sign up SIGN UP

LIFE

Efek Berada di Ruangan AC Seharian, Penting Kamu Perhatikan!

Anisalestari | Kamis, 10 Sep 2020 14:30 WIB
Efek Berada di Ruangan AC Seharian, Penting Kamu Perhatikan!
caption

Di tengah cuaca yang panas, penggunaan AC atau pendingin ruangan sudah menjadi kebutuhan agar ruangan terasa lebih sejuk. Bahkan saat ini, hampir setiap ruangan dipasang AC, mulai dari perkantoran sampai dengan ruangan di rumah.

Masalahnya, ternyata menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC memiliki efek buruk bagi kesehatan lho, Ladies. Yuk, simak informasinya di bawah ini! 

Masalah Pernapasan 

Masalah pernapasan menjadi efek buruk AC yang sering terjadi
Masalah Pernapasan/ Foto: Freepik.com

Menghabiskan waktu seharian di ruangan ber-AC dapat menimbulkan masalah pernapasan. Perubahan suhu yang drastis dapat membuat kamu rentan terhadap infeksi saluran pernapasan seperti faringitis atau infeksi tenggorokan. 


Infeksi Virus 

Efek buruk AC bagi kesehatan ialah dapat menjadi sarang penyebaran virus
Infeksi Virus/ Foto: Freepik.com

Efek buruk AC bagi kesehatan selanjutnya ialah penyebaran infeksi virus. Di dalam Ruangan ber-AC, udara lama akan terus menerus dire-sirkulasi dan menghentikan udara segar masuk.

Akibatnya, udara lama yang mengalir dapat menularkan virus, kuman, flu, serta bakteri lainnya dari orang ke orang, Ladies. Jadi, sebaiknya jangan berada di ruangan ber-AC seharian, ya.

Dehidrasi 

Terlalu lama di ruangan AC dapat menyebabkan dehidrasi
Dehidrasi/ Foto: Freepik.com

Menghabiskan waktu di ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang lama juga akan membuatmu rentan terkena dehidrasi. Sebab, AC menyerap banyak uap air.

Saat asupan air tidak cukup, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini sering diabaikan, padahal dapat menjadi pemicu masalah kesehatan cukup serius, lho. 

Sakit Kepala 

Sakit kepala menjadi efek buruk AC untuk kesehatan
Sakit Kepala/ Foto: Freepik.com

Orang yang menghabiskan waktu seharian di ruangan ber-AC dapat mengalami sakit kepala, bahkan migran, serta mudah merasa lelah. Itu karena ruangan yang terus-menerus dipompa oleh udara sejuk dan dingin dapat memicu tubuh memproduksi lendir iritasi membran. Bahkan pada tahap kondisi tertentu, hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami sesak napas. 

Mata Kering 

Seharian di ruangan ber-AC dapat membuat mata kering
Mata Kering/ Foto: Freepik.com

Apabila kamu pekerja kantoran yang seharian di ruangan ber-AC dan merasa mata kering, bisa jadi hal ini bukan disebabkan sering memandang laptop atau komputer terlalu lama, melainkan karena AC yang ada di ruangan. Meski tidak akan mengenai mata secara langsung, namun efek kelembapan yang diserap mata dari AC dapat menyebabkan mata kering, memunculkan asa gatal dan mudah iritasi. 

Menyebabkan Tubuh Tak Tahan Suhu Panas

Tubuh menjadi tak tahan dengan suhu panas
Tak Tahan Suhu Panas/ Foto: Freepik.com

Terakhir, terbiasa menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC akan membuat tubuh semakin sulit menerima suhu tanpa menggunakan AC, Ladies. Hal tersebut terjadi karena tubuh mengalami stres akibat mengalami perubahan suhu secara ekstrim. Tak jarang, tubuh juga akan berkeringat banyak saat tidak di dalam ruangan ber-AC dan kulit cepat merah akibat tidak tahan dengan cuaca panas.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id