sign up SIGN UP

Do's and Don't Saat Sedang Menstruasi

Fahira mahza | Kamis, 15 Apr 2021 18:00 WIB
Do's and Don't Saat Sedang Menstruasi
caption

Menstruasi merupakan fase yang akan dialami wanita. Biasanya fase menstruasi terjadi tiap satu bulan sekali, tergantung masing-masing individu. Hormon biasanya meningkat menjelang masa menstruasi. Fase ini pun berbeda-beda pada tiap wanita, ada yang merasakan nyeri dan tidak ketika menjelang fase tersebut.

Saat menstruasi, kondisi fisik biasanya akan mengalami perubahan seperti perut kembung, dada bengkak serta nyeri bagian perut. Karena itu, banyak wanita yang merasa tidak nyaman ketika datang bulan. Agar datang bulan tetap nyaman kamu harus tau hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama fase menstruasi berikut ini!

Don't Do It!

Waxing 

Waxing
Waxing/foto: freepik.com

Jika kamu rutin waxing untuk menghilangkan bulu di area tubuh, maka pastikanlah kamu melakukannya saat sedang tidak haid. Waxing saat haid tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan karena dapat menyebabkan nyeri dan memar. Hal ini karena reseptor rasa sakit saat sedang haid meningkat. Hal ini menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif 

Konsumsi susu dan olahannya secara berlebihan 

Konsumsi susu dan olahannya secara berlebihan
Konsumsi susu dan olahannya secara berlebihan/foto: freepik.com

Kalsium dalam susu dan produk olahannya memang memiliki peran penting bagi tubuh. Namun, ketika sedang haid, sebaiknya kamu hindari konsumsi produk mengandung susu. Jika kamu mengkonsumsi produk susu secara berlebihan, maka akan berpotensi membuat perut kembung dan disertai dengan rasa mual yang membuat tubuh tidak nyaman. 

Kurang tidur 

Kurang tidur
Kurang tidur/foto: freepik.com

Istirahat sangat diperlukan ketika sedang dalam fase haid. Haid menimbulkan gejala fisik sehingga beberapa wanita merasa lebih cepat lelah. Karena itu, hindarilah begadang saat sedang haid. Kurang tidur akan berujung pada meningkatnya hormon kortisol penyebab stress. Hormon ini dapat menyebabkan nyeri perut semakin parah. 

Do It!

Lakukan olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan
Lakukan olahraga ringan/foto: freepik.com

 

Untuk membuat tubuh tetap fit selama haid, maka cobalah untuk melakukan olahraga ringan. Kamu bisa bersepeda, berenang atau jogging ringan secara teratur dalam seminggu sebelum fase menstruasi tiba. Dengan melakukan olahraga ringan, maka akan membantu melemaskan otot dan sendi serta mengurangi resiko terjadinya kram perut. 

Konsumsi biji-bijian serta sayur dan buah 

Konsumsi biji-bijian serta sayur dan buah
Konsumsi biji-bijian serta sayur dan buah/foto: freepik.com

Konsumsi makanan bergizi sangat baik untuk tubuh terutama saat sedang menstruasi. Sayur, buah dan biji-bijian kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kandungan tiamin dan riboflavin yang tinggi dalam biji-bijian akan mengurangi resiko nyeri dan kram menjelang fase menstruasi. 

Menjaga kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh
Menjaga kebersihan tubuh/foto: freepik.com

Saat menstruasi, hormon dalam tubuh berubah dan terkadang berpengaruh pada kondisi fisik. Ada beberapa orang yang menjadi lebih mudah berkeringat saat sedang haid. Karena itu rajinlah menjaga kebersihan tubuh agar tetap nyaman. Jangan lupa untuk selalu mengganti pembalut setiap 4 jam sekali atau ketika sudah penuh. 

Nah, itulah hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat sedang haid. Jika kamu menjalaninya dengan benar maka haid tidak akan terasa mengganggu lagi. 

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id