sign up SIGN UP

Ikuti Kebiasaan Ini Agar Berat Badan Tetap Terjaga

Dimitrie Hardjo | Minggu, 13 Jun 2021 12:15 WIB
Ikuti Kebiasaan Ini Agar Berat Badan Tetap Terjaga
caption
Jakarta -

Menjaga berat badan terkadang sulit dilakukan ketika kita sudah mendapatkan berat badan ideal. Contohnya yaitu saat kita craving makanan tertentu. Beberapa aktivitas di waktu luang juga terasa belum lengkap tanpa adanya makanan dan minuman, seperti nonton film. Mulut rasanya hampa tanpa mengunyah sesuatu. Tentu hal-hal ini bisa menambah berat badan kita jika terus berlanjut tanpa diantisipasi. Begitu juga sebaliknya, kebiasaan malas makan juga akan semakin menurunkan berat badan dan salah satu hal yang sebaiknya dihindari.

Karena itu, yuk simak beberapa kebiasaan sehari - hari yang bisa kamu lakukan ini agar berat badanmu tetap stabil.

1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup setiap malam.
Tidur yang cukup setiap malam. Foto: freepik.com

Tidur yang cukup akan sangat mempengaruhi kesehatan karena itulah saat di mana tubuhmu beristirahat dan melakukan metabolisme. Kekurangan tidur bisa mempengaruhi berat badan karena biasanya, orang yang begadang cenderung makan lebih banyak agar mereka tetap bangun. Karena itu, yuk mulai tidur lebih awal selama 7-8 jam setiap malamnya!

2. Perhatikan makanan dan waktunya

Makan makanan sehat dengan porsi yang sesuai.
Makan makanan sehat dengan porsi yang sesuai. Foto: unsplash.com

Makan 3 sehari, sarapan, makan siang, dan makan malam, sangat penting untuk dilakukan karena tubuh tetap membutuhkan energi untuk beraktivitas. Perhatikan porsi dan makanan yang kamu konsumsi agar nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu tercukupi.

3. Banyak minum air putih

Minum air putih.
Minum air putih. Foto: unsplash.com

Minum banyak air putih tidak hanya mencegah dehidrasi, tapi masih banyak manfaat lain yang bisa kamu rasakan, salah satunya menjaga berat badan. Melansir reverhealth.com, minum banyak air putih setiap harinya dapat mengecilkan lingkar pinggang dan mengubah persentase lemak tubuh dalam jangka waktu tertentu lho!

4. Rutin olahraga

Rutin olahraga.
Rutin olahraga. Foto: unsplash.com

Olahraga tentu menjadi faktor yang mempengaruhi berat badan. Olahraga perlu dilakukan secara rutin, baik bagi kamu yang ingin menurunkan maupun menaikan berat badan. Olahraga memberikan manfaat bagi tubuh secara keseluruhan, beberapa diantaranya untuk melatih ketahanan otot, menjaga kesehatan jantung, dan organ - organ tubuh lainnya.

5. Makan cemilan sehat

Makan cemilan sehat.
Makan cemilan sehat. Foto: unsplash.com

Merasa lapar tapi belum waktunya makan? Siapa bilang kamu tidak boleh ngemil? Kamu bisa beralih ngemil ke makanan yang lebih sehat dibandingkan makanan tinggi kalori, seperti buah-buahan.

6. Beraktivitas secara aktif

Aktif bergerak.
Aktif bergerak. Foto: unsplash.com

Siapa yang masih suka malas bergerak? Kalori dari semua yang kamu konsumsi memberikan kamu energi untuk beraktivitas. Jadi, kalau tidak kamu pergunakan, ia justru akan menumpuk menjadi lemak.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id