh. Oleh karenanya ia menekankan bahwa kelapa jika dikonsumsi dalam jumlah banyak ketika seseorang sedang diet maka akan memberikan efek sia-sia pada penurunan bobot tubuh.

Leci

Ilustrasi buah leci
Sebaiknya hindari buah leci ketika kamu sedang diet ya!. Sumber: Unsplash/Content Pixie

Sering terdapat dalam minuman manis dan dessert, buah leci ternyata bisa menjadi salah satu alasan mengapa diet kamu gagal, Ladies! Tahukah kamu bahwa leci termasuk salah satu buah yang memiliki kadar gula yang tinggi. 

Setiap 190 gram, buah leci mengandung 125 kkal dan 29 gram gula. Oleh karenanya, kalau kamu sedang menjalani diet, lebih baik tahan godaan untuk menikmati buah leci ya.


Itu dia deretan buah dengan kandungan kalori tinggi yang bisa “menggagalkan” diet kamu. Semoga bermanfaat, Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id